Pergerakan Harga Emas dan Strategi Jangka Pendek

Pergerakan Harga Emas dan Strategi Jangka Pendek – Emas dianggap sebagai tempat yang aman di masa sulit. Selama ini, ketika pandemi Covid-19 menyebabkan ekonomi global tersandung, banyak investor memutuskan beralih ke emas.

Berinvestasi dalam emas memang merupakan cara untuk melindungi kekayaan Anda dari inflasi. Namun pernahkah Anda mengetahui strategi trading emas sederhana dalam waktu yang relatif singkat?

Strategi ini juga tidak mengharuskan Anda untuk selalu berdiri di depan PC/laptop. Jadi strategi ini tidak hanya untuk pemula, tetapi juga untuk Anda yang memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Mari kita ungkapkan rahasia trading emas yang sederhana dan mudah ini!

Rahasia Gerakan Emas

Ada korelasi antara perkembangan emas dan pola musiman emas. Ada waktu tertentu dalam setahun ketika emas lebih kuat. Ada saat-saat lain ketika emas melemah juga. Meskipun ini tidak 100% akurat, polanya cenderung sama. Perhatikan gambar berikut:

Menurut siklus musiman, harga emas cenderung naik pada kuartal pertama dan beberapa bulan terakhir. Bulan September akan menjadi salah satu bulan terbaik untuk membeli emas.

Ingat, ini hanyalah indikator umum yang hanya memberi kita gambaran tentang kemungkinan arah harga emas akan bergerak turun atau naik. Grafik emas di bawah ini adalah contoh pergerakan harga emas.

Strategi Trading Emas Jangka Pendek

Jika tujuan Anda trading emas online adalah untuk jangka menengah atau panjang, Anda dapat memanfaatkan musiman yang ditunjukkan di atas.

Untuk jangka pendek atau harian, Anda dapat menggunakan strategi berikut:

1. Tentukan harga high, low, dan close dihari sebelumnya

Untuk langkah pertama ini, Anda menentukan harga tinggi/tertinggi, rendah/terendah dan tutup/penutupan, pergerakan hari sebelumnya di pagi hari saat pasar dibuka.

2. Menggunakan titik pivot

Langkah kedua masukkan harga tinggi, rendah, dan dekat tadi ke dalam rumus berikut:

Titik Pivot (P) = (Tinggi +Rendah + Tutup) : 3

Catatan : Saat ini banyak kalkulator Pivot Point yang otomatis akan menghitung nilai Pivot Point serta Support dan Resistance.

3. Waktu memulai trading emas

Waktu terbaik untuk menggunakan strategi ini adalah saat sesi London dimulai pukul 14:00 WIB di musim panas dan pukul 15:00 WIB di musim dingin. Namun, itu juga dapat digunakan pada sesi pembukaan New York dengan tingkat keberhasilan yang sama.

4. Strategi untuk membuka posisi buy dan sell

Logika di balik aturan ini sederhana, Anda hanya perlu membuka posisi buy jika harga berada di atas titik pivot setelah 15 menit pertama. Di sisi lain, posisikan sell jika harga berada di bawah titik pivot setelah 15 menit pertama.

Setelah pasar menunjukkan bahwa harga berada di bawah pivot, momentum penurunan harga akan terus berlanjut. Jika harga berada di atas titik pivot, maka momentum ke atas akan terus berlanjut.

5. Penempatan stop-loss

Tempatkan stop loss 50-100 pips di atas pivot point (untuk posisi sell) dan di bawah pivot point (untuk posisi buy). Take Profit dapat ditempatkan pada support I (untuk posisi sell) atau pada resistance I (untuk posisi buy).

Jika Anda ingin mencoba strategi sederhana ini, silakan coba di akun demo terlebih dahulu. Namun, bagi Anda yang mengambil risiko dan ingin segera mendapatkan keuntungan dari trading emas dengan menggunakan metode dan strategi trading yang sederhana dan mudah ini.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.