Pengertian Cryptocurrency dan Perkembangannya di Indonesia

AMPMORI.com – Pengertian cryptocurrency dan perkembangannya di Indonesia. Cryptocurrency atau crypto adalah mata uang digital yang dienkripsi dengan log canggih untuk mengatur dan memantau pembiayaan dan transaksi online lainnya. Ini menghilangkan kebutuhan akan perantara untuk membuat perdagangan kripto lebih praktis dan aman.

Pembayaran untuk mata uang kripto atau koin hebat ini untuk investasi pada tahun 2021 dapat dilakukan secara peer-to-peer atau langsung dari pengirim ke penerima.

Cryptocurrency mengadopsi jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain. Juga, karena cryptocurrency tidak dikeluarkan oleh otoritas keuangan pemerintah, secara teori, cryptocurrency tidak dapat tunduk pada campur tangan pemerintah.

Meskipun belum dianggap sebagai mata uang fiat, semua transaksi yang dilakukan dalam cryptocurrency masih tercatat dalam sistem jaringan. Pencatatan biasanya dilakukan oleh penambang cryptocurrency dan menerima biaya berupa mata uang digital yang digunakan untuk transaksi.

Saat ini ada beberapa jenis cryptocurrency yang cocok untuk investasi pada tahun 2021, termasuk Bitcoin, Litecoin, Ethereum, dan lainnya. Untuk memahami cryptocurrency dengan lebih mudah, pahami karakteristik berikut:

  • Digital : Cryptocurrency adalah mata uang digital yang tidak memiliki substansi, seperti koin atau uang kertas.
  • Peer-to-peer : Cryptocurrency diteruskan dari pengirim ke penerima secara online tanpa perantara.
  • Global : Cryptocurrency bersifat global dan berlaku untuk semua negara selama negara tersebut mengakuinya.
  • Terenkripsi : Akun terenkripsi tidak menggunakan nama dan ID asli. Pengguna disembunyikan, tetapi semua transaksi yang terjadi di blockchain dapat dilihat oleh semua orang. Perdagangan Cryptocurrency juga gratis dengan kecepatan pengirim dan penerima, karena tidak ada aturan.
  • Terdesentralisasi : Cryptocurrency tidak dikelola oleh server atau menggunakan bank sebagai penyimpanan.
  • Truthless : Pengguna dapat mengirim uang secara online tanpa harus mempercayakan uang atau informasi kepada pihak ketiga atau bank.

Fungsi Mata Uang Crypto

Cryptocurrency, atau mata uang kripto, telah menjadi salah satu inovasi dalam investasi dan pembayaran. Mata uang digital ini juga memiliki beberapa fitur:

Transaksi Barang atau Jasa

Cryptocurrency adalah alat tukar dan bisa digunakan untuk transaksi alias. Saat ini, ada beberapa negara yang secara resmi menerima cryptocurrency sebagai mata uang fiat, seperti El Salvador dan Paraguay. Tidak hanya itu, banyak pedagang dan pengecer sekarang juga menerima cryptocurrency sebagai alat pembayaran.

Investasi

Fitur cryptocurrency berikutnya adalah bahwa itu adalah kendaraan investasi yang sangat populer saat ini. Cryptocurrency telah menjadi salah satu koin terbaik untuk diinvestasikan pada tahun 2022 karena dapat mengalahkan inflasi.

Di Indonesia sendiri, cryptocurrency tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran yang legal. Namun, pemerintah telah mengizinkan masyarakat umum untuk memiliki cryptocurrency sebagai aset investasi. Setidaknya ada 229 cryptocurrency yang diakui oleh Bappebti dan dapat diperdagangkan secara legal di Indonesia.

Mining

Fungsi lain dari mata uang digital adalah menambang atau mining. Penambangan itu sendiri adalah proses menemukan mata uang digital dengan menggunakan perangkat komputer untuk memecahkan masalah atau teka-teki matematika yang kompleks.

Biasanya, proses penambangan dilakukan secara bersamaan oleh banyak orang di seluruh dunia dengan perangkat komputer canggih dan koneksi internet.

Perkembangan Cryptocurrency di Indonesia

qCryptocurrency telah dikenal di Indonesia sejak tahun 2009, terutama sebagai salah satu jenis Bitcoin. Namun, teknologi telah berkembang selama beberapa tahun terakhir.

Seiring waktu, cryptocurrency telah berkembang cukup pesat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya investor yang tertarik untuk berinvestasi pada mata uang digital.

Menurut Surat Menko Perekonomian No S-302/M.EKON/09/2018, aset kriptografi dilarang sebagai alat pembayaran. Namun, mata uang digital ini dapat digunakan sebagai alat investasi untuk dimasukkan sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

Perdagangan Cryptocurrency di Indonesia sendiri telah disetujui dan diawasi oleh Commodity Futures Trading Regulatory Authority (Bappebti).

Pengembangan aset Crypto dalam beberapa minggu terakhir juga telah menunjukkan titik terang. Bitcoin saat ini melewati batas $50.000 untuk pertama kalinya sejak pertengahan Mei.

Hal ini menunjukkan bahwa aset kripto memiliki nilai yang cenderung meningkat, dengan prediksi koin apa yang akan naik pada tahun 2021, yang akan menarik semakin banyak orang untuk membeli.

Saat ini, ada lebih dari 4 juta investor cryptocurrency di Indonesia. Angka ini tidak jauh berbeda dengan jumlah investor pasar modal yang sekitar 4,5 juta.

Data investor ini menunjukkan perkembangan cryptocurrency yang sangat positif di Indonesia dalam hal investasi komoditas dan aset crypto.

Menurut beberapa analis ekonomi, investasi cryptocurrency di Indonesia masih akan menunjukkan tren positif di tahun-tahun mendatang.

Hal ini dikarenakan harga cryptocurrency yang cenderung naik dari waktu ke waktu, menarik minat masyarakat untuk membelinya sebagai salah satu wahana investasi yang menjanjikan di masa depan. Nah itulah pengertian cryptocurrency dan perkembangannya di Indonesia.

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.