Berbagai Manfaat Berinvestasi yang Harus Anda Ketahui

AMPMORI.COM – Berbagai manfaat berinvestasi yang harus anda ketahui. Fungsi investasi tidak sebatas mengalikan uang, ada berbagai fitur atau manfaat berinvestasi yang harus Anda ketahui. Masyarakat Indonesia kini mulai melihat dunia investasi dan mulai tertarik.

Namun apa sebenarnya arti dari investasi itu sendiri dan apa fungsinya? Dalam artikel ini, Ampmori memberikan informasi lengkap mengenai investasi penting yang perlu Anda ketahui dalam perencanaan keuangan Anda untuk masa depan.

Apa itu Investasi?

Banyak orang masih memiliki konsep investasi yang salah. Mirip dengan menabung, tetapi investasi lebih fokus pada investasi. Singkatnya, berinvestasi adalah cara melipatgandakan uang atau aset yang Anda miliki dengan mengubahnya menjadi modal.

Di sisi lain, analogi konsep tabungan, Anda hanya perlu menyimpan uang di bank dan menerima persentase bunga tertentu sesuai peraturan. Ketika datang untuk berinvestasi, modal yang diinvestasikan meningkat, tetapi Anda mungkin juga menderita kerugian.

Hal ini karena ada berbagai faktor yang dipengaruhi oleh situasi ekonomi negara atau di mana modal diinvestasikan. Secara garis besar Investasi dibagi menjadi dua bagian yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Baca Juga :  5 Tips Investasi Barang Antik untuk Masa Depan

Bergantung pada tujuan keuangan individu, investasi jangka pendek dapat menghasilkan keuntungan jangka pendek, dan sebaliknya, investasi jangka panjang dapat memakan waktu setidaknya tiga hingga beberapa dekade.

Apa Saja Fungsi Investasi?

Selanjutnya, ada 5 fitur investasi yang perlu Anda ketahui.

1. Pendapatan Meningkat

Fungsi pertama dari investasi adalah untuk meningkatkan pendapatan Anda. Berinvestasi bisa menjadi sarana penghasilan pasif. Ini berarti Anda masih bisa menghasilkan uang bahkan jika Anda tidak bekerja.

Penghasilan pasif ini akan sangat berguna di masa depan, terutama jika Anda perlu pensiun atau tidak memiliki penghasilan aktif lagi. Jadi semakin dini Anda mulai berinvestasi, semakin banyak yang bisa Anda peroleh hari ini, dan hasilnya akan terasa di masa depan.

2. Mencapai Kebebasan Finansial

Baca Juga :  Pengertian Cryptocurrency dan Perkembangannya di Indonesia

Baru-baru ini, kata ‘kebebasan finansial’ sedang populer di media sosial. Apa itu kebebasan finansial? Kebebasan finansial berarti seseorang telah memiliki cukup uang untuk diinvestasikan, ditabung, dan mendapatkan uang tunai untuk kehidupan sehari-hari tanpa harus bekerja. Kebebasan finansial juga dapat menunjukkan bahwa seseorang dapat membeli sesuatu tanpa harus berhutang atau mengajukan pinjaman.

3. Untuk Memprediksi Inflasi

Pergerakan inflasi sangat cepat dan tentu saja saya merasakan dampak inflasi yang nyata dalam kehidupan saya sehari-hari. Ketika inflasi terjadi, semua bahan baku makanan – kebutuhan sehari-hari, sayur-sayuran dan buah-buahan – meningkat.

Investasi dapat berfungsi untuk memprediksi inflasi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi saat menghadapi inflasi karena hasil yang Anda peroleh dari investasi Anda.

4. Membantu Pergerakan Ekonomi

Pergerakan ekonomi suatu negara dapat berkembang berkat adanya investasi. Karena Anda bisa berinvestasi di perusahaan yang menjadi sumber pendapatan negara.

Anda dapat berinvestasi dalam mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) dengan membeli saham di perusahaan besar atau dengan menggalang dana melalui P2P lending. Jadi, Anda tidak hanya menguntungkan diri sendiri, tetapi juga menguntungkan orang lain melalui investasi Anda.

Baca Juga :  Pengertian Tabungan Pensiun dan Pentingnya Tabungan Pensiun di Hari Tua

5. Memenuhi Kebutuhan Masa Depan

Fungsi terakhir dari sebuah investasi adalah untuk memenuhi kebutuhan masa depan. Kebutuhan yang dimaksud di sini antara lain biaya pernikahan, hari tua, dan biaya pendidikan anak.

Anda tentu mengerti bahwa ada batasan waktu bagi setiap orang untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan aktif. Oleh karena itu, investasi akan membantu Anda memenuhi segala kebutuhan masa depan Anda, terutama saat Anda memasuki masa pensiun.

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *