Simulasi Trading Saham Online Secara Gratis

AMPMORI.com – Siap untuk trading saham? Jika Anda masih kekurangan informasi, pengetahuan dan keterampilan, lebih baik tidak terburu-buru dalam trading saham. Namun, jika Anda ingin melakukan trading saham, Anda bisa memulainya dengan jumlah yang sedikit, tetapi Anda membutuhkan modal. Atau, Anda dapat mencoba simulasi trading saham online tanpa mengeluarkan uang terlebih dahulu.

Meskipun hanya simulasi, harga yang digunakan adalah harga sebenarnya di bursa, namun kami menggunakan mata uang virtual untuk trading. Namun, Anda dapat mengamati pergerakan harga secara real-time dan belajar menganalisis saham.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mulai belajar bagaimana menerapkan strategi trading yang akan berdampak di kemudian hari dan akan memberi Anda uang saat memulai trading.

Ini hanya simulasi, jadi risikonya minimal. Uang yang digunakan adalah mata uang virtual, sehingga Anda tidak kehilangan uang atau modal untuk trading saham. Ada beberapa penyelenggara simulasi trading saham di dalam negeri maupun di Indonesia, antara lain:

1. IDX Virtual Trading

Anda dapat mempelajari atau mensimulasikan trading saham dengan terlebih dahulu memilih IDX Virtual Trading. Sesuai dengan namanya, jelas bahwa BEI atau yang lebih dikenal dengan Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah penyelenggara dari platform ini. Saat membuat akun, Anda bisa memulai simulasi trading dalam bentuk mata uang virtual dengan modal awal Rp 5 miliar.

Namun, aplikasi trading ini hanya dapat digunakan selama 30 hari. Jadi, Anda harus memanfaatkan peluang besar ini untuk memahami semua detail kesepakatan dalam waktu satu bulan.

2. Game Trading Saham Gratis TradeHero

Pernahkah Anda mendengar permainan trading saham gratis TradeHero? Karena platform ini berbasis game, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu agar dapat menginstalnya di ponsel pintar Android Anda. Saat Anda memainkan game ini, Anda akan mendapatkan $100.000 dalam bentuk dana virtual sebagai modal awal Anda untuk simulasi trading saham BEI.

Dengan begitu, Anda bisa mengatur strategi menghasilkan uang dari pengalaman simulasi saham BBRI atau emiten saham potensial lainnya.

3. Kontan Online Simulasi Saham

Ada juga Cash Online Stock Simulation yang diberdayakan oleh Kontan Magazine. Aplikasi berbasis web ini memungkinkan Anda untuk berlatih trading langsung dari website tanpa perlu mendownload dan menginstal software apapun. Platform ini juga menyelenggarakan kompetisi trading yang menawarkan berbagai hadiah menarik.

Cara Simulasi Saham di IDX Virtual Trading

Siap memulai simulasi saham di trading virtual BEI? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengguna akan mendapatkan modal awal sebesar Rp5 miliar dalam mata uang virtual. Namun, peluang simulasi trading hanya tersedia selama 30 hari.

  • Untuk memulainya, kamu bisa terlebih dahulu mengunjungi situs https://virtualinvesting.idx.co.id/register.
  • Kemudian, jangan lupa untuk melakukan registrasi dengan menginput informasi yang diminati termasuk nama lengkap dan alamat email dan klik tombol “Send Registration”.
  • Lakukan verifikasi yang dikirimkan ke email yang tadi kamu gunakan untuk registrasi.
  • Buka tautan yang diarahkan ke laman IDX Virtual Trading dan lanjutkan registrasi.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengisi password serta PIN.
  • Terakhir, pilih Activated Account dan kemudian kamu bisa masuk ke halaman awal yang berisi daftar portofolio, order list, order book, dan jual beli saham.

Setelah proses pendaftaran berhasil diselesaikan dan Anda mengakses halaman awal trading virtual BEI, Anda dapat mulai mensimulasikan saham sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda dengan modal yang Anda berikan.

Cara Beli dan Jual Saham di IDX Virtual Trading

Lantas, bagaimana cara membeli dan menjual saham di virtual trading BEI? Mengetahui cara jual beli saham di platform simulasi ini akan memberikan gambaran bagaimana cara membeli dan menjual saham, setidaknya saat Anda mulai berinvestasi secara riil atau riil.

Untuk membeli saham di platform simulasi ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, klik Buy dan masukkan kode saham, tawaran harga, serta lot.
  • Kemudian, klik Buy dan lakukan konfirmasi.
  • Untuk mengecek saham yang dibeli, coba cek di menu Session > Portfolio.

Sedangkan jika Anda ingin menjual saham Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, pilih menu Sell dan masukkan saham yang serta jumlah lot yang akan kamu juga.
  • Selanjutnya, tinggal klik Sell dan lakukan konfirmasi.

Simulasi saham memungkinkan Anda mempelajari cara berinvestasi saham tanpa menggunakan modal nyata. Artinya walaupun Anda rugi atau rugi pada investasi pertama Anda, sebenarnya Anda tidak akan kehilangan modal investasi Anda karena simulasi menggunakan mata uang virtual yang disediakan oleh penyedia platform simulasi saham.

Ada banyak platform simulasi saham online yang bisa Anda coba di dalam dan luar negeri. Dengan begitu Anda bisa belajar banyak tentang saham dan bagaimana selalu untung dari trading apa pun.

Namun, jangan berasumsi bahwa Anda telah menguasai semua strategi jual beli saham dan memutuskan untuk segera berinvestasi saham.

Manfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya untuk simulasi stok, alat, dan berbagai sumber belajar untuk memanfaatkan peluang dan kemampuan Anda sebaik mungkin.

Setelah itu, Anda bisa mulai berinvestasi saham, namun jangan sampai modal Anda berlebihan. Mulailah dari yang kecil, meskipun keuntungan atau uang yang Anda dapatkan kecil. Lakukan secara bertahap agar tidak menyesal, apalagi saat salah langkah.

Semoga informasi di blog Ampmori ini bermanfaat dan baru mulai berinvestasi jika Anda benar-benar memahami apa itu investasi saham yang menguntungkan.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.