Ban Tubless Sering Kempis? Inilah Beberapa Penyebabnya

AMPMORI.com – Ban tublesS sering kempis? inilah beberapa penyebabnya. Ban tubles memungkinkan pengemudi melakukan mengemudi harian mereka dengan lebih efisien. Namun, jika ban tubless mobil Anda sering bocor, Anda harus curiga ada masalah.

Ada banyak penyebab ban tubeles kempis atau bocor. ampmori memberikan 5 penyebab dan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Berikut 5 Penyebab Ban Tubless Sering Kempis

1. Tekanan Angin Sudah Berkurang

Ban tubless sering bocor, dan salah satu faktornya adalah tekanan udara yang rendah. Ban umumnya menggunakan udara bertekanan sebagai komponen utamanya.

Udara terkompresi di dalam ban dapat berkontraksi atau mengembang ketika suhu berubah. Saat suhu panas, udara mengembang. Sebaliknya, ketika suhu dingin, udara berkontraksi.

Mobil yang telah lama tidak dipakai pula dapat jadi penyebab permasalahan ini. Terakhir, inilah kenapa ban tubless sering kempis.

2. Pentil Ban Rusak

Katup ban sepeda motor yang terbuat dari karet menjadi keras dan rapuh seiring waktu. Ini menciptakan retakan di sekitarnya. Ban bocor dan menyebabkan masalah kempes.

Masalah yang dimulai dengan katup ban juga dapat disebabkan oleh pemasangan yang tidak tepat. Penutup klep berfungsi untuk melindungi permukaan ban dari paparan debu. Jika tidak ditutup dengan benar, debu akhirnya bisa masuk dan menyebabkan kerusakan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa katup terpasang dengan benar agar tidak cepat rusak. Pemasangan klep harus tepat dari ujung klep hingga tutup dan tidak boleh dipasang kurang rapat.

3. Kondisi Karet Ban Sudah Rapuh

Karet yang sudah lelah menjadi salah satu penyebab masalah ini. Pada dasarnya, ban memiliki tanggal kedaluwarsa setelah diproduksi.

Jangan menggunakan ban yang dibuat lebih dari 6 tahun yang lalu. Ini masih tebal, tetapi sisi-sisinya mungkin terlihat retak. Artinya ban karet bersifat keras dan getas.

4. Ban Tertusuk Benda Tajam yang Tetap Menempel 

Seperti yang sudah dijelaskan, ban tubless yang tertusuk benda tajam justru bisa mengempis. Namun, jika Anda tidak mengenali benda tajam yang masih menempel, masalah ban bocor akan terus terjadi.

Kondisi ini tergolong kebocoran halus karena benda tajam dapat menahan kebocoran udara dalam jumlah besar, namun bukan berarti harus dibiarkan begitu saja. Disarankan untuk segera mengeluarkan benda tajam dari tambalan ban agar lubang kebocoran dapat diperbaiki.

5. Masalah Pada Pelak

Masalah pelak yang sering menyebabkan ban kempes adalah aus dan berkarat. Karena pelek terangkat, penahan ban tidak tertahan dengan baik dan udara di dalam terhalang.

Mengapa pelek bengkok? Ini karena mobil biasanya menabrak lubang dengan kecepatan tinggi. Secara bertahap, perbatasan melemah.

Dari sekian banyak penyebab ban tubless bocor, mana yang sering Anda alami? Jadi, jangan lupa untuk mengecek kondisi ban Anda secara rutin.

Sekalipun teknologi yang digunakan oleh ban sangat bagus, pemeriksaan tetap penting. Juga, hindari mengemudi mobil di daerah berbatu atau berkerikil.

Untuk pembahasan tentang Otomotif, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.