Ini Kekurangan dan Kelebihan Aplikasi Reksadana Bibit

AMPMORI.com – Kekurangan dan kelebihan aplikasi reksadana Bibit . Reksa dana merupakan salah satu sarana investasi yang sudah lama berdiri. Tapi kebanyakan orang masih belum tahu cara membelinya. Dan banyak dari mereka yang percaya bahwa berinvestasi di reksa dana membutuhkan modal yang besar. Jika Anda salah satunya, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi reksa dana Bibit. Rp. Anda bisa membeli produk reksa dana dengan pembayaran 10.000 yang sangat mudah.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang aplikasi seed, berikut ulasan lengkapnya.

Aplikasi Reksa Dana Bibit

Bibit adalah aplikasi penyedia reksa dana yang memberikan kemudahan bagi investor untuk mulai berinvestasi. Agen Penjual Reksa Dana di bawah PT. Seeds Grow Together telah dirilis sejak Januari 2019. Aplikasi keuangan ini juga terdaftar dan memiliki lisensi APERD resmi dari OJK & Kominfo. Saat ini di Google Play, seed adalah aplikasi keuangan yang paling banyak diunduh dibandingkan dengan aplikasi serupa dengan lebih dari 1 juta unduhan dan peringkat 4,7.

Bibit menerapkan teknik teori portofolio modern. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk langsung melakukan investasi optimal dengan tingkat risiko yang dapat disesuaikan dengan profil risiko individu Anda. Investor juga dapat dengan mudah mengenali profil risiko yang dipersonalisasi berdasarkan beberapa indikator mulai dari usia, tanggungan, status keuangan, dan toleransi risiko. Jadi, bagi investor pemula, Anda tidak akan bingung mau membeli produk reksa dana yang mana.

Trading atau beli reksa dana di Bibit juga sangat mudah. Tersedia berbagai metode pembayaran legal, mulai dari dompet elektronik seperti GoPay dan LinkAja hingga transfer bank.

Bagaimana Reksa Dana Bibit Bekerja?

Aplikasi Bibit terdapat robo-advisor yang dapat membantu calon investor berinvestasi lebih mudah dengan menggabungkan unsur nasihat keuangan dan perencanaan keuangan.

Robo-advisor ini nantinya akan membantu Anda menghitung dan merancang portofolio investasi yang optimal berdasarkan indikator-indikator tersebut di atas.

Padahal, teknologi tersebut cukup cerdas untuk mengetahui profil risiko calon investor untuk tujuan investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Ada tiga cara kerja aplikasi Bibit:

Auto Risk Profiling: Untuk mulai berinvestasi, Anda perlu mengisi 6 kuesioner singkat berdasarkan profil dan tujuan investasi Anda saat pendaftaran. Hal ini memungkinkan teknologi Robo Advisor untuk menentukan profil risiko yang tepat untuk Anda dengan algoritme yang tidak bias.

Auto Financial Plan: robo merekomendasikan komposisi portofolio ideal berdasarkan profil risiko Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan alokasi portofolio reksa dana terbaik berdasarkan jawaban Anda atas kuesioner yang Anda isi.

Auto Rebalancing: Portofolio reksa dana Anda secara otomatis dioptimalkan ulang saat kondisi pasar berubah dengan setiap perdagangan.

Kelebihan dan Kekurangan Reksa Dana Bibit

Teknologi canggih yang dapat menganalisis profil risiko calon investor menjadi salah satu keunggulan Vibit. Ada juga beberapa kelemahan benih yang harus Anda waspadai. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Keunggulan Reksa Dana Bibit

Berikut beberapa keuntungan berinvestasi di reksa dana Bibit:

  1. Pilihan syariah tersedia. Vibit memiliki produk Reksa Dana Syariah. Jadi, Anda bisa memilih jenis Reksa Dana Syariah sesuka Anda.
  2. Bebas biaya. Setiap kali Anda membeli produk reksa dana di Vibit, tidak ada diskon atau biaya pembelian.
  3. Pilihan investasi yang mudah. Seeds siap membantu Anda menganalisa dan memilih reksa dana terbaik di tanah air secara otomatis berdasarkan tingkat risiko Anda.
  4. Dana investasi murah. Rp. Anda dapat berinvestasi dalam reksa dana benih mulai dari 10.000 dan hingga jumlah nosional pilihan Anda.
  5. Investasi dapat ditarik kapan saja. Jadi kapan pun Anda membutuhkan uang, Anda dapat dengan cepat membelanjakan dana investasi reksa dana Anda tanpa penalti.
  6. Bebas pajak. Reksa dana adalah produk investasi yang hasil investasinya tidak dikenakan pajak, tidak seperti emas atau properti yang dikenakan pajak, misalnya. Artinya Bibit tidak dikenakan pajak atas keuntungan yang diperoleh dengan berinvestasi di reksa dana.
  7. Keamanan dana. Dalam pembibitan, Anda dapat berinvestasi dengan aman tanpa takut kehilangan dana. Hal ini dikarenakan tidak semua dana investor disimpan oleh Seeds. Dana investor ditransfer langsung ke Bank Kustodian. Jadi, jika Benih nanti tutup, Anda bisa langsung menghubungi manajer investasi pengelola reksa dana untuk menangani pencairan dana Anda.
  8. Dukungan teknologi canggih. Dukungan teknis melalui pendekatan Modern Portfolio Theory, terbukti mampu menjaga risiko dan mengoptimalkan keuntungan melalui diversifikasi.

Kekurangan

Selain keuntungan berinvestasi di reksa dana Bibit, ada beberapa hal yang kurang dari Bibit.

  • Penasihat robo unggulan kurang  memuaskan. Teknik yang menganalisis profil risiko ini dan dianggap dapat dideteksi belum tentu memberikan hasil terbaik dalam memilih produk reksa dana. Pertanyaan survei yang diberikan sangat terbatas dan profil risiko yang berbeda dikelompokkan menjadi hanya 10 jenis.
  • Produk reksa dana terbatas. Tidak seperti aplikasi investasi lainnya, produk reksa dana di Vibit jauh lebih sedikit, sehingga investor tidak memiliki kebebasan untuk memilih.

Nah, itulah penjelasan kekurangan dan kelebihan aplikasi reksadana Bibit . Anda tidak perlu menunggu sampai memiliki modal yang banyak terlebih dahulu untuk mulai berinvestasi. Sobat bisa mulai berinvestasi reksa dana Bibit dimulai dari produk dengan risiko paling rendah. Selamat berinvestasi.

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.