Menabung di Rumah Bisa Bikin Keuanganmu Aman

AMPMORI.com – Menabung di rumah bisa bikin keuanganmu aman. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah hemat. Sejak kecil, kita telah dihadapkan pada berbagai metode menabung. Salah satunya adalah cara menabung di rumah.

Berikut lanjutan artikel dari Cara Menabung di Rumah yang Praktis, Cepat dan Efektif

Lakukan berbelanja Kebutuhan Rumah Secara Mingguan

Selain membuat rencana memasak, Anda juga bisa menghemat uang dengan berbelanja kebutuhan di rumah setiap minggunya. Dengan begitu, kebutuhan rumah tangga Anda akan lebih terukur dan hemat. Jangan tiba-tiba membeli kebutuhan. Biayanya mungkin lebih dari yang direncanakan.

Tekan Biaya Bulanan Semaksimal Mungkin

Di setiap akhir bulan, cobalah untuk merangkum dan menghargai semua pengeluaran Anda. Karena dengan begitu Anda dapat melihat item biaya mana yang paling mahal.

Setelah itu, Anda bisa mengatur strategi pembelanjaan Anda di postingan bulan depan. Kami menyarankan Anda untuk menjaga pengeluaran bulanan Anda serendah mungkin sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak lagi.

Prioritaskan Membayar Kebutuhan Rutin Setelah Gajian

Siapa yang heboh saat gajian tiba? Tapi jangan terlalu senang, sadarlah dan segera periksa semua yang ada di keranjang Anda. OKE! Prioritas harus diberikan untuk melunasi kebutuhan sehari-hari dan hutang segera setelah hari gajian. Kemudian sisihkan untuk tabungan kemudian gunakan untuk belanja atau hiburan.

Simpan Uang Dalam Amplop

Menyimpan uang dalam amplop sudah ada sejak lama. Metode penghematan ini dianggap ketinggalan zaman. Namun, ternyata menyimpan uang di dalam amplop adalah cara yang efektif untuk menabung di rumah.

Menyimpan uang dalam amplop sangat efisien dan mudah dilakukan. Dapat dipisahkan menjadi beberapa amplop untuk menyimpan beberapa kegunaan sekaligus. Misalnya, amplop tabungan khusus untuk tiket liburan, amplop khusus untuk tabungan perbaikan rumah, dan lainnya.

Jika Sulit Menabung, Gunakan Celengan yang Sulit Dibuka

Jika Anda sering tergoda untuk membelanjakan uang untuk tabungan, sebaiknya coba menabung di rumah agar tidak menghabiskan uang dengan cara ini.

Saat menabung, gunakan celengan yang sulit dibuka. Dengan cara ini, Anda tidak akan dapat membukanya suatu hari nanti ketika Anda tergoda untuk menggunakan tabungan Anda.

Catat Pendapatan dan Pengeluaran dengan Aplikasi Handphone

Di masa lalu, Anda mungkin menggunakan buku besar untuk mencatat semua pengeluaran dan pendapatan Anda. Cara ini terkadang dianggap kurang efektif dalam hal pencatatan pendapatan atau pengeluaran karena tidak praktis dan cepat.

Namun, saat ini sudah banyak aplikasi handphone yang bisa Anda gunakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda sehari-hari. Hal ini memungkinkan Anda untuk merekam semua aktivitas keuangan Anda kapan saja, di mana saja.

Jika Anda sedang menabung saat menjalankan usaha atau bisnis, pastikan semua aliran keuangan, termasuk modal dan pinjaman usaha, juga tercatat dengan baik. Tabungan pribadi dapat dipisahkan dari tabungan bisnis untuk keamanan tambahan.

Secara khusus, buat akun baru untuk memasukkan modal bisnis Anda. Jika bisnis Anda sudah menghasilkan pendapatan bersih, buat akun bisnis kedua untuk menghemat pendapatan bersih Anda.

Rekening usaha pertama yang berisi modal usaha berisi dana operasional, dan jumlahnya harus selalu tetap. Nominalnya disesuaikan dengan anggaran operasional bulanan. Akun bisnis kedua adalah akun dengan pendapatan bersih, tetapi dana di akun kedua digunakan untuk tujuan selain operasi.

Salah satu contoh kemampuan untuk mengoptimalkan dana di akun pendapatan adalah Anda dapat mengambil dana dari akun pendapatan Anda saat Anda membutuhkannya untuk mengembangkan bisnis Anda atau menambah barang produksi.

Pencatatan yang baik dapat mempermudah mendapatkan pinjaman usaha. Nantinya, dana dari pinjaman ini bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Misalnya, Anda ingin membeli peralatan produksi baru, menambah staf, dan membayar promosi.

Berinvestasi Pada Barang yang Tidak Terdepresiasi Nilainya

Cara menghemat uang selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan berinvestasi pada produk yang tidak mengalami depresiasi.

Sederhananya, barang yang Anda simpan memiliki nilai atau harga yang tidak mengalami penurunan. Beberapa barang yang bisa dijadikan tabungan antara lain tas merek klasik seperti tas flap klasik Chanel atau Hermes Birkin, jam tangan atau karya seni.

Tutup Uang Mendesak Sesuai Kemampuan

Agar lebih hemat dengan tabungan Anda, Anda perlu segera menutupi utang mendesak Anda sesuai kemampuan Anda. Misalnya, saat ini Anda memiliki utang berupa KPR Rp5 juta per bulan, tingkat bunga 11% per tahun, dan jangka waktu 15 tahun. Maka Anda kini memiliki utang kartu kredit sebesar Rp3 juta, bunga 2% per bulan atau 24% per tahun dan jangka waktu 6 bulan.

Dalam hal ini, Anda perlu memeriksa ulang berapa banyak uang tunai yang Anda miliki. Selanjutnya, kedua jenis utang tersebut dibandingkan dan diprioritaskan.

Dalam hal ini, Anda harus memprioritaskan utang Anda untuk dilunasi terlebih dahulu, karena utang kartu kredit Anda yang membayar bunga 24% per tahun pasti lebih memberatkan.

Hindari Kebiasaan Buruk yang Memboroskan

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan menabung Anda, salah satunya adalah kebiasaan Anda. Untuk menghemat lebih efisien dan mencapai tujuan keuangan Anda lebih cepat, Anda perlu menghindari kebiasaan buruk yang mengarah pada pemborosan. Misalnya, hindari membeli saat Anda sedang emosi dan hindari membeli hanya karena Anda tergoda dengan tanda diskon.

Mencari Penghasilan Tambahan

Tentu saja, di era digital ini, ada banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penghasilan Anda. Kemudian, tentu saja, Anda dapat menghemat uang ekstra itu dengan menyimpannya.

Anda bisa mendapatkan uang tambahan dengan menjadi tenaga penjual, reseller produk, atau freelancer di berbagai profesi. Anda bisa mulai mendapatkan uang tambahan dengan mengecek berbagai lowongan freelance melalui platform pertukaran freelance seperti Sribulancer, projects.co.id atau UpWork.

Miliki Asuransi dengan Premi yang Wajar untuk Menghindari Risiko yang Tidak Terduga

Untuk menghindari pengeluaran tak terduga yang dapat menghambat arus kas dan tabungan Anda, sebaiknya beli asuransi dengan premi rendah. Aplikasi Qoala kini memberikan kemudahan dalam memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Di aplikasi Qoala, Anda dapat membeli berbagai macam asuransi, mulai dari asuransi jiwa murni hingga asuransi mobil hingga asuransi kerusakan ponsel. Mendapatkan asuransi yang tepat juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menghemat uang di rumah.

Tetapkan Niat untuk Konsisten dan Disiplin dalam Menabung

Selanjutnya, cara terbaik untuk menghemat uang di rumah adalah memutuskan untuk tetap menabung. Pasalnya, inilah satu-satunya cara untuk mencapai tujuan finansial Anda saat menabung.

Sebagai langkah awal, Anda bisa memulai kebiasaan menabung dengan cara yang paling mudah dan praktis dan terus melakukannya. Juga, mulailah kebiasaan menabung secara perlahan.

Misalnya, di bulan pertama, Anda mulai mencatat semua pengeluaran Anda di aplikasi keuangan Anda melalui telepon Anda. Kemudian bulan berikutnya memulai tabung perubahan yang biasanya terbuang sia-sia. Mulailah menabung segera setelah Anda menerima gaji bulan depan.

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.