4 Tips Persiapan Rencana Keuangan untuk Orang Tua Baru

AMPMORI.com – Tips persiapan rencana keuangan untuk orang tua baru. Memiliki anak adalah awal dari perjalanan yang mengasyikkan, tetapi juga merupakan tanggung jawab yang besar. Sebagai orang tua, Anda harus mengasuh dan mengajar anak-anak Anda dan memenuhi kebutuhan mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi perubahan keuangan yang akan terjadi.

  • Buat Daftar Pengeluaran Bulanan Anda

Daftar biaya ini ditambahkan setiap bulan seiring dengan bertambahnya usia bayi Anda. Anda juga perlu mengumpulkan dana untuk vaksin dan membeli susu formula serta makanan dan persediaan lainnya. Untuk menghindari pengeluaran berlebih, Anda bisa mulai dengan mencatat rencana pengeluaran bulanan yang dibuat dalam skala prioritas.

Prioritaskan pengeluaran pada apa yang Anda butuhkan, bukan apa yang Anda inginkan (kebutuhan versus keinginan). Untuk menghitung pengeluaran bulanan Anda, buat simulasi dengan mentabulasikan setiap pengeluaran (seperti popok dan penitipan bayi) dalam spreadsheet.

Evaluasi anggaran Anda terus-menerus dan jangan lupa untuk memperbarui anggaran Anda setidaknya sebulan sekali. Sasaran untuk membantu Anda melacak pos pengeluaran terbesar Anda. Dengan begitu, Anda bisa menyusun strategi untuk menekan biaya.

  • Rencanakan Kembali Tujuan Keuangan Baru Anda
Baca Juga :  Manfaat Menabung untuk Sekarang dan Masa Depan

Tentunya setelah seorang anak lahir, banyak hal yang harus dipikirkan untuk masa depan anak tersebut. Untuk itu, perlu ditetapkan tujuan keuangan baru yang dapat ditentukan secara tepat waktu. Dalam jangka pendek, misalnya, Anda perlu mempersiapkan biaya vaksin dan pergi ke dokter.

Siapkan asuransi kesehatan. Di sisi lain, rencana jangka menengah digunakan untuk tujuan keuangan dengan durasi 2 hingga 5 tahun, seperti biaya umrah atau liburan keluarga. Tujuan keuangan jangka panjang yang bisa Anda rencanakan, seperti menyiapkan asuransi pendidikan, dana pensiun, dan lainnya. Seperti diketahui, biaya pendidikan di Indonesia cukup tinggi, sehingga perlu menyiapkan dana pendidikan sejak dini. Semua rencana tersebut dapat memicu Anda dan pasangan untuk menjadi lebih pintar dalam mengelola keuangan dan fokus memenuhi tujuan keuangan keluarga.

  • Prioritas Dana Darurat 
Baca Juga :  Pengertian dan Perbedaan Giro dan Tabungan yang Mudah Dipahami

Dana darurat adalah sejumlah dana yang ditawarkan yang digunakan untuk menghadapi berbagai situasi tak terduga dalam hidup. Ini berarti (di bawah anggaran tetap) bahwa dana ini hanya digunakan untuk mengatasi keadaan darurat yang tidak dapat ditangani oleh keuangan normal.

Menurut Huffington Post, Anda harus memiliki setidaknya enam bulan biaya hidup di rekening tabungan khusus untuk penggunaan darurat. Jika sumber penghasilan Anda terganggu atau berkurang, dana darurat ini dapat menghidupi keluarga Anda sampai ada kesempatan untuk menutupi kerugian atau melakukan penyesuaian gaya hidup.

  • Tambahkan Sumber Penghasilan

Jika Anda tidak memiliki pendapatan yang cukup, menabung dan meningkatkan pendapatan rumah tangga Anda adalah dua langkah yang dapat Anda tambahkan ke brankas pendapatan keluarga Anda. Ada beberapa opsi untuk meningkatkan aliran pendapatan Anda, termasuk:

    • Tambahkan aliran pendapatan dengan memanfaatkan hobi yang menguntungkan seperti memasak, kerajinan tangan, desain grafis, dll.
    • Pertimbangkan kembali apakah kendaraan bertenaga kita (sepeda motor dan mobil) lebih mahal daripada menggunakan transportasi umum. Penggantian kendaraan juga tersedia dengan harga yang terjangkau.
    • Hapus langganan bulanan yang tidak perlu seperti layanan streaming yang tidak digunakan atau keanggotaan gym.
    • Anda dapat menjual kembali barang-barang bayi yang sudah tidak terpakai.
Baca Juga :  Cara Sederhana untuk Raih 100 Juta Pertama, Bisa dilakukan Siapa Saja

Kehadiran anak merupakan momen bahagia bagi setiap pasangan. Namun seringkali hal ini terlalu menggairahkan kedua orang tua dan membuat mereka lupa mengatur keuangan dengan baik. Yuk, segera mulai rencanakan keuangan keluarga Anda agar kebutuhan keluarga Anda tercukupi dengan baik.

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : pikiranpositif.com

Dapatkan juga update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *