Manfaat Perencanaan Keuangan Pribadi Agar Lebih Bagus

AMPMORI.com – Manfaat perencanaan keuangan pribadi agar lebih bagus. Masalah ekonomi dan keuangan adalah hal yang paling penting bagi seseorang. Apakah manfaat Anda pernah kedaluwarsa sebelum tanggal sebelumnya? Atau pengalaman ambiguitas pengeluaran yang meningkat?

Hal ini dapat disebabkan oleh perencanaan keuangan pribadi yang buruk. Padahal, perencanaan itu sangat penting. Setidaknya ada manfaat dari rencana keuangan yang perlu Anda ketahui agar lebih bugar.

Mengetahui Tujuan Keuangan Pribadi 

Rencana keuangan pribadi sebenarnya memiliki banyak manfaat. Pada dasarnya, manfaat ini termasuk mengetahui seperti apa posisi dan status keuangan Anda selama periode waktu tertentu. Dengan begitu akan lebih mudah untuk merancang alokasi keuangan Anda.

Tidak hanya itu, rencana keuangan pribadi akan menunjukkan kepada Anda betapa terbatasnya Anda saat menggunakan kemampuan menabung Anda.

Di sisi lain, jika Anda memiliki bisnis, cara ini juga dapat menjadi dasar pengelolaan arus kas yang lebih baik dan anggaran uang pribadi Anda tidak tercampur dengan anggaran bisnis atau bisnis Anda.

Ketahui Kemana Uang Dialokasikan

Untuk mengalokasikan pendapatan atau pendapatan ke jumlah yang diperlukan, Anda memerlukan rencana keuangan pribadi. Ini penting jika Anda masih dalam situasi ekonomi normal. Misalnya, Anda memiliki keluarga baru yang membutuhkan anggaran besar untuk sandang, pangan, papan, dan tabungan.

Baca Juga :  Jenis dan Perbedaan Pinjaman Syariah dengan Pinjaman Konvensional

Dalam rencana keuangan Anda, Anda dapat menerapkan metode 50/30/20 untuk menghitung anggaran keuangan yang dialokasikan sesuai kebutuhan. Formula ini diperkenalkan oleh Elizabeth Warren dalam bukunya All You Worth: Ultimate Lifetime Money.

Perhitungan alokasi keuangan adalah 50% dari pendapatan Anda yang dapat Anda anggarkan untuk pengeluaran penting seperti biaya hidup.

Sisanya 30% dapat digunakan untuk keperluan lain seperti renovasi, pakaian, dan lainnya. Sisanya 20% kemudian dapat digunakan untuk menabung atau berinvestasi. Bahkan bisa diatur ulang sesuai kebutuhan, misalnya 30% untuk tabungan dan 20% untuk kebutuhan tambahan.

Masa Depan Lebih Terjamin

Rencana keuangan pribadi juga dapat membantu Anda mencapai tujuan dan membuat masa depan Anda lebih aman. Pada umumnya, orang tanpa perencanaan keuangan yang matang akan lepas kendali dan cenderung boros. Jadi saya bingung apa cita-cita dan cita-citanya.

Baca Juga :  Cara Mengelola Keuangan Pribadi yang Benar

Misalnya, anggaran untuk pendidikan anak di masa depan, anggaran darurat untuk hari tua, dll. Sehingga manfaat dari rencana keuangan ini dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.

Selain membuat masa depan keluarga Anda lebih aman, ternyata dapat melindungi kebutuhan anggota keluarga Anda, terutama masalah keuangan mereka.

Tidak Perlu Khawatir Jika Ada Keperluan Mendadak

Hidup selalu memiliki kebutuhan yang tidak terduga. Tidak jarang tiba-tiba membutuhkan sesuatu dan menghabiskan banyak uang. Misalnya, saat Anda sedang sakit atau harus tiba-tiba memperbaiki barang yang rusak.

Di sini Anda bisa merasakan manfaat dari perencanaan keuangan. Anda juga dapat lebih siap untuk keadaan darurat ini. Melakukannya dapat membantu Anda menghindari hutang.

Apalagi ketika kondisi panik membutuhkan uang dalam jumlah besar dalam waktu singkat, mereka seringkali harus membayar suku bunga tinggi kepada pemberi pinjaman.

Bagaimana Cara Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi?

Ketika datang untuk membuat rencana keuangan pribadi yang baik, itu tidak dapat dilakukan secara kebetulan. Ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan.

Tujuannya agar semua rencana tersebut berjalan sesuai rencana dan dapat digunakan secara efektif. Sebagai landasan perencanaan keuangan yang baik, setidaknya Anda harus memenuhi aspek-aspek berikut:

  • Itu harus realistis dan sesuai dengan penghasilan dan kondisi hidup Anda. Misalnya, membeli mobil setahun sekali untuk orang yang baru memulai tidaklah realistis.
  • Rencana keuangan Anda harus spesifik dan terukur. Dalam hal ini, Anda perlu tahu berapa banyak yang Anda butuhkan. Pikirkan juga tentang bagaimana menganggarkan dana ini.
  • Tetapkan target waktu untuk mengevaluasi kemajuan rencana keuangan Anda untuk mendapatkan manfaat terbaik.
  • Hentikan hutang dan mulailah mencari investasi atau pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk membangun rencana keuangan pribadi Anda.
Baca Juga :  4 Tips Persiapan Rencana Keuangan untuk Orang Tua Baru

Itulah cara perencanaan keuangan pribadi dan manfaat perencanaan keuangan untuk kehidupan yang lebih baik.

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *