Bulan Ramadhan Dapat BPNT 2022, Begini Cara Cek Daftar Nama Penerima Bansos Sembako Rp 600 Ribu Bulan Ini

Begini Cara Cek Daftar Nama Penerima Bansos Sembako Rp 600 Ribu Bulan IniBulan Ramadhan hanya tinggal beberapa hari lagi, jika tidak ada perubahan awal Ramadhan tahun 2022 maka akan dilaksanakan satu Ramadhan pada tanggal 2 April 2022.

Bantuan pangan nontunai atau biasa disebut dengan BPNT diberikan kepada masyarakat miskin yang memenuhi persyaratan bantuan sembako sebesar Rp 2,4 juta.
Tentunya bagi masyarakat miskin, bantuan ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya masing-masing, terutama untuk kebutuhan pokok.

Dibulan Ramadhan, bantuan BPNT 2022 akan sangat membantu dalam hal memenuhi kebutuhan makan sahur dan puasa.

BPNT 2022 menargetkan 18,8 juta KPM (keluarga penerima manfaat), dengan masing-masing KPM mendapat bantuan sebesar Rp 2,4 juta/tahun.

Dalam jumlah nominal tahunan, KPM akan menerima Rp 200.000 per bulan yang dapat digunakan untuk membeli sembako dari e-warong.

Pada mekanisme penyaluran BPNT tahun sebelumnya, KPM mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Nantinya, kartu ini akan diisi ulang setiap bulan dengan saldo yang hanya dapat digunakan di e-warong.

Pemerintah, mekanisme penyaluran BPNT 2022, bekerja sama dengan PT Pos melalui Kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan sembako secara tunai.

Selain itu, BPNT 2022 akan dibayarkan dalam 3 bulan pada bulan Januari, Februari, dan Maret. Jadi bulan ini, Maret 2022 penerima BPNT sudah bisa membayar bantuan sembako berupa uang tunai senilai Rp 600.000 melalui kantor pos.

Untuk di bulan April yang bertepatan dengan Ramadhan masih belum ada informasi pasti mengenai penyaluran BPNT 2022. Jika mekanisme pendistribusiannya sama dengan bulan ini, KPM akan menerima BPNT 2022 secara tunai melalui kantor pos juga.

Namun, jika BPNT 2022 kembali ke mekanisme awal pada April, KPM akan mendapat dukungan berimbang melalui KKS. Buat anda yang belum tahu kalau nama anda sudah terdaftar sebagai penerima BPNT 2022, cek nama dengan membuka link Cekbansos.Kemensos.go.id pada chrome ponsel kamu.

Penerima BPNT 2022 dapat di cek dengan HP atau laptop yang pastinya terhubung dengan koneksi internet.

Dibawah ini cara cek nama penerima BPNT 2022 pada ponsel :

  • Masukkan link Cekbansos.Kemensos.go.id di Google Chrome atau Safari pada ponsel anda.
  • Mengisi alamat dengan cara memilih provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa anda.
  • ¬†Mengisi nama sesuai dengan KTP.
  • Masukkan kode verifikasi atau captcha yang diminta. Jika tidak dapat dibaca, segarkan kolom kode autentikasi.
  • Klik Ambil Data/Cari Data.
  • Jika kamu terdaftar sebagai penerima BPNT, akan muncul data (nama dan alamat) kamu beserta status pas bantuan sembako kamu.

Jika nama Anda lolos BPNT 2022 dan belum membayar bantuan sembako berupa Rp 600.000, Anda mungkin berhak mendapatkan bantuan pemerintah yaitu dengan melakukan pembayaran melalui kantor pos segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published.