Keuntungan Asuransi Pendidikan dan Resikonya yang Harus Dipahami

AMPMORI.com – Keuntungan asuransi pendidikan dan resikonya yang harus dipahami, Pendidikan sangat penting untuk membantu anak-anak mencapai impian mereka di masa depan. Sebagai orang tua Anda pun harus siap membiayai pendidikan yang Anda butuhkan.

Anda bisa memilih asuransi pendidikan atau berinvestasi melalui tabungan rutin. Hal ini agar Anda dan keluarga dapat mendanai pendidikan anak Anda. Asuransi pendidikan juga menjadi salah satu penunjang yang bisa membantu Anda menyiapkan dana tersebut.

Asuransi pendidikan adalah produk asuransi untuk menggalang dana untuk pendidikan. Produk asuransi pendidikan biasanya ditambah dengan investasi bersamaan dengan asuransi jiwa ketika nasabah meninggal dunia.

Masih banyak pro dan kontra mengenai apakah asuransi pendidikan memadai untuk membiayai pendidikan anak Anda. Namun sejauh ini, reputasi asuransi pendidikan anak untuk membiayai anak-anak dari sekolah hingga perguruan tinggi belum memudar. Karena banyak orang tua yang sadar betul berapa biaya pendidikan.

Berikut Keuntungan Asuransi Pendidikan

Ada begitu banyak jenis kendaraan investasi untuk pengembangan dana, mengapa asuransi pendidikan? asuransi pendidikan ataupun jenis investasi yang lain mempunyai kelebihan masing- masing. Asuransi pendidikan khususnya memungkinkan Anda dengan tenang mempersiapkan diri untuk membiayai pendidikan anak Anda karena:

Baca Juga :  Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Dana Berkembang

Ibarat sebuah investasi, nilai asuransi pendidikan anak Anda akan terus bertambah.Semakin Kamu mengawali sebagai konsumen asuransi pendidikan, semakin besar mungkin Kamu untuk meningkatkan biaya Kamu.

Pendanaan asuransi pendidikan lebih kuat daripada jenis investasi pendidikan agresif lainnya. Perkembangan dana asuransi umumnya lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan pendidikan.

Terbiasa Disiplin 

Jika Anda memilih produk investasi umum untuk mendanai pendidikan Anda, seberapa konsisten Anda dalam membeli produk tersebut?Biaya pelatihan sangat besar, dan persiapan dana tidak cukup hanya untuk satu kali pembelian investasi.

Sebagian besar waktu, seseorang membeli jenis investasi tertentu pada satu waktu dan kemudian memutuskan untuk tidak membelinya lagi karena memikirkan kebutuhan mereka yang berbeda.

Lain halnya jika Anda memutuskan untuk mendapatkan asuransi pendidikan anak Anda sejak awal. Anda harus membayar premi bulanan atau tahunan yang dapat diartikan sebagai pembelian investasi berkelanjutan.

Pada Asuransi Pendidikan Premi Fleksibel 

Tidak perlu khawatir asuransi pendidikan akan menempati porsi besar dari anggaran rumah tangga Anda. Bahkan, Anda bisa menyesuaikan premi sesuai dengan kemampuan Anda.

Konsep yang paling penting adalah menjadi nasabah asuransi sesegera mungkin untuk memperpanjang masa pengembangan dana dan mencapai hasil yang memuaskan. Preminya relatif rendah, tetapi jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, nilainya dapat menutupi kebutuhan pendidikan bayi Anda.

Mendaptkan Asuransi Jiwa

Dapatkah Anda membayangkan hilangnya mata pencaharian atau kematian secara tiba-tiba? Bagaimana nasib dana pendidikan jika itu terjadi?

Baca Juga :  10 Manfaat Asuransi Syariah yang Perlu Diketahui

Jika Anda memilih kendaraan investasi lain, Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan dapat melanjutkan investasi. Dana pendidikan yang disiapkan untuk bayi Anda akan dihentikan. Namun, tidak demikian halnya jika asuransi pendidikan yang dipilih.

Asuransi pendidikan biasanya diberikan bersamaan dengan asuransi jiwa. Oleh karena itu, apabila nasabah meninggal dunia secara tiba-tiba atau tidak dapat bekerja karena cacat tetap atau sakit, maka premi tidak akan dikenakan lagi.

Namun demikian, nilai pengembangan dana akan terus berlanjut sesuai kesepakatan awal. Juga, jika Anda meninggal, anak-anak Anda akan menerima banyak uang dalam bentuk pertanggungan sebagai ahli waris karena asuransi pendidikan Anda termasuk asuransi jiwa. Selain itu, pengembalian investasi tetap diberikan, besarannya tergantung pengelolaan uang nasabah perusahaan asuransi.

Berikut Resiko dari Asuransi Pendidikan

Manfaat asuransi pendidikan sangat banyak. Namun, sebelum membeli investasi ini, Anda juga harus memahami risiko yang menanti Anda sebagai nasabah asuransi pendidikan.

Berikut adalah beberapa risiko yang umum dialami atau dialami oleh nasabah asuransi pendidikan.

Adanya Potongan Biaya pada Asuransi Pendidikan

Jangan berasumsi bahwa jumlah total dana yang terkumpul sebelum menambahkan nilai pengembangan adalah jumlah dana yang telah Anda setorkan.

Anda juga harus mempertimbangkan bahwa biaya perusahaan asuransi selalu memiliki pemotongan premi. Jumlah premi, setelah dikurangi biaya administrasi, dialokasikan oleh perusahaan asuransi untuk beberapa investasi lain.

Jangka Waktu yang Lama 

Ibarat sebuah investasi, nilai asuransi pendidikan anak Anda tidak akan naik secara signifikan. kemungkinan juga akna mengecewakan ketika anda cek pergerakan harga asuransi pendidikan yang telah anda pilih dalam 5 tahun pertama.

Baca Juga :  Cara Memilih Polis Asuransi Mobil yang Tepat

Hal ini karena nilai asuransi biasanya menurun selama periode tersebut. Di luar 10 tahun, nilai total asuransi baru terlihat menarik. Untuk itu, perlu menyiapkan dana pendidikan melalui asuransi dalam jangka waktu yang lama.

Tidak Fleksibel

Sebuah situasi mungkin muncul yang tiba-tiba membutuhkan banyak uang. Kemudian Anda berpikir untuk mengambil sebagian dari uang yang disimpan dalam asuransi Anda untuk menanganinya. Tentu Anda akan kecewa karena tidak bisa melakukannya.

Asuransi bukanlah tabungan yang dapat disetorkan atau disetorkan secara fleksibel setiap saat. Jika Anda memutuskan untuk membeli asuransi pendidikan anak Anda, nilai premi dibayarkan sesuai dengan kontrak awal.

Perpanjangan Tenor Premium

Ini tidak terjadi dalam semua kondisi. Tetapi kemungkinan besar Anda harus membayar tenor premium lebih lama dari yang seharusnya. Situasi ini muncul ketika nilai investasi Anda dalam asuransi pendidikan tidak menguntungkan karena berbagai faktor.

Nah, itulah keuntungan asuransi pendidikan dan resikonya yang harus Anda pahami sebelum memiliki asuransinya.

Untuk pembahasan tentang Asuransi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *