Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Mengelola Uang

AMPMORI.com – Kesalahan yang sering terjadi dalam mengelola uang. Literasi keuangan adalah kemampuan individu untuk memahami konsep keuangan.

Jika Anda mengajarkan pengetahuan keuangan ini sejak dini, pola pikir ini akan menjadi lebih kuat dan ketat, sehingga tidak akan ada kesulitan dalam mengelola keuangan Anda.

Di sisi lain, orang yang tidak memiliki kemampuan finansial sering melakukan kesalahan dalam pengelolaan uang karena lebih sulit bagi mereka untuk mengelola keuangan pribadinya.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan mencoba. Siapapun dari segala usia berhak untuk belajar manajemen keuangan, sehingga Anda dapat menghindari kesalahan manajemen keuangan.

Oleh karena itu, kita perlu memahami apa saja kesalahan umum yang dilakukan orang saat mengelola uang ini. Nah, berikut ini beberapa contoh kesalahan dalam mengelola uang berdasarkan kelompok umur:

5-10 Tahun

Kesalahan umum pada kelompok usia ini adalah anak tidak mengelola uangnya dengan baik, sehingga sulit untuk menabung dan bertahan hidup hingga dewasa.

Mulai sekarang, selalu tanamkan pada anak dan keluarga kita budaya menabung sejak dini. Hal ini karena budaya ini membantu anak-anak untuk tumbuh dewasa dan karena anak-anak dapat menjadi buta huruf secara finansial sejak usia dini.

15-20 Tahun

Kesalahan umum saat remaja adalah mengikuti terlalu banyak ketenaran. Seorang remaja yang terbiasa menghayati ketenaran akan membuatnya menjadi perilaku konsumtif. Perilaku ini akan mengubah kita menjadi orang yang suka berbelanja dan tidak melihat keuangan kita sama sekali.

20-30 Tahun

Kesalahan umum yang dilakukan ketika Anda memiliki penghasilan sendiri sebagai orang dewasa adalah tidak mengejar penghasilan pasif dan tidak belajar investasi. Kemudian kita akan memaksimalkan pengeluaran bulanan kita, pemborosan menggunakan kartu kredit, atau membayar minimal dengan mencicil bulanan.

31-40 Tahun

Seiring bertambahnya usia, kita sering melakukan kesalahan dalam pengelolaan keuangan, seperti tidak menyiapkan dana darurat atau uang sekolah untuk anak-anak kita.

Sulit untuk memenuhi yang tak terduga jika Anda tidak siap untuk keadaan darurat. Misalnya, tiba-tiba kehilangan pekerjaan atau masuk rumah sakit keluarga karena kondisi serius.

Kita juga perlu mempersiapkan dukungan finansial untuk pendidikan anak kita, karena seringkali kita tidak menyadari bahwa anak kita akan selalu tumbuh dan berkembang.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita mempersiapkan biaya pendidikan anak kita. Jika tidak, Anda mungkin tidak dapat bergerak dalam keadaan darurat ini karena Anda tidak memiliki dana darurat cadangan.

41-50 Tahun

Seiring bertambahnya usia, salah satu kesalahan paling umum yang Anda lakukan adalah tidak mempersiapkan dana pensiun Anda. Ingat, kita tidak akan bekerja selamanya, bukan? Oleh karena itu, perlu menyiapkan uang untuk hari tua.

Jadi, untuk mempersiapkan dana pensiun Anda, Anda bisa memulainya dengan menyadari diri sendiri terlebih dahulu dan menghitung waktu Anda hingga pensiun. Kemudian kita bisa merencanakan keuangan kita untuk masa depan. Misalnya, tempat mendaftar ke lembaga tabungan, investasi, dan asuransi.

Kita perlu mengatur dan merencanakan keuangan kita agar kita bisa mengatur keuangan kita sekarang dan di hari tua. Mari hindari kesalahan dalam pengelolaan uang ini dan mulailah mengelola uang Anda dengan baik.

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.