Cara Menabung di Rumah yang Praktis, Cepat dan Efektif

AMPMORI.com – Menabung di Rumah yang praktis, cepat dan efektif. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah hemat. Sejak kecil, kita telah dihadapkan pada berbagai metode menabung. Salah satunya adalah cara menabung di rumah.

Sebagai cara untuk mencapai tujuan keuangan masa depan. Tabungan juga berguna agar Anda bisa memiliki dana darurat jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ternyata bukan hanya sekedar menaruh uang di rekening bank lalu menabung untuk bisa menabung. Menabung di rumah juga bisa efektif jika dilakukan dengan cara yang benar.

Menabung di rumah cenderung lebih praktis dan fleksibel, sehingga Anda dapat melakukannya kapan saja tanpa perlu repot memindahkan uang ke rekening tabungan Anda. Anda juga dapat membuat sistem sendiri sesuai dengan kebiasaan Anda, yang nyaman untuk disimpan di rumah.

Namun, mungkin banyak yang masih beranggapan bahwa menabung di rumah akan mempermudah mendapatkan uang dan pada akhirnya akan digunakan untuk hal-hal yang tidak penting.

Siapa takut. Karena sekarang ada banyak cara untuk menabung di rumah, sehingga Anda bisa langsung mencapai tujuan keuangan yang Anda rencanakan tanpa harus mengeluarkannya.

1. Tentukan Tujuan Menabung dan Tuliskan Didekat Tabungan 

Hal pertama yang harus diingat ketika mulai menabung adalah menentukan tujuan menabung Anda. Anda bisa memulainya dengan tujuan jangka pendek, seperti membeli barang favorit atau tiket liburan, atau tujuan jangka panjang, seperti membeli rumah, membiayai pendidikan anak, atau menambah modal kerja.

Setelah Anda menentukan tujuan menabung, tuliskan di dekat tabungan Anda atau di tempat yang sering Anda lihat. Cara ini berguna saat menabung agar Anda selalu bisa memotivasi dan mengingat untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Selalu Sisihkan Nominal Tertentu Bukan Menyisakan

Cara menabung di rumah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menyisihkan sejumlah uang tertentu setiap bulannya. Anda bisa menentukan jumlah nominalnya berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Simpan secara instan jumlah yang ditentukan setiap kali Anda memperoleh penghasilan. Cara ini berguna untuk memastikan dana tidak digunakan untuk kebutuhan yang tidak direncanakan sebelumnya.

3. Buat Skala Prioritas dan Stick to the Budget

Menabung harus diprioritaskan agar Anda bisa segera mencapai tujuan keuangan yang direncanakan. Tentukan tujuan yang ingin Anda capai, lalu buatlah rencana keuangan yang terperinci. Sertakan rencana pengeluaran harian. Konsisten dengan anggaran yang telah ditentukan.

4. Kumpulkan Uang Reseh

Apalagi jika Anda seorang ibu rumah tangga yang sering berbelanja, Anda akan mendapatkan banyak uang kembalian. Biasanya uang receh ini diletakkan sembarangan karena sering terlupakan karena nominalnya dan ukurannya yang kecil.

Padahal, sisa belanjaan bisa sangat besar jika Anda mengumpulkannya. Mulai sekarang, letakkan perubahan itu di tempat khusus.

Jika memungkinkan, gunakan tempat yang bersih untuk melihat berapa banyak uang yang telah Anda kumpulkan. Ini adalah salah satu metode tabungan rumah yang paling efektif untuk ibu rumah tangga.

5. Coba Metode Menabung yang disebut “The Power of 20.000”

Metode penghematan “kekuatan 20.000” ini dipopulerkan oleh penulis dan motivator Ippho Santosa. Seperti namanya, cara ini akan menghemat semua uang Anda dengan nilai nominal Rp 20.000.

Cara penyimpanan ini sangat praktis dan tidak memberatkan, karena Anda hanya perlu menyimpannya di celengan Anda. Simulasi menabung dengan gaya “Kekuatan 20.000”, misalnya, akan dikenakan biaya Rp. Namun, jika Anda ingin tabungan ini lebih teratur, Anda juga bisa mengalokasikan Rp 20.000 per hari untuk tabungan tersebut.

6. Menabung Terbalik Tanggal 

Ini bisa dibilang cara unik untuk menghemat uang di rumah. Biasanya, penyimpanan terbalik tanggal ini dilakukan selama satu bulan. Simulasikan cara menyimpan di tanggal yang berlawanan, misalnya ada 30 hari dalam sebulan, jadi Rp. Hemat 30.000 lalu Rp. Hemat 29.000 dan Rp. Hemat 28.000. Berlangsung hingga 30 hari. Anda bisa menghemat Rp1.000.

Jika Anda terus menabung dalam waktu 30 hari sejak menabung dengan cara tanggal terbalik ini, Anda bisa mendapatkan Rp465.000. Semakin sering Anda menabung, semakin banyak Anda menabung.

7. Menyimpan Uang Terkecil Setiap HAri

Selain 6 cara di atas, kamu juga bisa mencoba menabung di rumah dengan menabung uang terkecil. Anda perlu mengatur waktu untuk memangkas biaya secara lebih efektif. Misalnya, segera pindahkan uang terkecil dari dompet Anda ke celengan setelah Anda pulang dari suatu kegiatan.

8. Menabung Emas

Bagi yang ingin menabung untuk jangka panjang, emas bisa menjadi salah satu pertimbangan. Apalagi dalam jangka panjang, nilai emas yang selalu cenderung naik, menjadikannya target efektif untuk tabungan atau investasi jangka panjang.

Ada dua cara menyimpan emas di rumah yang bisa Anda coba. Anda bisa membeli emas terlebih dahulu kemudian menyimpannya sendiri atau membeli emas untuk disimpan di tempat dari provider seperti Pegadaian.

9. Berpartisipasi dalam Arisan

Tidak hanya bermanfaat untuk membangun silaturahim, arisan juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menghemat uang di rumah. Pasalnya, sebelum menyetor arisan, tentunya jumlah nilai sosial harus dipisahkan dan dikumpulkan.

Kemudian, ketika Anda mengadakan arisan, itu adalah hasil yang Anda kumpulkan selama ini. Namun, sebelum mengikuti arisan, sebaiknya periksa dulu apakah klub sosial yang Anda ikuti cocok dengan keadaan keuangan Anda agar tidak menjadi beban nantinya dan tidak menjadi beban pikiran Anda.

10. Buat Rencana Masak untuk Menentukan Belanjaan yang Tepat

Jika Anda seorang ibu rumah tangga, Anda mungkin pernah memikirkan berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan untuk berbelanja. Anda bisa membuat rencana memasak (meal plan) sebelum berbelanja dengan lebih efektif dan efisien.

Buat rencana memasak setidaknya selama seminggu dan simpan bahan-bahan sesuai dengan rencana memasak Anda. Dengan begitu, sembako yang Anda beli akan lebih efektif dan tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

Lanjut Membaca Menabung di Rumah Bisa Bikin Keuanganmu Aman

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.