Pengertian Tabungan Pensiun dan Pentingnya Tabungan Pensiun di Hari Tua

AMPMORI.Com – Pengertian tabungan pensiun dan pentingnya tabungan pensiun di hari tua, pengelolaan keuangan yang baik adalah memiliki dana darurat untuk risiko keuangan dan tabungan hari tua.

Memiliki dana pensiun seperti memiliki dana darurat di hari tua. Ampmori.com akan membahas tentang manfaat asuransi pensiun dan dana pensiun. Pada artikel ini, kita akan membahas betapa pentingnya tabungan pensiun.

Jika ingin memiliki dana pensiun, Anda dapat mengikuti program pensiun dari beberapa lembaga selain BPJSTK, seperti DPLK atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

Program di Bank Mandiri

Selain layanan perbankan dan surat berharga, Bank Mandiri menawarkan program dana pensiun yang sudah ada sejak tahun 2011. Ada dua program pensiun, yaitu Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) dan Program Pensiun Santunan Hari Tua (PPUKP). . Mari kita lihat deskripsi masing-masing program.

PPIP merupakan iuran yang ditentukan oleh peraturan dana pensiun. Manfaat program ini tergantung pada akumulasi iuran, jenis pilihan investasi, dan jenis pengiriman uang.

PPUKP adalah program yang beroperasi dengan prinsip pembiayaan bersama. Sumbangan biasanya disimpan atas nama perusahaan atau pemberi kerja, bukan atas nama peserta.

Dalam program Mandiri ini, Anda dapat memilih berbagai sarana investasi, antara lain pasar uang, obligasi, saham, program syariah, dan koperasi.

Anda harus berusia 18 tahun untuk mengikuti program ini, 40 tahun untuk pensiun, melengkapi serangkaian formulir dan memiliki penghasilan tetap. Setoran bulanan untuk program ini tergantung pada persentase gaji bulanan Anda atau minimal Rp 100.000.

Program Bank BRI

Ada yang menarik dari pemilihan DPLK BRI. Artinya dana pensiun Anda bisa tumbuh hingga 8%, dan BRI juga menawarkan program yang sama seperti PPIP dan PPUKP. Pemilihan produk investasi hampir sama dengan yang ditawarkan Mandiri.

Keunggulan BRI adalah Anda dapat mengajukan pensiun 10 tahun lebih awal dari usia pensiun normal, manfaat pensiun dibayarkan setiap bulan, iuran dapat ditarik dua kali, dan investasi dapat diubah setahun sekali.

Persyaratan untuk mengikuti program BRI adalah minimal 17 tahun, setoran bulanan minimal Rp 100.000 atau persentase dari gaji bulanan Anda untuk melengkapi serangkaian formulir penting.

Program Bank BNI

Berikut adalah program dana pensiun BNI yang dikenal dengan BNI Simponi sejak tahun 1994. Berbeda dengan program perbankan lainnya, BNI menawarkan iuran mulai dari Rp 50.000 per bulan.

Produk investasi BNI secara umum sama dengan program Mandiri dan BRI. Jika Anda memilih BNI, Anda akan mendapatkan rata-rata return minimal 6% per tahun. Hal ini tergantung pada pilihan investasi Anda.

Persyaratan untuk program BNI bervariasi berdasarkan usia 17 tahun ke atas, setoran minimum Rp 250.000 atau persentase, dan beberapa formulir harus diisi untuk proses verifikasi.

Apakah Tabungan Pensiun Itu Penting?

Seberapa penting sih tabungan pensiun itu? berikut ada dua poin penjelasan kenapa tabungan pensiun itu penting, simak ya…..

Keuangan di Hari Tua Dijamin

Apakah Anda rajin menabung? Atau Anda belum mulai menabung. Menabung di bank saja tidak cukup. Anda harus memiliki dana pensiun atau dana darurat lainnya untuk menjalani kehidupan di hari tua. Saat Anda masih dalam usia kerja, sebaiknya persiapkan dana pensiun Anda sejak dini.

Anda Dapat Berinvestasi dalam Asuransi

Banyak perusahaan asuransi kini menawarkan jasa asuransi jiwa dan produk investasi yang menarik. Temukan produk asuransi jiwa yang sesuai dengan keuangan dan kebutuhan Anda.

Super Anda mungkin memenuhi syarat untuk asuransi jiwa Super Life Protection. Ada juga paket asuransi jiwa + Proteksi Super Kuat untuk penyakit fatal. Premi mulai dari Rp30.000 per bulan, dengan pertanggungan hingga Rp600.000.000.

Itulah beberapa penjelasan tentang Tabungan pensiun. Semoga bermanfaat.

Untuk pembahasan tentang Asuransi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.