Cara Memilih Audio Splitter dan Fungsinya

AMPMORI.com – Cara memilih audio splitter dan fungsinya. Audio splitter adalah alat untuk membagikan suara gadget Anda ke dua atau lebih earphone. Alat ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan headphone dengan dua output ke laptop yang hanya memiliki satu input. Ada berbagai jenis splitter audio di pasaran, seperti model female to male, male to female, dan USB.

Fungsi audio splitter

Perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, dan komputer biasanya hanya memiliki satu port jack audio. Ini mencegah Anda membagikan musik dan acara favorit Anda dengan teman, keluarga, atau pasangan. Untuk mengatasi masalah ini, tambahkan splitter audio yang berfungsi untuk menghubungkan dua earphone ke gadget sekaligus tanpa mengorbankan kualitas suara.

Namun tidak terbatas pada berbagi musik saja dan sekarang audio splitter juga banyak digunakan oleh para youtuber, vlogger dan gamers. Alat ini dapat menghubungkan perangkat dengan dua jack audio ke perangkat dengan satu port audio. Pembagi audio dapat dilampirkan ke ponsel, tablet, laptop, komputer, speaker, kamera, dan dipasang ke mikrofon.

Cara memilih audio splitter

Karena begitu banyak jenis dan model yang berbeda, Anda perlu berhati-hati saat memilih splitter audio. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan produk yang tepat.

Identifikasi jenis pemisah berdasarkan Audio Jack

Tergantung pada jack audio, splitter audio terbagi dalam dua kategori: pria ke wanita dan wanita ke pria. Mau tahu apa perbedaan keduanya? Simak uraian singkatnya di bawah ini!

Baca Juga :  7 Cara Menghemat Kuota Internet Paling Ampuh

Male ke Female : Untuk menghubungkan dua perangkat ke satu gadget

Pembagi audio ini terdiri dari 1 colokan colokan (laki-laki) dan 2 colokan colokan (perempuan). Anda dapat menemukan jenis audio splitter yang outputnya berupa audio dan audio atau audio dan mikrofon.

Pembagi dengan output audio dan audio digunakan untuk berbagi suara gadget. Misalnya, Anda dapat menghubungkan dua earphone ke ponsel Anda atau menghubungkan speaker mini untuk mendengarkan musik.

Di sisi lain, splitter dengan output audio dan mikrofon memungkinkan Anda mendengar dan merekam suara. Ini dapat digunakan untuk menghubungkan earphone eksternal dan mikrofon ke ponsel, tablet, atau laptop Anda secara bersamaan.

Female to Male : khusus untuk perangkat komputer

Berbeda dengan tipe sebelumnya, audio splitter male-female ini dilengkapi dengan 2 colokan colokan dan 1 colokan port. Splitter jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan headset atau earphone dengan microphone ke CPU komputer. Misalnya, Anda dapat menyambungkan headset game yang hanya memiliki satu colokan colokan ke komputer.

Untuk komputer atau laptop, pertimbangkan audio splitter model USB

Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan splitter audio biasa untuk menghubungkan earphone ke laptop atau komputer Anda. Namun bagaimana jika port audio atau jack port laptop Anda rusak dan tidak dapat digunakan? Untuk mengatasi masalah ini, gunakan pembagi audio dengan ujung atau colokan USB.

Baca Juga :  Software EPC (Engineering, Procurement, Construction) untuk Konstruksi

Jenis splitter ini biasanya memiliki tombol khusus yang ditambahkan, seperti tombol on dan kontrol volume. Anda juga dapat menemukan produk yang dilengkapi dengan efek suara dan lampu tambahan.

Pilih berdasarkan bentuk

Selain jenis audio output jack, Anda juga dapat memilih splitter audio sesuai dengan bentuknya. Kali ini kami mengelompokkan pemisah audio menjadi dua kategori: kabel dan nirkabel.

Nirkabel : Ringkas dan tidak akan terlilit

Bentuk dari audio splitter ini terlihat lebih kompak karena tidak ditemukan kabel yang terpilin. Ada berbagai bentuk splitter audio nirkabel seperti U, V dan bentuk persegi di pasar Indonesia.

Karena ukurannya yang kecil, Anda dapat membiarkan splitter menempel pada ponsel Anda dan memasukkannya ke dalam saku atau tas Anda. Namun, berhati-hatilah agar tidak menekan splitter dan merusak port audio ponsel.

Dengan kabel : Fleksibilitas dan jangkauan yang lebih luas

Juga dikenal sebagai splitter audio berbentuk Y, splitter ini adalah salah satu yang paling mudah ditemukan di pasaran. Karena dilengkapi dengan kabel, splitter audio jenis ini lebih fleksibel dan memiliki jangkauan gerak yang lebih luas. Sayangnya, menarik atau menggulung kabel terlalu keras dapat merusak splitter dengan cepat. Untuk menghindarinya, pilih produk dengan modul bergerak dan fungsi anti kusut.

Baca Juga :  Berikut Spesifikasi dan Harga Hp OPPO A1K Terbaru

Periksa model audio jack nya

Soket audio atau soket colokan tersedia dalam berbagai ukuran. Yang biasa digunakan untuk earphone dan microphone adalah yang berukuran 3.5mm. Nah, ukuran jack audio ini biasa digunakan untuk audio splitter. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua jack audio cocok atau akan kompatibel dengan gadget yang Anda gunakan? Ada dua model jack audio yang biasa ditemukan pada splitter audio: TRS dan TRRS.

  • TRS (Tip, Ring, Sleeve)

Model jack audio ini memiliki 2 ring (kabel hitam) dan 3 pin (tiang). Soket audio ini dapat membawa tiga sinyal: kanan, kiri, dan ground. Model jack audio TRS dapat digunakan dengan headphone, mikrofon, kamera, komputer, dan speaker stereo.

  • TRRS (Tip, Ring, Ring, Sleeve)

Jack TRRS terdiri dari 3 ring (garis hitam) dan 4 pin (tiang). Model jack audio ini membawa sinyal kanan, kiri, ground, dan mikrofon. Jenis ini kompatibel dengan ponsel, tablet, dan laptop untuk menghubungkan earphone, headphone, dan headset yang dilengkapi dengan mikrofon.

Untuk pembahasan tentang Teknologi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *