Mengenal KPI Software dan Manfaatnya

KPI Software – Dalam dunia kerja key performance indicator (KPI) adalah metrik yang dibuat untuk mengukur kinerja atau kinerja seorang karyawan. Di sisi lain, KPI ini dapat berupa keuangan atau non-keuangan bagi organisasi bisnis.

Padahal, KPI tidak hanya dapat mengukur kinerja karyawan, tetapi juga kinerja perusahaan. Siapa yang menetapkan KPI di perusahaan Anda? Pada umumnya KPI ditangani oleh tim HRD masing-masing perusahaan, sehingga SDM membutuhkan kemampuan untuk membuat KPI, dan ada tool yang disebut KPI Software.

Sementara itu, dalam berbagai siklus manajemen kinerja, SDM membutuhkan kemampuan untuk mengembangkan KPI tersebut. Dari menetapkan tujuan dan sasaran karyawan hingga pemantauan, evaluasi, dan kompensasi.

Sebelumnya, fungsi KPI sedikit dijelaskan di atas sebagai alat untuk mengukur kinerja karyawan, baik secara finansial maupun non-finansial.

Oleh karena itu, KPI dapat digunakan sebagai parameter evaluasi yang kuat dan dapat dibenarkan secara objektif untuk menjelaskan mengapa Karyawan A menerima kenaikan gaji atau promosi lebih cepat daripada Karyawan B.

Nah, kira-kira pengertian KPI adalah ini, namun setiap perusahaan tidak hanya menyusun KPI, tetapi juga mengelolanya secara tepat dan adil untuk seluruh karyawan. Jadi bisnis membutuhkan perangkat lunak KPI.

Apa itu KPI Software?

Seperti namanya, software KPI adalah perangkat lunak untuk membuat, mengelola, memvisualisasikan, dan menganalisis KPI karyawan untuk sebuah perusahaan.

Baca Juga :  5 Jenis Teknologi Beserta Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Nah, biasanya saat menyusun KPI, Anda bisa memasukkan data dan informasi kinerja secara manual. Namun, dengan perangkat lunak KPI, data dapat dimasukkan secara otomatis dan disimpan dalam database.

KPI biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja karyawan, seperti Kriteria Kematangan Minimum (KKM) untuk transkrip nilai mahasiswa. Jadi, sebelum kita bisa membahas dan mengenal software KPI, terlebih dahulu kita harus memahami apa itu KPI. Dari definisi KPI, Anda sudah bisa memahami apa itu software KPI.

Data dan informasi yang Anda masukkan dan simpan kemudian digunakan untuk membentuk dasar KPI yang nantinya dapat disajikan dalam sebuah laporan.

Selain itu, kemampuan analitik dari perangkat lunak KPI ini dapat membantu perusahaan melihat bagaimana kinerja KPI terhadap tujuan atau sasaran perusahaan.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memantau seberapa detail dan detail perkembangan bisnisnya. Sedangkan hasil analisis dan pemantauan KPI dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan atau evaluasi perusahaan.

Keuntungan dan Manfaat Menggunakan KPI Software Bagi Perusahaan

  • Hasil kinerja yang optimal

Manfaat pertama adalah KPI dapat membantu mengukur kinerja dan efektivitas suatu perusahaan. Selain itu, KPI dapat memberikan berbagai informasi positif dan negatif sehingga pelaku usaha dapat segera menindaklanjuti untuk mengevaluasi dan memperbaikinya.

Software KPI memudahkan pengelolaan data Anda. Misalnya, pada akhir periode, perusahaan tidak dapat mencapai target penjualannya.

Baca Juga :  Teknologi yang Terinspirasi Oleh Struktur Jaringan Tumbuhan Serta Penjelasannya

Di sini, Anda dapat dengan mudah mengukur kinerja menggunakan perangkat lunak KPI, dan bisnis juga dapat mengetahui penyebab kegagalan penjualan dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

  • Dukungan untuk menetapkan tujuan bisnis

Keuntungan kedua dari KPI ini adalah dapat membantu Anda menetapkan tujuan bisnis. Alasannya, sebelum sebuah perusahaan mengembangkan dan memutuskan KPI, perlu untuk menetapkan apa yang ingin mereka ukur dan, tentu saja, tujuan bisnis mereka.

SoftwareKPI dapat menjadi alat yang membantu perusahaan menetapkan tujuan bisnis dan apa yang ingin mereka capai.

Secara otomatis menghasilkan laporan lebih cepat

Software KPI juga sangat berguna bagi perusahaan yang secara otomatis dan cepat membuat laporan berdasarkan hasil analisa data KPI yang masuk.

Selain itu, laporan yang disusun juga berupa informasi rinci untuk menjelaskan kinerja yang dicapai perusahaan. Bahkan, sebuah perusahaan bahkan dapat melihat tingkat posisinya dalam perjalanan mencapai tujuan bisnisnya.

Kesalahan dapat dideteksi sejak dini

Dalam proses penerapan KPI perlu meminimalisir kesalahan saat mengimplementasikan KPI, karena KPI tidak selalu berjalan mulus. Akibatnya, perusahaan terkadang gagal mencapai KPI yang ditentukan untuk mencapai tujuan mereka.

Anda sekarang dapat menggunakan perangkat lunak KPI untuk lebih mudah mengidentifikasi masalah atau masalah yang mencegah perusahaan Anda mencapai tujuan atau sasarannya.

Baca Juga :  Spesifikasi Lengkap Apple Iphone 13 Pro Max

Hal ini memungkinkan Anda untuk menemukan solusi atas masalah yang ditemukan dan segera meningkatkan strategi bisnis perusahaan Anda.

Ini dapat membantu Anda menghemat uang pada anggaran perusahaan

Tahukah Anda bahwa menggunakan KPI ini daripada menggunakan KPI manual dapat menghemat lebih banyak uang? bagaimana dengan itu? Karena KPI ini memungkinkan bisnis untuk mengidentifikasi hambatan, masalah, dan hal lainnya.

Semua ini juga karena perangkat lunak KPI memiliki kemampuan yang lebih canggih untuk mendukung proses KPI otomatis perusahaan. Apalagi sekarang banyak perusahaan yang menggunakan software KPI. Karena terbukti mempermudah, mempercepat, mengelola KPI dan menghemat anggaran perusahaan Anda.

Kesimpulan

bagaimana? Apakah perusahaan Anda masih menggunakan sistem KPI manual? Jadi, beralihlah ke sistem KPI yang lebih modern dengan software KPI!

Tetapi memilih Software KPI tidaklah mudah, lalu mengapa? Karena, tentu saja, perusahaan membutuhkan beberapa pertimbangan. Dibutuhkan waktu bagi perusahaan untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk mengidentifikasi kebutuhan dan memilihnya.

Ada banyak kasus penerapan KPI yang disebutkan di atas, dan merupakan fakta umum bahwa perusahaan membutuhkan sistem pembukuan yang akurat dan cepat untuk menghitung persentase atau nilai rata-rata.

Tidak lagi dilakukan secara manual. Kini, bisnis mulai menggunakan teknologi berupa software akuntansi modern untuk membantu mengumpulkan data dan laporan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *