Teknologi yang Terinspirasi Oleh Struktur Jaringan Tumbuhan Serta Penjelasannya

Teknologi yang Terinspirasi Oleh Struktur Jaringan Tumbuhan Serta Penjelasannya

AMPMORI.comTeknologi yang terinspirasi oleh struktur jaringan tumbuhan serta penjelasannya.

Teknologi akan terus berkembang demi kemajuan dan kemudahan yang diinginkan manusia.

Pendorong utama kemajuan atau perkembangan teknologi adalah manfaat yang diperoleh dari penggunaan teknologi itu sendiri, atau keuntungan materi bagi peneliti.

Dan untuk alasan yang sangat sederhana: rasa ingin tahu atau penasaran, peneliti akan terus mengembangkan teknologi agar bermanfaat dalam aspek kehidupan manusia.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, peneliti atau penemu mendapatkan ide atau konsep tentang kemajuan teknologi karena penasaran.

Tetapi alasan lain adalah bahwa penemu dapat memperoleh manfaat materi dari menemukan ide atau konsep dalam masalah yang biasanya muncul dalam kehidupan manusia dan memecahkan masalah itu.

Banyak penemu atau peneliti menemukan sebagai dasar pemikiran mereka suatu ide atau konsep yang menyesuaikan dengan alam, tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan.

Alam, tubuh manusia, tumbuhan serta hewan dengan bentuk yang begitu tertata serta kompleks bisa menginspirasi para peneliti buat menirunya dan menerapkannya pada perkembangan teknologi.

Oleh karena itu, untuk tujuan ini, blog teknis Anda akan memberikan informasi tentang berbagai teknologi yang memengaruhi struktur jaringan tumbuhan dan gambarnya.

Teknologi Apa Saja yang Terispirasi dari Struktur Jaringan Tumbuhan?

1. Paving (kon-blok) Terinspirasi dari Sel Parenkim

Paving berbentuk seperti parenkim. Parenkim adalah sel yang berperan dalam fotosintesis daun, mengandung kloroplas dan membentuk jaringan kloroplas (mesofil daun, korteks batang, genus). Wujudnya yang heksagonal serta ruang antar sel jadi inspirasi penting dalam menentukan bentuk dan pemasangan paving.

Perkerasan dipakai buat meratakan jalan serta menyerap air hujan, sesuatu teknologi yang termotivasi oleh struktur jaringan tanaman.

2. Velcro atau Lem yang Terinspirasi dari Duri Tanaman

Velcro terdiri dari dua komponen. Ini terdiri dari dua lembar velcro (satu lembar bulat atau persegi dan satu lembar kait) yang dijahit atau direkatkan ke kain dengan arah yang berlawanan.

Komponen pertama memiliki loop, dan komponen lainnya memiliki utas seperti lingkaran atau persegi. Ketika disatukan, sebuah lingkaran atau benang persegi terjepit di dalam lingkaran dan kedua bagian tersebut untuk sementara direkatkan.

Ketika Velcro dilepas, itu membuat suara sobek yang khas saat ditarik atau dipotong. Teknik ini juga terinspirasi oleh struktur jaringan tanaman.

Velcro/lem, ialah teknik yang terinspirasi dari cara duri tanaman menempel di bulu anjing. Velcro berfungsi untuk mengikat kedua bagian kain dan awal kali dibuat pada tahun 1948 oleh seorang insinyur listrik bernama George de Mestral.

Velcro dipatenkan oleh seorang penemu pada tahun 1955 dan praktis dibuat hingga dikomersialkan pada akhir 1950-an.

Pada tahun 1941, insinyur Swiss George de Mestral melihat duri di bawah mikroskop dan melihat ratusan cincin kecil yang bisa menempel pada rambut atau pakaian.

Ia mengembangkan bahan velcro dari bahasa Prancis “velour” yang berarti beludru dan “crochet” yang berarti kerah.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Abengoa Terinspirasi Oleh Struktur Bunga Matahari.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Abengoa dibentuk atau diciptakan oleh para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang terinspirasi oleh bunga matahari, salah satu struktur jaringan bunga tanaman.

Keteraturan kelopak bunga matahari menginspirasi para peneliti buat mengonsep pembangkit listrik tenaga surya yang bisa meminimalkan pemakaian lahan serta meningkatkan energi yang dihasilkan oleh PLTS.

Studi tenaga surya Massachusetts Institute of Technology (MIT) ini, yang diterbitkan dalam Journal of Solar Energy, berfokus pada penempatan cermin yang dipasang di tanah yang mengarah ke menara pusat.

Sinar matahari yang dipantulkan oleh cermin difokuskan pada menara, yang menghasilkan air mendidih atau cairan lain untuk menghasilkan uap, yang kemudian menggerakkan turbin dan generator dan menghasilkan energi listrik.

4. Pembersih Udara Andrea Terinspirasi Tumbuhan

Pembersih udara Andrea adalah contoh teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan dan merupakan hasil kombinasi tak tertandingi antara manusia dan tumbuhan yang dapat mempercepat kemampuan alam untuk memurnikan udara kotor guna mendetoksifikasi atmosfer rumah.

Alat luar biasa ini dapat membersihkan udara di rumah Anda lebih baik daripada tanaman biasa.

Cara kerjanya sangat sederhana. Udara kotor yang mengandung bakteri atau virus masuk ke bagian atas, kemudian disaring dan udara bersih dikeluarkan melalui kipas angin.

Keunggulan penjernih udara Andrea adalah Anda bisa memilih tanaman sesuai selera sehingga interior tetap cantik sekaligus penjernih udara.

5. Biophotovoltatic Moss Table

Biophotovoltatic moss table adalah meja yang dapat menghasilkan listrik melalui proses fotosintesis. Biophotovoltaic Moss Table adalah karya inovatif yang menampilkan potensi masa depan teknologi BioPhotoVoltaic (BPV).

Inspirasi atau ide untuk mengembangkan teknologi ini berasal dari jaringan fotosintesis tumbuhan.

Tabel Morse BPV berfungsi sebagai perangkat bioelektrik yang mengubah energi kimia fotosintesis menjadi energi listrik menggunakan bahan biologis seperti alga, alga biru-hijau, dan tumbuhan berpembuluh.

Meja lumut atau sel biofotovoltaik dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk mengisi daya alat listrik kecil seperti jam tangan digital.

Para peneliti memperkirakan bahwa masa depan konsep biofotovoltaik akan lebih besar dan akan mampu memberi daya pada perangkat yang lebih besar seperti lampu dan laptop.

6. Terinspirasi Oleh Fotosintesis Daun, Charger Tenaga Surya Electree

Terinspirasi oleh pohon bonsai yang tampak memiliki gugusan daun, Electre merepresentasikan bentuk ini dengan daun sel surya yang dapat menyerap panas matahari.

Pengisi daya surya Electree ini terinspirasi oleh bonsai tanaman hias yang populer. Pengisi daya surya Electre dirancang oleh Vivien Muller dan terinspirasi oleh jaringan tanaman.

Ada 27 daun sel surya menggunakan bahan silikon amorf berkualitas tinggi. Masing-masing berbentuk bujur sangkar dengan lebar 3,7 inci atau sekitar 10 cm. Cabang-cabang memuncak secara vertikal dengan sedikit tikungan khas pohon bonsai.

Electre memiliki kapasitas penyimpanan energi hingga 14.000 mAh. Artinya baterai iPhone 5 Anda bisa terisi penuh minimal 9 kali tanpa terkena cahaya.

Tentu saja, ada dua port USB yang merupakan slot universal untuk smartphone apa pun. Terlebih lagi, Electre juga dilengkapi dengan wireless charging yang dapat digunakan dengan berbagai jenis smartphone canggih.

7. Teater Esplanade Terinspirasi dari Bentuk Buah Durian

The Esplanade Theatre adalah sebuah bangunan yang terinspirasi dari bentuk tanaman atau buah durian.

Teater ini terletak di tepi sungai seluas 6 hektar di sepanjang tepi Marina Bay, dekat dengan muara Sungai Singapura.

Tujuannya adalah untuk menjadi pusat seni pertunjukan di negara kepulauan Singapura.

Bangunan ini dirancang oleh dua firma arsitektur yang berkolaborasi: DP Architects (DPA) yang berbasis di Singapura dan Michael Wilford & Partners (mwp) yang berbasis di London.

Desain arsitektur bangunan yang unik terlihat pada bagian atap bangunan yang menyerupai buah durian. Beberapa orang Singapura menyebut esplanade itu “Durian Besar” atau “Durian Kulit”.

Esplanade memiliki ruang pertunjukan kelas dunia dan berbagai layanan dan fasilitas pendukung profesional.

Selain aula pertunjukan, Esplanade juga memiliki aula konferensi, ruang gaya hidup, dan ruang seni layanan terkait lainnya.

8. Lilypad Ecopolis, Kota Terapung yang Terinspirasi dari Struktur Daun teratai

Terinspirasi oleh struktur jaring daun teratai, kota terapung Lilyfard Ecopolis dirancang oleh Vincent Callebaut untuk mengantisipasi penggambaran 2100 ribuan pengungsi dari seluruh dunia akibat pemanasan global.

Dia berpendapat untuk prinsip Archimedes bahwa kenaikan permukaan air tidak berubah ketika es mencair. Ini seperti mencairkan es dalam air dalam gelas.

Namun, dua sumber air besar yang tidak berada di atas air mencair dan mengalir langsung ke laut, menaikkan permukaan laut.

Di sisi lain, gunung es di Antartika dan Greenland, serta es benua, terkait. Penyebab lain kenaikan permukaan laut tidak terkait dengan pencairan es, tetapi pemuaian air di bawah pengaruh suhu.

Menurut prakiraan GIEC (Intergovernmental Group on Climate Evolution), kenaikan permukaan air laut akan mencapai 20-90 cm selama abad ke-21.

Untuk setiap kenaikan suhu 1°C, air naik 1 m. Kenaikan air ini akan mempengaruhi lebih dari 0,05% di Uruguay, 1% di Mesir, 6% di Belanda, 17,5% di Bangladesh, dan lebih dari 80% Kiribati di kawasan Masharo Atoll di Marshall dan Maladewa.

Di negara-negara seperti Vietnam, Mesir, Bangladesh, Guyana atau Bahama, Anda akan melihat rumah-rumah penduduk terendam dan air laut berubah menjadi genangan lumpur di laut.

Lebih dari 250 juta pengungsi dari New York, Bombay, Calcutta, Ho Chi Minh City, Shanghai, Miami, Lagos, Abidjan, Jakarta, Alexandria serta negara- negara lain sebab pergantian iklim.

Itu penyebabnya Lilypad merupakan kota prototipe yang dibentuk untuk mengapung serta bisa menampung hingga 50. 000 jiwa.

Dan kehidupan hewan dan tumbuhan di sekitar danau telah berkembang dengan air yang menampung air hujan di dalamnya.

Bunga lili kota yang ramah lingkungan dapat mengapung dari Monako di Eropa ke bagian atol Polandia. Desain yang sangat modern untuk pengungsi dari pemanasan global.

Termotivasi oleh daun lilypad Amazonia Victoria Regia, tumbuhan air dari keluarga Nympheas, ditemui oleh pakar botani Jerman Thaddeaus Haenke.

Lilypad adalah kota akuatik tanpa emisi udara melalui teknologi energi dari matahari (solar), angin, ombak dan biomassa.

Dengan mengolah gas CO2 di atmosfer, ia juga dapat meresap ke dalam kulit (atap) yang terbuat dari titanium dioksida, seperti halnya proses fotosintesis tumbuhan (daun).

Jika artikel teknologi yang terinspirasi oleh struktur jaringan tumbuhan bermanfaat, silakan bagikan. Terima kasih.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

4 teknologi yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan,4 teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.