Ukuran dan Model Kunci Busi Mobil Harus Diketahui

AMPMORI.com – Ukuran dan model kunci busi mobil harus diketahui agar tidak salah memilih. Berapa ukuran kunci busi mobil yang cocok untuk menggantikan fungsi busi mobil? Apalagi jika busi perlu diganti.

Kunci busi adalah SST atau alat servis khusus. Ini memiliki banyak kegunaan dan hanya digunakan untuk melepas dan memasang busi otomotif.

Oleh karena itu, ukurannya harus sesuai dengan ukuran busi mobil Anda. Artikel ini membahas tentang ukuran dan model kunci busi mobil. Mari kita simak bersama agar tidak salah memilih kunci busi mobil.

Ukuran Kunci Busi Mobil

Selama ini hanya ada dua ukuran kunci busi mobil yang biasa digunakan. Yang pertama adalah kunci busi 16mm dan yang kedua adalah kunci busi 20,8mm. Baik ukuran 16mm maupun 20.8mm dapat ditemukan di Indonesia.

Hal ini dikarenakan sebagian besar mesin mobil yang beredar di Indonesia menggunakan busi dari kedua ukuran tersebut, termasuk beberapa mobil Toyota terbaik.

Untuk menemukan ukuran yang tepat untuk kunci busi mobil Anda, Anda dapat menggunakan pita pengukur untuk mengukur bagian tengah bodi busi logam (baik yang menonjol maupun yang heksagonal).

Selain menggunakan cara manual, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk menyesuaikan dengan jenis mobil Anda. Untuk mobil jenis low MPV (multipurpose vehicle) atau mobil penumpang kecil, gunakan busi kecil sehingga ukuran kunci busi yang biasa digunakan adalah 16 mm. Di sisi lain, mobil besar dan beberapa SUV (sport utility vehicle) sering menggunakan busi berukuran besar, sehingga ukuran kunci busi mobil adalah 20,8 mm.

Model Kunci Busi

Selain ukuran yang berbeda, model kunci busi mobil juga berbeda. Setiap model penguncian memiliki kelebihannya masing-masing, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa model kunci busi umum yang dapat Anda temukan di pasaran.

Kunci Busi Pipa

Pertama ada kunci busi model pipa. Bentuknya menyerupai pipa dengan bentuk heksagonal di salah satu ujungnya. Segi enam berukuran agar sesuai dengan busi. Tip ini digunakan untuk melepas dan memasang busi mobil. Di ujung lainnya terdapat lubang yang digunakan untuk memasang poros kunci busi.

Kunci Busi Ratchet

Model ratchet biasanya dijual sebagai satu set kotak yang mencakup soket busi (16 dan 20.8mm), kunci ring ratchet fleksibel, dan batang ekstensi. Dengan menekuk ujung ratchet, Anda dapat mengatur sudut pemasangan busi di mesin mobil. Dengan begitu Anda bisa mencapai busi tanpa kesulitan.

Kunci Busi Model T

Terakhir, ada busi berbentuk T, dan seperti namanya, kunci busi berbentuk T dan salah satu ujungnya adalah soket untuk mengganti busi. Tip yang digunakan untuk mengganti busi didesain fleksibel dan mudah digunakan. Untuk menyesuaikan sudut pemasangan busi, cukup putar.

Model kunci busi mana yang terbaik untuk mobil Anda? Ketiga model tersebut di atas dapat digunakan untuk mengganti busi mobil dengan mudah.

Namun jika dibandingkan, model ratchet relatif lebih unggul dibandingkan model pipa dan model T, sehingga mengetahui model busi kendaraan dan ukuran yang sesuai dengan mobil kesayangan Anda akan mempermudah proses perawatan.

Untuk pembahasan tentang Automotive, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.