Cara Mengatur Keuangan untuk Generasi Sandwich

AMPMORI.com – Bagaimana cara mengatur keuangan generasi sandwich? Generasi sandwich adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang “terhimpit” di antara dua generasi. Disebut “terhimpit” karena harus menghidupi diri sendiri dan orang tua.

Kondisi ini bisa lebih rumit jika Anda telah membuat keluarga sendiri. Otomatis, lebih banyak beban yang dipikul. Mendukung kehidupan keluarga Anda sendiri dan kehidupan orang tua Anda bukanlah hal yang mudah.

Anda memerlukan rencana keuangan yang baik untuk memenuhi semua kebutuhan Anda. Untuk membantu Anda, berikut ulasan tentang cara mengelola keuangan Anda untuk Generasi Sandwich.

Hitung Jumlah Aset dan Hutang yang Dimiliki 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghitung jumlah aset dan kewajiban yang Anda miliki. Rencana keuangan Anda tidak akan akurat tanpa mengetahui apa yang Anda miliki dan kewajiban apa yang harus Anda bayar.

Pertama, catat semua aset yang Anda miliki dan milik orang tua Anda. Kelompokkan mereka ke dalam kategori yang berbeda. Cara termudah adalah mengelompokkan aset berdasarkan jenisnya: aset lancar (gaji, investasi jangka pendek) dan aset tetap (tanah, rumah).

Selain menghitung aset Anda, jangan lupa untuk menghitung kewajiban Anda juga. Mengetahui jumlah hutang Anda memberi Anda jumlah aset Anda yang sebenarnya. Metode ini juga membantu mengatur item pengeluaran dengan lebih mudah.

Siapkan Pos Pengeluaran Khusus untuk Orang Tua

Jika demikian, tulislah pos pengeluaran. Selain menghitung pos berdasarkan kebutuhan pribadi Anda di pos ini, jangan lupa juga untuk menyediakan pos pengeluaran khusus untuk orang tua.

Bagaimana saya mengetahui jumlah pengeluaran khusus untuk orang tua saya? Bicaralah dengan orang tua Anda. Jika Anda sudah menikah, jangan lupa ajak pasangan Anda untuk berdiskusi.

Dengan begitu tidak ada pihak yang merasa berprasangka. Ada baiknya Anda menjadikan pengeluaran ini sebagai rutinitas setiap bulan. Dengan begitu perkiraan biaya bulanan Anda bisa lebih akurat.

Tingkatkan Porsi Dana Darurat

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat sebagai sarana untuk mengatur keuangan generasi sandwich. Besarnya dana darurat yang perlu dibangun oleh generasi Sandwich jelas lebih besar, mengingat semakin banyak orang yang harus memikul dan membutuhkan lebih banyak.

Misalnya, Anda harus mempersiapkan biaya perawatan dan pengobatan anak. Jika Anda memiliki saudara yang masih bersekolah, Anda juga perlu menyiapkan biaya tambahan yang terkadang tidak menentu.

Oleh karena itu, proporsi subsidi darurat bencana harus ditingkatkan. Anda dapat memangkas pengeluaran yang tidak perlu sehingga jumlah dana darurat Anda dapat memenuhi semua kebutuhan yang tidak terduga.

Pastikan Memiliki Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Selain dana darurat, ada baiknya juga membeli asuransi jiwa atau kesehatan. Asuransi adalah upaya untuk meminimalkan risiko di masa depan, seperti orang tua jatuh sakit.

Terkadang asuransi Anda mungkin tidak dapat menutupi semua pengeluaran Anda, tetapi setidaknya Anda dapat mengurangi pengeluaran Anda.

Ada banyak rencana asuransi kesehatan yang menawarkan premi rendah, terutama sekarang. Salah satu contohnya adalah jaminan kesehatan BPJS dari pemerintah.

Tabungan Pensiun untuk Diri Sendiri

Generasi sandwich jelas bukan sesuatu yang harus diwariskan kepada anak cucu. Namun, fenomena ini akan memberikan seseorang kesulitan keuangan. Untuk melakukan itu, putuskan rantai generasi sandwich bila memungkinkan. Biarkan pusaran air menghentikan Anda.

Cara paling efektif untuk mengelola keuangan Anda dan memutus rantai generasi sandwich adalah dengan mempersiapkan pensiun Anda sebanyak mungkin.

Dengan pesangon yang memadai, Anda tidak perlu lagi bergantung pada keturunan Anda ketika Anda pensiun. Jadi walaupun sudah tidak produktif lagi, Anda memiliki dana sendiri untuk menunjang kebutuhan pribadi Anda.

Terus Tingkatkan Jumlah Tabungan Seiring Meningkatnya Pendapatan

Untuk menjadi generasi sandwich, Anda harus selalu waspada, terutama dalam hal keuangan. Meningkatkan penghasilan Anda tidak berarti mengabaikan rencana keuangan Anda. Sebaliknya, jika penghasilan Anda naik, Anda perlu berlatih lebih banyak.

Kenaikan pendapatan tidak sama dengan kenaikan biaya. Ketika pendapatan Anda meningkat, Anda harus meningkatkan tabungan Anda daripada meningkatkan pengeluaran Anda. Dengan begitu, Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam mempersiapkan uang darurat dan pesangon Anda.

Menjadi bagian dari generasi sandwich bukanlah hal yang mudah. Tapi bukan berarti tidak ada jalan keluarnya. Kami harap tips tentang cara mengatur keuangan Anda untuk generasi sandwich ini bermanfaat. semoga berhasil!

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.