Jenis Tabungan di Bank yang Mungkin Sudah atau Ingin Anda Miliki

AMPMORI.com – Jenis tabungan di Bank yang mungkin sudah atau ingin anda miliki. Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk ditabung untuk kebutuhan masa depan atau jika ada kebutuhan mendadak.

Hampir semua orang akrab dengan konsep tabungan. Siapa pun yang bertanya tentang arti tabungan dapat dengan mudah mengungkapkan definisinya.

Padahal, budaya menabung sudah lama dipraktikkan di Indonesia. Namun, dengan perkembangan zaman, media untuk menabung hanya berubah. Kalau dulu biasanya disimpan di celengan atau di tempat rahasia di rumah, kebanyakan orang sekarang menyimpan tabungannya di bank.

Banyak Pertimbangan Orang memilih menabung di bank. Pertimbangan ini mencakup manfaat serta fitur penghematan biaya. Dari kelebihan dan fitur tersebut, sebenarnya tabungan di bank dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Berikut Jenis-Jenis Tabungan

Apa manfaat dan fitur tabungan yang Anda harapkan? Setiap orang biasa memiliki tujuan menabung yang berbeda-beda. Manfaat dan fitur yang Anda harapkan dari penghematan mungkin berbeda dari yang lain.

Bank juga menyadari banyak manfaat dan fitur yang diharapkan masyarakat dari aktivitas menabungnya. Untuk itu, berbagai produk tabungan dikeluarkan untuk mencapai tujuan keuangan pribadi.

Secara umum, setidaknya ada empat jenis tabungan di Indonesia dari segi manfaat dan fitur. Berikut adalah beberapa jenis tabungan yang mungkin sudah atau ingin Anda miliki.

Tabungan Konvensional

Sama seperti menabung di celengan atau lemari, Anda selalu bisa melakukan tabungan rutin di bank. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa tabungan bank yang ada memiliki fasilitas perdagangan yang lebih praktis.

Anda dapat menarik uang melalui teller, ATM, atau fasilitas perbankan elektronik lainnya. Anda juga dapat mentransfer dana ke deposito yang ada atau membayar tagihan melalui ATM, mobile banking, dan internet banking.

Baca Juga :  Jenis Laporan Keuangan untuk UKM Beserta Contohnya

Manfaat menambah nilai tabungan Anda juga terbuka bagi mereka yang memilih tabungan tradisional di bank. Saat ini, rata-rata suku bunga tabungan di bank-bank di Indonesia adalah 0-3%. Tabungan tradisional di bank biasanya hanya terdiri dari dana preventif atau tempat menyimpan uang untuk berbagai kebutuhan.

Tabungan Giro

Tabungan adalah dana tabungan yang digunakan untuk berbagai keperluan. Ini berfungsi sebagai dana pencegahan untuk kebutuhan pribadi serta tabungan bisnis. Jenis tabungan ini disebut rekening giro. Jenis tabungan ini juga menyimpan dana usaha perusahaan yang akan digunakan untuk kebutuhannya.

Rekening giro tidak sefleksibel tabungan tradisional yang dapat digunakan kapan saja, di mana saja melalui fasilitas perbankan elektronik. Dana di rekening giro Anda hanya dapat ditarik dengan cek atau billet.

Dengan jenis tabungan ini, penabung perusahaan mendapatkan keuntungan dari pengurangan atau tidak ada biaya transaksi yang dibebankan kepada manajemen. Namun, di sisi lain, bunga giro lebih rendah daripada tabungan tradisional.

Tabungan Investasi

Seperti namanya, tabungan jenis ini lebih bermanfaat untuk meningkatkan nilai dana yang Anda simpan. Nilai dana akan meningkat karena suku bunga yang ditawarkan bank pada jenis tabungan investasi ini lebih tinggi daripada tabungan tradisional dan giro.

Ada beberapa manfaat menabung yang mungkin sulit dirasakan ketika memilih jenis tabungan investasi. Salah satunya berkaitan dengan kepraktisan dan fleksibilitas.

Penghematan investasi tidak bisa dilakukan di mana saja, kapan saja. Padahal, tabungan investasi biasanya memiliki persyaratan waktu yang ditetapkan sejak Anda mulai menabung.

Baca Juga :  Pengertian dan Masa Depan Cryptocurrency Beserta Resiko yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berinvestasi

Oleh karena itu, jika dana tersebut dibutuhkan sewaktu-waktu di luar jam kontrak, mereka berisiko mengalami depresiasi atau denda.

ada dua subtipe tabungan investasi dalam tipe fleksibilitas :

– Deposito

Memilih deposit berarti Anda harus mempersiapkan diri untuk menarik dana hanya dalam waktu 3, 6 atau 12 bulan, tergantung kontrak Anda. Jika ini dilanggar dan Anda ingin menerima dana Anda sebelum jatuh tempo, bank akan menerapkan sistem penalti.

Bunga deposito tentu lebih tinggi dari bunga tabungan tradisional dan rata-rata bisa 4-6%. Bank memberikan bunga kepada nasabah penyimpan setiap bulannya sesuai dengan ketentuan suku bunga simpanan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Jika ada bank yang menawarkan bunga deposito lebih tinggi dari ketentuan Bank Indonesia, berhati-hatilah karena LPS tidak menjamin dana Anda.

– Tabungan Berjangka

Fungsi menabung untuk memenuhi tujuan keuangan Anda sangat jelas ketika memilih tabungan biasa. Menyimpan uang pada tabungan waktu daripada deposito dapat memakan waktu beberapa tahun tergantung pada tujuan yang ingin Anda capai.

Jika Anda menarik diri di luar jangka waktu yang ditentukan, Anda akan mengalami kerugian karena Anda akan didenda. Selama waktu itu, Anda harus terus menabung setiap bulan dengan persyaratan yang awalnya Anda setujui.

Suku bunga dana nasabah penghemat waktu berbeda-beda tergantung produk yang ditawarkan bank. Namun, rata-rata bunga yang dibayarkan untuk jenis tabungan ini adalah 3-7%. Nilai ini lebih besar dari bunga tabungan tradisional. Di sisi lain, nilai ini mungkin lebih besar atau lebih kecil dari bunga deposito.

Tabungan Haji

Jenis tabungan lain yang dapat memberikan manfaat tambahan bagi umat Islam. Anda bisa melakukan cicilan untuk pemberangkatan haji. Memilih tabungan haji berarti Anda juga harus siap dengan kekakuan pendanaan.

Baca Juga :  Inilah 7 Resiko Investasi yang Perlu Diketahui Para Investor

Pasalnya, dana tabungan haji baru dapat digunakan apabila dana yang ada telah mencapai jumlah nominal minimum yang ditentukan.

Manfaat tabungan haji lebih dari sekadar mendapatkan fasilitas yang akan menghemat uang Anda. Anda juga akan diinstruksikan untuk segera mendaftar untuk menunggu keberangkatan haji jika syarat nominal yang disimpan terpenuhi.

Jika Anda nasabah tabungan haji, Anda juga bisa mendapatkan asuransi jiwa. Dengan berbagai keunggulan tersebut, tidak heran jika persyaratan dan dokumen yang perlu Anda persiapkan untuk menjadi nasabah Summer Savings, mulai dari dana, identitas diri hingga riwayat kesehatan, semakin bertambah.

Menabung merupakan aktivitas menaruh uang guna meraih sesuatu tujuan, diawali dari uang ataupun keperluan finansial masa depan, untuk bersiap- siap. Jenis tabungan yang Anda pilih juga harus disesuaikan dengan manfaat dan fitur yang ingin Anda rasakan.

Namun, tidak peduli berapa banyak yang Anda hemat, itu bisa kehilangan nilainya seiring waktu, terutama ketika berhadapan dengan biaya kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan menjaga nilai tabungan Anda sehingga Anda dapat menggunakannya untuk tujuan keuangan.

Untuk itu, produk asuransi kesehatan PFI Mega Life bisa menjadi pilihan yang memberi Anda kendali lebih atas tabungan dan dana kesehatan Anda.

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *