Apa itu cryptocurrency? Ayo Kita pahami sama-sama!

AMPMORI.com – Apa itu cryptocurrency? Ayo Kita pahami sama-sama. Cryptocurrency adalah istilah yang mungkin sering Anda dengar dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak 2013, cryptocurrency mulai menarik perhatian komunitas global. Banyak media telah mulai melaporkan tentang mata uang digital ini. Namun, keberadaan cryptocurrency memiliki pro dan kontra.

Jadi, apa sebenarnya cryptocurrency dan mengapa mereka populer di kalangan massa pada saat ini? Bagaimana cara kerjanya?

Jadi, simak penjelasannya berikut ini, yang akan mengupas tuntas apa itu cryptocurrency!

Apa itu cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang didukung oleh crypto, seperti dikutip dari Investopedia. Enkripsi membuat mata uang digital ini hampir mustahil untuk dipalsukan.

Sementara itu, di Bitdigri, berbagai definisi cryptocurrency dijelaskan sebagai berikut sesuai dengan karakteristik dan kegunaan cryptocurrency.

1. Digital: Cryptocurrency adalah uang digital yang artinya hanya berlaku di komputer. Cryptocurrency tidak ada dalam bentuk fisik yang dapat kita pegang setiap hari.

2. Peer-to-peer: Cryptocurrency dapat digunakan untuk bertransaksi dari satu orang ke orang lain secara online.

3. Global: Cryptocurrency sama di semua negara. Oleh karena itu, Anda dapat dengan bebas berdagang antar negara tanpa terpengaruh oleh nilai tukar.

4. Crypto: Setiap pengguna memiliki kode unik yang memungkinkan mereka untuk bertransaksi dengan cryptocurrency. Setiap kali transaksi dilakukan, pengguna tidak memiliki cara untuk mengetahui siapa yang melakukan transaksi. Nama asli tidak ditampilkan pada semua transaksi cryptocurrency. Juga, tidak ada aturan tentang siapa yang dapat menggunakan cryptocurrency dan untuk tujuan apa.

5. Desentralisasi: Pada umumnya, transaksi uang selalu melibatkan pihak yang menengahi setiap transaksi, seperti bank. Namun, tidak ada bank atau pihak seperti itu di dunia cryptocurrency. Setiap orang bertanggung jawab atas uang mereka sendiri.

6. Limitless: Saat menggunakan cryptocurrency, Anda tidak perlu mempercayai siapa pun dalam sistem.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cryptocurrency adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa melalui pihak ketiga.

Selain menggunakan cryptocurrency sebagai alat perdagangan, banyak pengguna juga menggunakan cryptocurrency sebagai sarana investasi.

Ini karena fluktuasi nilai cryptocurrency. Semakin banyak orang percaya pada cryptocurrency, semakin tinggi nilainya.

Fitur mata uang kripto

1. Pembelian barang atau jasa

Saat ini sudah banyak toko yang mulai menggunakan cryptocurrency sebagai metode pembayaran, termasuk dua perusahaan ternama, Overstock dan Newegg.

Selain itu, banyak restoran, hotel, penerbangan, aplikasi, dan bar menerima cryptocurrency. Faktanya, ada universitas yang telah menerapkan cryptocurrency, seperti yang dikutip oleh Cointelegraph.

Namun, sebagian besar perusahaan ini baru mengenal Bitcoin.

2. Investasi

Fungsi lain dari cryptocurrency adalah investasi.

Ketika cryptocurrency populer diluncurkan, harganya naik tajam. Tidak mengherankan jika banyak orang menjadi ‘tiba-tiba kaya’ setelah berinvestasi melalui cryptocurrency.

Prinsipnya agak mirip dengan prinsip ekonomi. Artinya, ketika permintaan tinggi, harga naik.

Jika banyak orang melakukan investasi dalam cryptocurrency, maka akan naik harganya. Namun, kenaikan harga mata uang digital baru-baru ini tidak sebesar beberapa tahun yang lalu.

Investasi Cryptocurrency juga termasuk dalam kategori berisiko tinggi.

3. Mining

Penambangan atau mining merupakan hal yang penting dalam cryptocurrency.

Dari dasarnya, pengguna meski selesaikan teka-teki kriptografi yang sudah kompleks untuk bisa mengonfirmasi transaksi dan mencatatnya pada blockchain.

Teka-teki ini dapat diselesaikan dengan menambang. Semakin banyak daya komputasi yang dimiliki pengguna, semakin besar kemungkinan mereka untuk memecahkan masalah.

Jika Anda berhasil memecahkan teka-teki, Anda akan dihargai dengan biaya transaksi.

Jenis mata uang kripto

Seperti dikutip oleh NerdWallet, ada lebih dari 2.200 cryptocurrency yang diperdagangkan secara publik.

Sebagaimana dinyatakan di situs web Coin Market Cap, total kapitalisasi pasar cryptocurrency telah mencapai US$266.172.890.753 pada saat penulisan ini.

Hal ini menunjukkan bahwa ada banyak jenis cryptocurrency yang telah mendapatkan kepercayaan publik.

Di sini, Glints membahas jenis cryptocurrency populer yang diperdagangkan.

1. Bitcoin

Bitcoin masih merupakan jenis cryptocurrency pertama yang sangat populer.

Cryptocurrency jenis ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 oleh pihak bernama Satoshi Nakamoto. Entah itu nama orang, nama grup, atau nama perusahaan, tidak ada yang tahu dari mana asalnya.

Pada November 2019, Investopedia melaporkan bahwa lebih dari 18 juta bitcoin telah diperdagangkan, dengan total nilai pasar sekitar $146 miliar.

Saat ini, sekitar 68% cryptocurrency adalah Bitcoin.

2. Litecoin

Litecoin adalah sejenis cryptocurrency yang ada bahkan ketika mata uang digital diluncurkan.

Jenis cryptocurrency ini muncul pada tahun 2011 sebagai mata uang digital peer-to-peer (P2P) yang menciptakan blok baru (yang membentuk blockchain) dengan kecepatan yang lebih cepat.

Jadi, Litecoin memungkinkan pengguna untuk bertransaksi lebih cepat tanpa memerlukan sistem komputasi yang kuat.

3. Dogecoin

Dogecoin adalah turunan dari Litecoin yang muncul pada Desember 2013.

Seperti namanya, dogecoin adalah cryptocurrency yang memiliki anjing Shiba Inu sebagai maskotnya.

Jenis ini dikenal sebagai cryptocurrency paling ramah karena komunitasnya sering melakukan donasi, filantropi, dan kegiatan positif lainnya.

Dogecoin jauh lebih berharga daripada Bitcoin. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pengguna biasanya menggunakan jenis cryptocurrency ini untuk transaksi mikro, donasi, dan tip.

4. BitcoinCash

BitcoinCash diluncurkan pada Agustus 2017, tetapi saat ini berada di 5 cryptocurrency teratas.

Jenis ini muncul karena sekelompok pengguna Bitcoin tidak menyetujui beberapa aturan yang berlaku.

Kemudian mereka berpisah dan membentuk mata uang digital mereka sendiri yang disebut BitcoinCash. Grup ini juga menciptakan improvisasi yang menurut mereka lebih baik daripada cryptocurrency pertama.

5. Feathercoin

Feathercoin adalah jenis cryptocurrency yang bersifat open source. Jenis ini dibuat pada April 2013 oleh Peter Bushnell, Direktur TI di Brasenose College, Universitas Ofxord.

Feathercoin mirip dengan Litecoin dan berada di bawah lisensi MIT/X11.

Kelebihan dan Kekurangan

Cryptocurrency mengutamakan kemudahan transfer antara dua pihak secara real time tanpa campur tangan pihak ketiga seperti bank atau lembaga keuangan terpercaya.

Namun dibalik kemudahan tersebut tentunya memiliki anti anonimitas transaksi cryptocurrency, sehingga memiliki kelemahan yaitu dapat disalahgunakan untuk kegiatan illegal seperti pencucian uang dan penggelapan pajak.

Namun, untuk alasan privasi, pengguna cryptocurrency menganggap anonimitas dengan sangat serius untuk transaksi mereka. Ini seperti melindungi pelapor atau aktivis yang hidup di bawah pemerintahan otoriter.

Jadi, inilah penjelasan lengkap tentang apa itu cryptocurrency. Nah, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.