Ciri-ciri Lipstik Kadaluarsa yang Mungkin Tidak Disadari

AMPMORI.com – Ciri-ciri lipstik kadaluarsa yang mungkin tidak disadari. Bagi wanita, menunjang penampilan menggunakan make up merupakan rutinitas yang sangat penting. Apalagi penggunaan lipstik yang tidak membutuhkan alasan untuk bepergian atau momen penting. Jadi, tidak heran jika kebanyakan wanita suka mengoleksi lipstik.

Namun, jika Anda memiliki lebih dari satu lipstik, kemungkinan tidak akan habis setelah tanggal kedaluwarsa, karena setiap item pasti lebih tahan lama. Padahal, penggunaan lipstik kadaluarsa bisa memicu kecanduan. Lipstik yang dirilis oleh Healthline biasanya bertahan sekitar 12-18 bulan.

Sayangnya, kebanyakan merek lipstik hanya mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kotak kemasannya. Bahkan dalam kemasan bagian dalam, mereka biasanya mudah aus. Nah, untuk mengecek tanggal kadaluarsa lipstik, yuk simak ciri-ciri lipstik kadaluarsa berikut ini :

  • Perubahan Tekstur Lipstik, Tampak lebih Lembek atau Keras

Saat Anda mengaplikasikannya di tangan Anda, Anda bisa merasakan teksturnya sambil memeriksa perubahan warna. Lipstik yang telah melewati tanggal kedaluwarsa akan mengubah teksturnya.

Misalnya bisa sangat lembut, tutupnya bisa kotor, mudah pecah, teksturnya bisa licin seperti berminyak, atau bisa terlalu kering dan keras.Perubahan tekstur ini membuat lipstik sulit diaplikasikan ke permukaan kulit. Saat dioleskan ke bibir terasa lengket atau warnanya sulit berkembang karena terlalu kering.

  • Aroma Lipstik Berubah 

Biasanya, lipstik hadir dalam berbagai aroma yang tercium meski tutupnya dibuka, namun aromanya semakin kuat saat dioleskan ke bibir. Namun, lipstik yang melewati tanggal kedaluwarsa dapat menyebabkan iritasi atau tidak berbau. Jadi, perhatikan aromanya. Ya!

  • Perubahan Warna Lipstik dan Muncul Jamur Putih Abu

Buka koleksi lipstik Anda satu per satu dan periksa apakah ada bintik-bintik putih di permukaannya. Mungkin karena tanggal kadaluarsa lipstik sudah lewat, jamur akan tumbuh. Namun, beberapa merek mengandung sifat antijamur, yang akan menjaga lipstik Anda tetap bersih bahkan setelah tanggal kedaluwarsa.

Setelah Anda menemukan ini, aplikasikan lipstik di punggung tangan Anda. Saat membeli lipstik, Anda mungkin tahu warnanya apa, jadi jika Anda melihat perubahan warna, seperti lebih gelap atau pucat, lipstik Anda mungkin sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

  • Saat Dioleskan ke Bibir, Kulit Bibir Menjadi Kaku, Kering dan Pecah-pecah

Jika Anda tidak memenuhi ketiga karakteristik di atas, Anda akan terus menggunakan lipstik. Nah, lipstik yang kadaluarsa biasanya tidak bisa menghidrasi bibir, membuatnya kaku, kering, bahkan pecah-pecah. Jika hal ini terjadi pada Anda, lebih baik tidak menggunakan lipstik lagi.

Nah, itulah beberapa ciri lipstik kadaluarsa yang mungkin sulit Anda pahami. Apalagi jika Anda memiliki terlalu banyak koleksi lipstik, sulit untuk mengingat tekstur, warna, dan aroma aslinya. Sekarang mari kita periksa lipstiknya. Apakah ada tanda-tanda expired date seperti di atas?

Untuk pembahasan tentang Lifestyle, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.