Manfaat Menabung untuk Sekarang dan Masa Depan

AMPMORI.com – Manfaat menabung untuk sekarang dan masa depan. Banyak pro kontra mengenai tingkat pemahaman produk investasi yang dijadikan pilihan untuk menabung.

Ini karena sepintas metodenya sama, tetapi pada kenyataannya menabung dan berinvestasi adalah dua hal yang berbeda. Dengan kata lain, Anda mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dan itu menjadi bukit seiring waktu.

Tabungan VS Investasi

Menabung dan berinvestasi sebenarnya bisa memberikan manfaat yang hampir sama dengan menabung. Namun dalam jangka pendek, menabung lebih efektif. Jika Anda memilih untuk berinvestasi, semakin panjang jangka waktunya, semakin banyak keuntungan yang akan Anda terima.

Dalam definisi itu sendiri, ada perbedaan yang jelas antara arti menabung dan investasi. Menabung hanyalah kegiatan menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda.

Invest berarti menginvestasikan sejumlah uang dalam suatu produk yang perkembangan nilainya diharapkan di masa depan. Karena pemahaman tersebut, terdapat berbagai perbedaan antara menabung dan berinvestasi yang sangat penting serta manfaat dari menabung.

1. Fleksibilitas

Aktivitas menabung tidak perlu khawatir dengan proses penarikan dana jika tiba-tiba membutuhkan. Kegiatan menabung sangat fleksibel, Kamu bisa menyimpan uang kapan saja serta menggunakannya kapan saja tanpa terkendala waktu.

Beberapa produk investasi sebenarnya memiliki fleksibilitas yang serupa. Namun, ada banyak produk investasi yang menggunakan attachment. Ini berarti Anda harus menempatkan dana Anda dengan cara ini selama periode waktu tertentu. Penagihan juga harus mengikuti kontrak yang telah ditetapkan. Contoh produk investasi yang kurang fleksibel antara lain deposito, obligasi, dan asuransi.

2. Imbal Hasil

Anda dapat melakukan ini dengan meletakkan celengan di celengan atau celengan. Anda akan merasakan lebih banyak manfaat dari tabungan Anda jika Anda menyimpannya di bank karena Anda memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan atau bunga.

Baca Juga :  Pengertian serta Jenis-Jenis Bunga Anuitas yang Harus Diketahui

Namun, keuntungan yang bisa Anda peroleh dari menabung di bank relatif kecil dibandingkan dengan berinvestasi. Berbagai jenis produk investasi biasanya menawarkan pengembalian berkali-kali lebih tinggi daripada tabungan biasa dari bank.

3. Tingkat resiko

Menabung dan berinvestasi juga memiliki tingkat risiko yang berbeda. Perbedaannya sangat kontras dengan pendapatan dari dua kegiatan penggalangan dana ini.

Tingkat risiko dalam menabung biasanya lebih kecil. Saat berinvestasi, Anda harus bersiap untuk tingkat risiko yang lebih besar terkait dengan penurunan nilai dana Anda atau risiko kehilangan uang yang disimpan dalam produk investasi Anda.

Hanya ada dua pilihan dalam hal menabung. Menyimpan uang di rumah atau menyimpan tabungan Anda di rekening bank. Berinvestasi berbeda. Banyak sekali produk investasi yang bisa Anda dipilih.

Jika Anda mencari investasi dengan tingkat risiko yang lebih terukur dan fleksibilitas yang lebih besar, Anda dapat memilih emas atau reksa dana. Jika Anda berani mengambil risiko yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Anda bisa menuangkan uang Anda ke komoditas saham.

Jika Anda mau keuntungan besar tapi tidak mau bertaruh pada risiko tinggi, maka Anda harus mendapatkan asuransi unitlink.

Manfaat Menabung Jangka Pendek

Janganlah mengira khasiat menabung cuma sebatas mengembangkan dana, baik itu tabungan tradisional ataupun model investasi. Sementara itu, dalam jangka pendek, terdapat banyak manfaat menabung.

1. Mahir dalam Pengelolaan Uang

Tabungan memberi Anda kesempatan untuk mengelola uang yang Anda miliki dengan lebih baik. Sekecil apapun penghasilan Anda, menabung secara rutin dapat menyisihkan sebagian uang agar tidak digunakan untuk berbagai kebutuhan dan keinginan.

2. Lebih Disiplin

Pernahkah Anda berpikir bahwa menabung bisa berdampak positif pada kepribadian Anda? Padahal, Anda bisa menjadi orang yang lebih disiplin jika menabung secara rutin. Hal ini dikarenakan Anda perlu menyisihkan sebagian dana dari penghasilan Anda agar tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga :  Pahami Contoh Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

3. Belajar Hemat

Semakin terbatas penghasilan yang Anda sisihkan untuk ditabung, semakin praktis Anda bisa belajar berhemat. Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang Anda inginkan dan butuhkan. Anda dapat membuat skala prioritas untuk memprioritaskan pengeluaran Anda dan menyisihkan dana yang perlu Anda keluarkan berdasarkan kebutuhan Anda. Anda juga bisa lebih hemat.

4. Miliki Dana Cadangan

Tidak ada yang tahu masa depan. Manfaat menabung adalah Anda dapat mengantisipasi masalah keuangan di masa depan dalam jangka pendek. Dengan menabung, bisa memiliki dana cadangan yang dan juga dapat digunakan jika terjadi kebutuhan yang tidak terduga.

5. Pencegahan Hutang

Manfaat menabung sama pentingnya dengan melindungi dari utang. Hal ini berkaitan dengan manfaat tabungan yang menyediakan dana cadangan. Tidak perlu meminjam uang jika perlu memenuhi kebutuhan tak terduga dengan dana cadangan yang Anda miliki.

6. Perlindungan Aset

Jika Anda memiliki tabungan, Anda tidak perlu menjual atau menggadaikan harta benda Anda untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga. Anda dapat menggunakan tabungan Anda untuk menutupi kebutuhan tersebut. Aset Anda akan lebih aman dan Anda akan memiliki lebih banyak likuiditas keuangan.

Manfaat Tabungan Jangka Panjang

Anda bisa merasakan manfaat tabungan jangka panjang dengan memasukkan tabungan Anda ke dalam produk investasi. Jika Anda hanya menginvestasikan uang Anda pada produk tabungan tradisional, Anda justru akan merasakan kerugian dalam jangka panjang.

Manfaat tabungan jangka panjang dari berinvestasi pada produk investasi yang tepat antara lain:

1. Terhindar dari Inflasi

Inflasi atau kenaikan harga barang atau jasa mengurangi nilai uang yang tersedia dari waktu ke waktu. Menyimpan uang dalam produk investasi biasanya melindungi Anda dari paparan inflasi karena laba atas investasi Anda lebih tinggi daripada tingkat inflasi tahunan rata-rata.

2. Pengembangan Nilai Uang

Jika satu juta rupiah yang diinvestasikan dalam sebuah produk investasi bernilai antara 2 hingga 3 juta rupiah dalam beberapa tahun ke depan, Anda pasti tidak akan menolak. Ya? Inilah keuntungan menabung pada produk investasi. Tentu saja, ada potensi untuk mengembangkan nilai uang yang akan menguntungkan Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Pembukuan Transaksi Keuangan Bisnis dengan Cepat

3. Penghasilan Pasif

Tabungan yang Anda investasikan sebenarnya bisa menjadi salah satu sumber pendapatan Anda di masa depan dalam jangka panjang. Bayangkan Anda tidak perlu bekerja keras untuk mendapatkan lebih banyak. Ini karena ada pendapatan pasif sebagai hasil dari peningkatan nilai uang dari investasi Anda.

4. Mencapai Tujuan Keuangan

Anda dapat menginvestasikan uang Anda dalam produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Jika Anda tidak ingin memikirkan biaya kesehatan di masa depan, produk asuransi kesehatan yang dilengkapi dengan unitlink bisa menjadi pilihan.

Jika Anda ingin membiayai pendidikan anak Anda, Anda bisa melakukan investasi yang lebih agresif, seperti saham atau reksa dana yang dipadukan dengan emas. Padahal, jika ingin mempersiapkan liburan, Anda bisa memilih produk investasi berupa tabungan atau obligasi.

5. Merdeka Keuangan

Kebebasan finansial dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana semua kebutuhan dapat terpenuhi tanpa harus bekerja lagi. Hal ini karena pengembangan dana investasi sudah dapat memenuhi semua persyaratan.

Orang yang Anda cintai juga akan ingin merasakan manfaat dari menabung. Ngomong-ngomong, pernahkah Anda berpikir untuk putus dengan orang yang Anda cintai ketika Anda sudah setengah jalan dalam proses menabung atau melakukan investasi baru, dan Anda masih belum merasakan manfaatnya?

Inilah mengapa produk asuransi jiwa sangat penting. Asuransi jiwa dapat menjadi investasi yang memastikan bahwa keluarga Anda dapat menjalani kehidupan yang layak ketika mereka tidak ada.

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : pikiranpositif.com

Dapatkan juga update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *