5 Tips Investasi Barang Antik untuk Masa Depan

AMPMORI.com – Koleksi barang antik memang memuaskan bagi sebagian orang. Bagi siapa saja yang suka mengoleksi barang antik, hobi bisa menjadi sarana investasi masa depan.

Seiring waktu, barang antik bisa menjadi investasi bernilai tinggi. Barang antik yang bernilai sejarah dan jumlahnya terbatas diburu para kolektor dan bernilai tinggi. Namun, Anda harus menunggu dengan sabar, karena biasanya butuh waktu untuk barang antik naik nilainya.

Tips Investasi Barang Antik

  • Paham Nilai Barang Antik

Paham Nilai Barang Antik

Untuk menjadikan koleksi barang antik Anda sebagai alat investasi, Anda harus mulai memikirkan nilai barang antik Anda. Terlalu berisiko menghabiskan waktu dengan barang antik tanpa mengetahui nilainya. Barang antik yang Anda hargai dengan sepenuh hati mungkin sudah usang atau mahal. Jadi jangan sia-siakan nilai dari barang antik Anda.

  • Barang harus asli.

Barang harus asli.

Salah satu kunci utama sebuah koleksi antik adalah keaslian barang yang dimilikinya. Dengan kata lain, Anda perlu mengetahui dari mana barang tersebut berasal, kualitas barang yang Anda miliki, dan riwayat barang tersebut. Misalnya, barang antik yang Anda miliki bisa mahal jika menggunakan kayu berkualitas tinggi seperti jati.

  • Butuh Modal yang Besar

Butuh Modal yang Besar

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi barang antik, Anda harus memiliki dana yang cukup. Sebab, pedagang barang antik atau balai lelang yang menjual mebel antik membutuhkan sebagian dari hasil lelang/penjualan mebel antik. Tak heran jika harga jualnya bisa naik 25%-30%.

  • Biaya Perawatan Akan Sama dengan Biaya Investasi

Biaya Perawatan Akan Sama dengan Biaya Investasi

Mengumpulkan barang antik tentunya membutuhkan perawatan agar tidak cepat rusak. Sebab, jika rusak, nilai barang antik tersebut bisa berkurang. Masalahnya, jika biaya perawatan terlalu tinggi, Anda tidak akan mendapat untung dan bisa mati.

  • Lebih Tua, Lebih Mahal

Lebih Tua, Lebih Mahal

Jika Anda memiliki barang-barang peninggalan nenek atau kakek Anda di rumah, jangan terburu-buru memasukkannya ke dalam gudang. Perhatikan baik-baik untuk melihat apakah kategori barang antik berisi mereka.

Anda dapat memeriksanya di internet. Misalnya, keris yang Anda warisi dari kakek Anda bisa menjadi barang yang diburu para kolektor. Secara umum, semakin tua barang antik, semakin mahal harganya.

Selain itu, barang antik yang bernilai sejarah dan jumlahnya terbatas juga bernilai tinggi dan menjadi objek kolektor.

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.