Tempat Wisata di Sumatera Utara, Nomor 3 Terkenal hingga Mancanegara

AMPMORI.com – Tempat Wisata di Sumatera Utara menarik untuk dikunjungi saat liburan. Mulai dari wisata alam, pegunungan, hingga air terjun memiliki daya pikat.

Kali ini, jika ingin menjelajahi wisata di Sumatera Utara, wisatawan bisa mengintip rekomendasi 10 tempat wisata di Sumut yang dilansir dari Arpronews.com. Kekayaan alam yang tersembunyi akan membuat wisatawan betah berlama-lama berwisata.

1. Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur

10 tempat wisata di Sumatera Utara pertama yang bisa dikunjungi terletak di Kota Medan, yaitu Vihara Gunung Timur. Di sini terdapat Kelenteng Tionghoa. Kelenteng ini dibangun pada 1930-an terletak di Jalan Hang Tuah, di sisi Sungai Babura sekitar 500 meter dari Kuil Sri Mariamman.

Baca Juga10 Restoran dan Makanan Terbaik di Medan yang Direkomendasikan

2. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Selanjutnya, 10 tempat wisata di Sumatera Utara lainnya yang memesona adalah Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit. Air terjun ini terletak di dalam Hutan Aibolangit.

Butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan darat dari Kota Medan. Setelah sampai di Hutan Sibolangit kalian masih harus menempuh perjalanan selama 3 jam atau lebih dengan berjalan kaki agar sampai di Air terjun tersebut.

Perjalanan yang akan sangat melelahkan, namun juga menyenangkan. Setelah sampai di Air Terjun Sibolangit kalian akan disuguhkan oleh pemandangan yang indah dari air terjun yang mempunyai dua warna ini, yaitu biru untuk air dingin dan putih untuk air hangat.

Baca Juga10 Restoran di Bali Terbaik yang Direkomendasikan

3. Danau Toba

Danau Toba

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba, ikon Sumatera Utara ini memiliki keindahan alam yang sangat memesona. Deretan bukitnya mengelilingi danau. Danau ini memiliki panjang sekitar 100 km dan lebar sekitar 30 km.

Danau Toba termasuk terbesar di Asia Tenggara. Perjalanan ke Danau Toba bisa ditempuh selama 4 jam dari Kota Medan melalui jalur darat.

Baca Juga10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik Tahun 2022

4. Ekowisata Tangkahan

Ekowisata Tangkahan

Ekowisata Tangkahan termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kawasan ini terkenal dengan julukannya sebagai The Hidden Paradise of Sumatera Utara.

Kondisi hutan di kawasan ini masih sangat terjaga kemurniannya. Flora Fauna yang terdapat pada kawasan ini berupa kantong semar, rafflessia, sedangkan faunanya terdapat harimau Sumatera, orangutan, gajah dan masih banyak lagi. Untuk mencapai ke kawasan ini dapat ditempuh selama 3 jam dari Kota Medan.

Baca JugaInilah Alasan Mengapa Pentingnya Mengikuti Impian

5. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Destinasi selanjutnya ada Masjid Raya Medan yang masuk daftar 10 tempat wisata di Sumatera Utara. Seperti Danau Toba, masjid ini juga termasuk salah satu ikon Sumatera Utara yang berada di Kota Medan.

Masjid ini memiliki nilai budaya dan sejarah yang sangat tinggi. Lokasi Masjid Raya Medan berada di Jalan Sisingamaraja, Medan.

Baca JugaKebiasaan Mewujudkan Impian yang Bisa Kamu Terapkan

6. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Lokasi Taman Nasional Gunung Leuser ini berada di dua provinsi yang berbeda yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Luas area ini mencapai 1.094.692 hektare dan memiliki ketinggian 3.404 meter.

Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu kawasan perlindungan Flora dan Fauna di Sumatera Utara.

Baca Juga10 Restoran dan Makanan Terbaik di Medan yang Direkomendasikan

7. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar

10 tempat wisata di Sumatera Utara lainnya ada Danau Lau Kawar. Danau Lau Kawar merupakan salah satu danau di Sumatera Utara yang patut dikunjungi. Danau ini berada di ketinggian 2.451 mdpl.

Lokasi danau ini tepat berada di bawah kaki Gunung Sinabung, membuat Danau Lau Kawar memiliki air yang sangat jernih dan udara yang sejuk. Hanya butuh waktu 3 jam berkendara dari pusat kota medan kita sudah dapat menikmati keindahan Danau Lau Kawar ini.

Baca Juga10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik Tahun 2022

8. Bukit Lawang

Bukit Lawang

10 tempat wisata di Sumatera Utara terakhir yang bisa dikunjungi adalah Bukit Lawang. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Bukit Lawang merupakan pusat rehabilitasi Orangutan sejak 1973, dan teeki hingga mancanegara. Tempat ini memiliki banyak pesona alam, mulai dari flora dan faunanya. Perjalanan ke Bukit Lawang memakan waktu selama 2-3 jam perjalanan dari Kota Medan.

Baca Juga10 Restoran di Bali Terbaik yang Direkomendasikan

9. Pulau Nias

Pulau Nias

Pulau nias memiliki keindahan alam yang sangat memikat hati wisatawan. Pulau ini terletak di Kabupaten Nias Sumatera Utara.

Perjalanan yang harus ditempuh menuju Nias adalah selama 10-12 jam melalui jalur darat dari Medan ke Pelabuhan Sibolga, dari Pelabuhan Sibolga lanjut perjalanan menuju Nias dengan memakan waktu selama 12 jam.

Baca Juga5 Masker Rambut yang Direkomendasikan untuk Rambut Gatal dan Ketombe

10. Pantai Pandan

Pantai Pandan

Pantai Pandan terletak di Desa Pandan, Kecamatan Pandan, Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Pantai Pandan memiliki udara yang sejuk dan bersih, memiliki pemandangan alam yang indah berupa pegunungan, pasir pantai yang bersih, dan bentang alam yang memiliki panorama bukit-bukit kecil yang indah.

Di pantai ini pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti berkemah, berenang atau bermain air, bermain bananaboat, serta juga bisa menggunakan sampan untuk menikmati keindahan Pantai Pandan dari tengah laut.

Nah, itu tadi beberapa daftar destinasi wisata yang dapat dan wajib kalian kunjungi ketika berkunjung ke Sumatera Utara.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.