Belajar dari Kecelakaan Truk Tronton di Balikpapan, Inilah Cara Menghadapi Rem Blong

AMPMORI.com – Kecelakaan truk tronton di Balikpapan, inilah cara menghadapi rem blong. Kecelakaan truk tronton bertabrakan dengan beberapa kendaraan di perempatan lampu lalu lintas Muara Lapak di Balikpapan utara, kota Kalimantan Timur pada pukul 06:19 WITA pada tanggal 21 Januari 2022 hari ini pukul 06:19 WITA. Kecelakaan itu menewaskan orang dan melukai beberapa lainnya.

“Kecelakaan tersebut mengakibatkan banyak orang meninggal dunia, luka-luka dan dievakuasi serta dirawat di rumah sakit,” kata Irjen Pol Dedi Prasetyo, Direktur Divisi Humas, kepada Medcom.id, Jumat, 21 Januari 2022.

Sementara itu, Karo Ops Polda Kaltim Kombes Frans Barung mengatakan, kecelakaan terjadi saat truk Tronton KT-8534-AJ mengalami rem blong. Hal ini berdasarkan informasi dari sopir Muhammad Ali.

Kegagalan rem sering menjadi penyebab utama kecelakaan kendaraan. Kegagalan rem sebenarnya bisa diatasi jika dilakukan dengan benar dan benar.

Langkah-Langkah Penting yang Perlu Diketahui untuk Mengatasi Rem Blong 

1. Terus Memompa Rem

Saat rem blong, langkah pertama adalah terus memompa rem. Rem harus terus dipompa agar tekanan kembali normal.

Jika rem terasa kasar atau berat saat memompa, mungkin ada masalah dengan sistem rem. Kurangi kecepatan Anda sesegera mungkin dan berhenti di sisi jalan.

2. Turunkan Gigi Secara Bertahap

Bila langkah awal tidak sukses, segera turunkan gigi dengan cara berangsur- angsur dari besar ke kecil. Manfaatkan efek engine brake untuk menurunkan bagian gigi transmisi dari pedal mobil.

Misalnya dengan cepat berpindah dari gigi 4 ke gigi 3 dan seterusnya. Jangan turunkan pelan-pelan, misalnya menggeser langsung dari ke-4 ke ke-2.

Baca Juga :  Ban Tubless Sering Kempis? Inilah Beberapa Penyebabnya

3. Gunakan Rem Tangan

Seimbangkan juga dengan rem tangan saat mengerem mesin. Rem tangan sangat efektif untuk mengurangi kecepatan. Rem tangan menjadi pilihan ketiga karena langsung menghentikan ban.

Hal ini dapat menyebabkan ban selip dan menyebabkan kendaraan terguling. Oleh karena itu, gunakan rem tangan untuk menurunkan gigi secara perlahan agar kendaraan berhenti.

4. Tekan Tombol Lampu Hazard dan Klakson

Segera nyalakan lampu hazard dan membunyikan klakson. Hal ini dilakukan untuk memberi tahu kendaraan lain bahwa ada masalah dengan kendaraan Anda sendiri. Sehingga mereka bisa menghentikan mobil untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

5. Jangan Matikan Mesin

Kebanyakan orang yang mengalami rem blong segera mematikan mesin. Hal ini justru menyulitkan pengendalian kecepatan kendaraan. Rem menjadi ireversibel dan mobil kehilangan kendali.

6. Jangan Menginjak Pedal Gas

Jika Anda menekan pedal akselerator secara tiba-tiba saat rem tidak bekerja, Anda dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Bukannya melambat, mobil justru berakselerasi hingga kecepatan tinggi.

Baca Juga :  Pasar Luar Negeri Minati Motor-Motor Buatan Indonesia

7. Guncangkan Pedal Rem

Jika terjadi kerusakan mendadak, Anda dapat menggoyang pedal rem. Kegagalan rem hanya dapat terjadi sementara karena kesalahan sistem.

Jangan mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi meskipun sistem rem diaktifkan setelah mengerem. Kami menyarankan Anda mengunjungi bengkel terdekat dan merawatnya.

8. Tabrak Benda Lunak

Cara terakhir untuk mengatasi kegagalan rem adalah menemukan sesuatu yang lunak untuk ditabrak. Misalnya, area berlumpur, gundukan pasir, pagar kayu atau apa pun yang aman untuk ditabrak. Intinya adalah menemukan sesuatu yang aman untuk ditabrak sehingga mobil bisa berhenti.

Untuk pembahasan tentang Otomotif, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *