Cara Menghilangkan Goresan Mobil dengan Mudah

AMPMORI.com – Cara menghilangkan goresan mobil dengan mudah. Goresan pada cat mobil adalah hal yang wajar. Untuk beberapa alasan, seringkali cukup sulit untuk dicegah karena kita tidak menyadari seperti apa bentuknya.

Namun, jika nodanya tidak terlalu parah, Anda bisa menggunakan penghilang goresan mobil untuk mengobatinya sendiri.

Bagaimana memilih penghilang gores mobil

Memilih penghilang gores untuk menghilangkan noda pada mobil Anda, Anda tidak bisa asal-asalan. Pertimbangkan kedalaman goresan, jenis dan bentuk kompon (bahan dasar yang biasa digunakan dalam produk ini), ketersediaan produk selain kompon, serta alat dan bahan tambahan lainnya untuk meningkatkan hasil.

Pertama, periksa seberapa dalam goresannya

Cat otomotif terdiri dari tiga lapisan dari terdalam hingga terluar: primer, base color coat, dan clear coat. Berdasarkan ini, periksa seberapa dalam goresan pada mobil Anda. Ini karena kedalaman goresan menentukan apakah Anda dapat menangani goresan sendiri atau tidak.

Sebagian besar penghilang goresan dapat menghilangkan goresan halus pada lapisan bening tanpa masalah. Jika goresan mencapai lapisan warna dasar atau primer, diperlukan lebih banyak abrasif. Jika lebih dalam, yaitu, melalui lapisan primer, memperlihatkan panel logam bodi mobil, lebih baik untuk menanganinya dengan bantuan seorang profesional.

Memeriksa kedalaman goresan sangat sederhana. Cukup ukur dengan kuku Anda. Saat kuku mereda, goresannya relatif dalam (kasar). Jika tidak, hanya lapisan bening yang dapat tergores (kehalusan). Karena kedalamannya sering tidak cocok, pengukuran ini harus dilakukan sepanjang stroke. Sesuaikan aplikasi produk dengan mengubah kedalaman baret.

Baca Juga :  Ban Tubless Sering Kempis? Inilah Beberapa Penyebabnya

Jenis kompon mana yang lebih cocok : Polishing, Rubbing, atau Cutting?

Umumnya, bahan utama dalam produk penghilang goresan otomotif adalah senyawa. Senyawa adalah bahan abrasif yang menutupi goresan dengan mengikis lapisan cat dan meratakan permukaan.

Senyawa ini juga dapat menghilangkan oksidasi yang membuat cat terlihat kusam dengan mengikis permukaan lama, memperlihatkan permukaan yang masih mengkilap di bawahnya.

Senyawa dibagi menjadi tiga jenis: senyawa abrasif, gesekan dan pemotongan. Sesuaikan jenis kompon yang Anda gunakan dengan kedalaman goresan mobil Anda. Jika nodanya tidak terlalu dalam, jangan pilih yang terlalu kuat. Untuk menghindari pengenceran cat yang tidak perlu.

Kompon polish

Polishing Compound alias kompon pemoles adalah jenis kompon yang tidak terlalu abrasif. Jenis ini biasanya digunakan untuk noda yang tidak terlalu dalam. Senyawa ini juga berguna untuk menghilangkan oksidasi ringan yang membuat cat terlihat kusam.

Anda juga dapat mengoleskan pernis pada baret yang dalam atau menggunakannya sebagai pelapis setelah pemotongan agar hasilnya lebih bersinar.

Kompon rubbing

Dibandingkan dengan senyawa abrasif, senyawa gesekan memiliki sifat abrasif yang lebih tinggi. Produk ini digunakan untuk goresan yang dalam dan oksidasi yang parah. Senyawa gesekan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas transfer cat (cat dari benda lain yang menempel pada cat mobil kita karena kontak). Karena abrasivitasnya yang tinggi, penerapannya harus lebih hati-hati.

Baca Juga :  Cara Tune Up atau Servis Mobil yang Mudah, Kamu Bisa Melakukannya di Rumah Sendiri

Kompon cutting

Senyawa pemotong digunakan untuk menggambarkan senyawa yang lebih abrasif daripada senyawa gesekan. Jenis ini sangat ideal untuk digunakan dalam baret yang keras atau kondisi pengoksidasi.

Jika dua jenis kompon pertama tidak menghilangkan goresan pada mobil Anda, inilah alternatif terakhir. Kegagalan untuk melakukannya adalah tanda bahwa pengobatan harus diserahkan ke spesialis.

Pertimbangkan bentuk komponnya sesuai kemudahan, Cair atau Pasta?

Senyawa ini tersedia dalam dua bentuk: cair dan pasta. Dalam hal efisiensi, keduanya hampir identik. Satu-satunya perbedaan adalah kemudahan aplikasi. Senyawa pasta bekerja lebih baik jika Anda memiliki penggiling di rumah. Tetapi jika Anda tidak memilikinya, pilihlah senyawa cair yang sangat mudah diaplikasikan dengan tangan.

Selain kompon, alternatif non-abrasif juga dapat dipertimbangkan

Senyawa adalah bahan abrasif yang mengikis lapisan cat untuk menutupi goresan. Dengan kata lain, tidak boleh sering digunakan agar lapisan cat mobil tidak tipis. Noda kecil yang tidak mengiritasi mata sebenarnya lebih baik dibiarkan saja. Tetapi jika Anda benar-benar tidak menyukainya, Anda dapat mencoba pengikis mobil non-abrasif.

Misalnya, stretch repair kit yang banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Atau sentuhan pena yang langsung mengolesi goresan. Wax yang biasanya digunakan untuk pelapis permukaan dapat menyembunyikan noda tipis tanpa menghilangkannya.

Baca Juga :  Menabung di Rumah Bisa Bikin Keuanganmu Aman

Efektivitas produk non-abrasif tentu tidak setara dengan senyawa. Terkadang tidak berhasil sama sekali. Tapi bukan ide yang buruk untuk mencoba produk seperti ini terlebih dahulu sebelum mensintesis. Toh, tidak ada dampak negatif dan harganya relatif murah.

Sisihkan dana lebih untuk menyempurnakan hasil

Menggunakan penghilang goresan saja tidak cukup untuk membuatnya bekerja semulus baru. Oleh karena itu, Anda harus menyisihkan anggaran untuk membeli beberapa alat dan produk tambahan yang akan meningkatkan hasil perbaikan Anda.

Jika Anda ingin mengoleskan kompon pada goresan pada permukaan cat mobil, Anda perlu membeli alas aplikasi. Jika anggaran Anda terlalu tinggi dan Anda menginginkan hasil kerja yang maksimal, Anda juga dapat membeli gerinda putar atau gerinda aksi ganda.

Anda juga memerlukan kain atau handuk mikrofiber untuk menyeka selama proses ini. Setelah aplikasi kompon selesai, pernis, lilin, atau glasir (hanya salah satunya) dapat ditambahkan untuk memberikan perlindungan tambahan sekaligus membuat permukaan cat mengkilat.

Untuk pembahasan tentang Otomotif, kamu bisa baca lebih lanjut disini : pikiranpositif.com

Dapatkan juga update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *