Pahami Software, Fungsi dan Tipe yang Perlu Anda Ketahui!

Software atau yang biasa kita kenal sebagai perangkat lunak, adalah kumpulan instruksi yang dilakukan mesin komputer saat melakukan suatu tugas.

Pengertian Software

Pengertian software adalah program komputer yang berfungsi sebagai jembatan antara pengguna dengan perangkat keras. Software juga dapat didefinisikan sebagai aplikasi yang terdiri dari sekumpulan kode-kode bahasa pemrograman.

Juga, konsep software dapat dikatakan sebagai data yang diprogram dan disimpan secara digital dan tidak berwujud tetapi tetap berada di komputer. Software juga disebut sebagai kumpulan data elektronik berupa program atau instruksi yang disimpan dan dikelola oleh komputer.

Software itu sendiri dibuat oleh seorang programmer menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan kemudian dikompilasi menjadi kode yang dapat dikenali oleh software.

Software dibuat untuk memudahkan tugas-tugas manusia seperti perhitungan, dokumentasi, dan pemrosesan gambar.

Fungsi Software

  • Ini menyediakan fungsi dasar yang diperlukan untuk operasi komputer. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
  • Siapkan semua perangkat keras komputer Anda untuk bekerja secara bersamaan.
  • Bertindak sebagai penghubung antara perangkat keras komputer yang ada dan beberapa software lainnya.
  • Itu dapat menerjemahkan perintah software lain ke dalam bahasa mesin untuk dipahami / diterima oleh perangkat keras.
  • Mengidentifikasi program komputer.

Jenis – Jenis Software

Software telah berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya software (lisensi dan gratis) yang beredar saat ini. Software ini juga dapat dibagi berdasarkan jenis :

Sistem Operasi

Dalam bahasa Inggris disebut Operating System dan sering disingkat OS. Keberadaannya pada komputer sangat penting karena tanpa sistem operasi pengguna tidak dapat menjalankan dan memanfaatkan perangkat keras dan software.

Baca Juga :  Apple iPhone SE+ 5G dan iPad Air Muncul di EEC Rusia

Sistem operasi adalah software yang kompleks dengan banyak fungsi: ia mengelola semua perangkat keras dan terintegrasi dengan CPU, memberikan instruksi kepada prosesor untuk memenuhi permintaan pengguna, mengelola semua proses yang terjadi pada CPU, dan menjadi platform untuk menjalankan aplikasi.

Sistem operasi ini memungkinkan software yang berbeda untuk melakukan tugas masing-masing tanpa mengganggu satu sama lain. Di sini Anda dapat melihat kemampuan untuk mengatur penjadwalan bahwa setiap aplikasi yang berjalan pada waktu yang sama akan mendapatkan waktu yang cukup dan menggunakan CPU.

Biasanya, sistem operasi ini hanya memberikan hak kepada software untuk menjalankan satu aplikasi dalam satu waktu.

Namun, beberapa dapat menjadi sistem operasi multitasking atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Berikut beberapa jenis sistem operasi yang populer saat ini:

  • Microsoft Windows

Sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft Corporation didasarkan pada antarmuka pengguna grafis (GUI). Versi pertama dari OS ini adalah Windows Graphics Environment 1.0.

Versi terbaru adalah Windows 10. Microsoft Windows memiliki banyak keunggulan, antara lain user-friendly dan instalasi aplikasi yang mudah, serta memiliki banyak dukungan driver. Namun, lisensi Windows cukup mahal dan sistem keamanannya tidak optimal.

  • Unix

UNIX adalah salah satu produk dari Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Peter mengusulkan nama sistem operasi bahwa American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) sejak tahun 1965 mengerjakan proyek Multiplexed Information and Computing Service (Multics) sejak tahun 1965. Neumann.

UNIX dirancang untuk menjadi OS portabel, multi-tasking, dan multi-pengguna yang dapat dioperasikan oleh banyak pengguna.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Galaxy A21s, Harganya Murah

UNIX juga merupakan OS yang aman karena akses ke direktori, file, pengguna, dan grup memerlukan izin terpisah. Berkat dukungan Proyek GNU, UNIX berkembang menjadi LINUX.

  • Macintosh Operating System

Juga dikenal sebagai Mac OS karena dirancang khusus untuk komputer Macintosh. Sistem operasi pertama yang menggunakan GUI dirilis pada tahun 1984. Mac OS sangat bagus untuk pengguna yang mengutamakan perhatian.

Selain itu, tingkat keamanan Macintosh sangat tinggi, sehingga sulit ditembus virus. Namun, Mac OS adalah yang terbaik untuk desainer grafis dan bukan untuk aplikasi server dan game saja.

  • Linux

Dalam hal penggunaan, sistem operasi mirip Unix cukup populer di kalangan pengguna. Dalam dunia pemasaran sendiri, Linux bersaing dengan Microsoft Windows dan Macintosh.

Linux juga berjalan dengan satu atau lebih antarmuka baris perintah berbasis teks (CLI) dan GUI (versi desktop default). Linux adalah alias open-source yang tidak memerlukan biaya apa pun dan ramah pengguna.

Linux stabil untuk penggunaan jangka panjang dan tidak mudah terinfeksi virus. Namun, banyak pengguna yang tidak akrab dengan OS. Juga, proses instalasi tidak semudah Microsoft Windows.

Software Pengolah Kata

Seperti namanya, program atau aplikasi ini digunakan untuk menulis persyaratan. Beberapa contohnya adalah:

  • Lotus Word Pro

Kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda dapat menggunakan Microsoft Word untuk membuka dan mengedit file. Lotus Word Pro juga memiliki pencari menu yang berguna untuk membantu Anda menemukan instruksi yang kompatibel dengan Microsoft Word dan Word Perfect.

  • OpenOffice Writer

Aplikasi berlisensi gratis (freeware) ini bersifat multi-platform dan dapat berjalan di berbagai sistem operasi, antara lain Windows, Linux, Unix, Mac OS dan Solaris.

Baca Juga :  Rekomendasi HP Poco Terbaik Tahun 2022 di Indonesia

Fungsinya mirip dengan Microsoft Word, sehingga pengguna baru pun tidak akan kesulitan menggunakannya. Data yang dibuat dengan OpenOffice Writer juga dapat dibuka dan diedit di Microsoft Word dan sebaliknya.

  • Star Office Writer

Seperti OpenOffice Writer, program ini juga multi-platform. Star Office Writer dapat mengonversi file dari Microsoft Word dan Word Perfect. Ini juga mencakup banyak contoh catatan, surat, faks, resume, dan dokumen.

  • Corel WordPerfect

Kelebihan dari aplikasi Wordperfect adalah harganya yang lebih murah dibandingkan Microsoft Word. Corel Wordperfect juga dapat membaca file dari program. Kelemahannya, bagaimanapun, adalah membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi, Pentium III dengan setidaknya 128 MB memori.

  • Microsoft Word

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang dirilis oleh Microsoft Corporation ini. Microsoft Word biasanya dibundel dengan program Microsoft Office lainnya seperti Excel, Power Point, dll.

Microsoft Word memiliki banyak keunggulan, mulai dari yang mudah digunakan (user-friendly) hingga fungsionalitas penuh, dan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam dokumen, termasuk buku, surat, publikasi, dan gambar sederhana. Namun, Anda harus menginstal satu software Microsoft Word di satu komputer. Pengguna juga harus membayar biaya lisensi yang tidak murah.

Kesimpulan

Jadi konsep software adalah perangkat lunak yang canggih dan akan terus berkembang. Jadi para ilmuwan belum memutuskan kapan teknologi software ini akan berakhir dan akan terus mengembangkannya.

Meski tidak jauh berbeda dengan fungsi aplikasi lainnya, pencatatan keuangan perusahaan juga membutuhkan keterampilan yang dikembangkan dalam bahasa pemrograman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *