Aplikasi Membuat Akte Kelahiran Online Terbaik

AMPMORI.com – Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu memang semakin canggih, segala hal sudah dapat dibuat dan dilakukan secara online dalam bentuk digital. Seperti halnya membuat sebuah akte kelahiran juga sudah bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi membuat akte kelahiran online.

Akte kelahiran menjadi sebuah bentuk dokumen identitas pribadi yang di dalamnya tercantum nama, tanggal lahir, tempat lahir, serta keterangan orang tua yang menjadi sebuah bentuk idendtitas sejak baru pertama lahir yang mana dengan dokumen ini membuktikan bahwa diri Anda memiliki identitas diri yang menerangkan data diri Anda maupun anak Anda.

Dokumen akte kelahiran ini mendasi dokumen yang penting untuk dimiliki, apalagi jika Anda akan masuk sekolah maka membutuhkan dokumen yang penting untuk membuktikan identitas diri awal Anda sebelum memiliki sebuah kartu tanda penduduk (ktp). Biasanya untuk mengurus dokumen ini maka mengharuskan Anda untuk mengurusnya di kantor layanan public seperti dukcapil ataupun kantor layanan public lainnya yang bergerak di bidang catatan kependudukan.

Namun saat ini untuk mengurus akte kelahiran tidak lagi sulit untuk dilakukan, Anda bisa membuatnya melalui aplikasi membuat akte kelahiran online dengan begitu mudahnya.

Hal ini sesuai dengan permendagri nomor 9 tahun 2016 tentang percepatan peningkatan pemilikan akte kelahiran anak yang dapat dibuat melalui online dengan cara mengakses aplikasi dan mengisi formulir permohonan pada aplikasi yang telah disediakan.

Melalui aturan permendagri inilah yang membuat dan menyatakan bahwa akte kelahiran yang dibuat secara offline maupun online memiliki sebuah bentuk kekuatan hukum yang sama dan tetap serta dapat berlaku sesuai bagaimana harusnya.

Untuk membuat akte kelahiran sendiri sebenarnya sangat simpel yang terpenting Anda telah mengetahui dan memiliki aplikasi rancangan dukcapil ini untuk mempermudah setiap kegiatan Anda.

Baca Juga :  Aplikasi Mobile Client untuk Intip WhatsApp Pasangan

Di zaman sekarang ini lebih banyak yang memilih untuk melaakukan pembuatan akte kelahiran secara mandiri atau secara online dibandingkan harus menuju kantor catatan sipil dan antri membuat akte kelahiran.

Jadi apabila Anda dikemudian hari memiliki seorang anak yang belum memiliki akte kelahiran maka Anda langsung saja melakukan pendaftaran dan pembuatan akte kelahiran digital secara online yang dapat dilakukan dengan mudahnya.

Manfaat Hadirnya Aplikasi Membuat Akte Kelahiran Online

Pemerintah telah memberikan sebuah kemudahan untuk masyarakatnya dalam melakukan berbagai hal yang diharapkan mampu mempermudah setiap masyarakat. Pemerintah dukcapil sendiri membuatnya untuk kepentingan public dan Anda sebagai masyarakat akan menerima manfaatnya secara langsung.

Untuk Anda yang hendak membuat akte melalui aplikasi pembuatan akte maka Anda bisa merasakan beberapa manfaat, berikut ini informasi mengenai manfaat hadirnya aplikasi pembuatan akte yang dapat Anda rasakan secara langsung.

  • Lebih Mudah

Keuntungan pertama yang tentunya bisa Anda rasakan adalah Anda bisa membuat akte kelahiran dengan lebih mudah dan tentunya lebih fleksibel. Anda bisa mengaksesnya dimana saja dan kapan saja Anda hendak memproses pembuatan dari akte kelahiran yang Anda ingin buat.

  • Tidak Perlu Antri

Keuntungan selanjutnya yakni Anda tidak perlu merasakan yang namanya antri dalam waktu yang panjang hanya untuk membuat akte kelahiran.

Sebab dukcapil menjadi salah satu instansi yang memiliki antrian terpanjang bila Anda hendak melakukan pengurusan berkas dan dokumen yang Anda miliki.

  • Gratis

Untuk membuat sebuah akte kelahiran menggunakan aplikasi membuat akte kelahiran online ini sendiri dapat Anda gunakan secara gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan sepeserpun dana untuk membuat akte kelahiran sebab pada dasarnya memang membuat dokumen identitas ini sendiri dibuat secara gratis oleh instansi terkait.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Video PC yang Mudah Digunakan

Syarat Membuat Akte Kelahiran pada Aplikasi Membuat Akte Kelahiran Online

Untuk membuat sebuah akte kelahiran maka sebelumnya Anda harus melengkapi syarat serta dokumen pendukung yang dibutuhkan. Sebab untuk membuatnya maka ada syarat yang harus sesuai dengan ketentuan dan hal ini bersifat mutlak, bila syarat dan dokumen tidak lengkap maka proses pembuatan akte kelahiran tidak akan berhasil dan tidak akan berjalan dengan baik dan malah akan selalu gagal dan membuat Anda menjadi kebingungan.

Lantas apabila Anda berniat membuat akte kelahiran untuk anak Anda maka Anda harus menyiapkan beberapa berkas dokumen ini sebagai syarat utama yang harus dissiapkan agar proses pembuatan akte kelahiran dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya sebuah hambatan dalam pembuatannya.

-Akta nikah ataupun kutipan akta perkawinan yang Anda miliki

-Surat keterangan lahir dari bidan, rumah sakit, atau dokter yang bertugas untuk membantu persalinan anak yang hendak dibuatkan akte kelahiran

-KK dimana anak yang lahir atau hendak dibuatkan akte kalahiran didaftarkan sebagai anggota keluarga dari pemilik KK tersebut

-Memerlukan Paspor untuk WNI bukan penduduk serta orang asing yang memiliki ikatan dengan penduduk Indonesia.

-Surat pernyataan tanggung jawab mutlak atas kebenaran data kelahiran apabila tidak memiliki surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak berwenang seperti dokter maupun bidang yang membantu proses kelahiran.

-SPTJM atas keterangan kebenaran pasangan suami istri bila pasangan suami istri tidak memiliki akta perkawinan atau buku pernikahan yang dikeluarkan oleh instansi setempat yang berwenang dalam pengeluaran berkas tersebut.

Baca Juga :  Cara Intip Whatsapp Pasangan Lewat Google Terbaru

Sebelum membuat akte kelahiran pada aplikasi membuat akte kelahiran online ini maka sebelumnya Anda harus menyiapkan berb agai dokumen syarat aplikasi ini.

Agar Anda tidak bolak balik melengkapi dokumen berkas yang diperlukan. Hal ini akan mempermudah proses pembuatan akte kelahiran dimanapun dan kapanpun Anda akan melakukan proses pembuatan akte kelahiran.

Cara Membuat Akte Melalui Aplikasi Membuat Akte Kelahiran Online

Sebagai sebuah aplikasi online yang memberikan sebuah kemudahan untuk pengguna memang menjadi tujuan utama diciptakannya aplikasi ini.

Sebenarnya cara membuat akte online ini sangat mudah untuk dilakukan tetapi bila Anda merupakan orang yang awam pengetahuan mengenai pendaftaran-pendaftaran online maka Anda bisa menyimak informasi berikut ini mengenai cara membuat akte online yang berlaku secara resmi.

-Masuk ke aplikasi maupun situs resmi dari dukcapil sebagai layanan online

-Untuk masuk ke aplikasi maupun situs maka Anda bisa mengaksesnya menggunakan nomor induk kependudukan yang Anda miliki

-Isilah semua formulir yang telah disediakan secara benar dan harus dengan ketelitian yang baik

-Unggah setiap dokumen pendukung sebagai dokumen persyaratan yang dibutuhkan yang mana dokumen yang dibutuhkan telah disebutkan sebelumnya

-Terimalah tanda bukti permohonan pembuatan akte lahir yang akan terbuat dengan sendirinya bila Anda telah mengisi dokumen formulir serta berkas dokumen pendukung lain yang menjadi sebuah persyaratan yang wajib untuk dilakukan

-Tunggulah beberapa saat untuk melakukan verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh petugas dukcapil yang bertugaas secara online

-Petugas akan mengeluarkan register akta lahir yang mana kutipan akta ini diberikan tanda tangan elektronik

-Tunggu email pemberitahuan yang melampirkan akta lahir elektronik yang dapat Anda cetak secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *