Cara Membuat Proposal Bisnis yang Tepat untuk Calon Investor

AMPMORI.com – Cara membuat proposal bisnis yang tepat untuk calon investor. Ada beberapa cara untuk mendapatkan seorang Investor. Mungkin cara yang paling populer untuk mendapatkan modal atau dana adalah bank.

Namun, kondisi dan peraturan yang kompleks, serta tingkat suku bunga yang tinggi, tampaknya “membunuh” perusahaan, terutama jika bisnis Anda adalah bisnis kecil.

Membuat Proposal Bisnis yang Mampu Menarik Perhatian Calon Investor

Saat ini, banyak pengusaha menghindari bank untuk mengamankan modal. Mereka lebih memilih mencari investor daripada mengajukan pinjaman ke bank. Namun, menarik investor bukanlah tugas yang mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat proposal bisnis.

Proposal bisnis Anda juga harus menarik, sehingga investor ingin melihat bisnis Anda. Lalu bagaimana cara membuat proposal bisnis yang tepat?

Dibawah ini adalah cara-cara membuat proposal bisnis yang tepat.

Membuat Bab Pendahuluan

Tips pertama untuk membuat proposal bisnis adalah dengan melakukan perkenalan.

Bab pendahuluan sangat penting bagi investor untuk mengetahui latar belakang bisnis Anda.

Ini memberikan gambaran tentang visi dan misi perusahaan atau bisnis Anda, serta tujuan masa depan yang akan dicapai bisnis Anda.

Memberi investor uang seperti jaminan bahwa Anda tidak akan rugi atau rugi.

Membuat profil Badan Usaha

Setelah membuat bab pendahulan Anda, buat profil singkat untuk entitas bisnis Anda.

Tiga item yang harus diisi di profil Anda adalah jenis industri, nama perusahaan, dan lokasi perusahaan.

Ini menjadi faktor penting saat membuat proposal bisnis, agar investor tahu jenis bisnis apa yang Anda jalankan.

Di sini, investor dapat mengeksplorasi seberapa besar potensi industri bisnis Anda di pasar.

Investor benar-benar membutuhkan informasi ini untuk menganalisis pasar dan memutuskan berapa banyak uang yang akan dibelanjakan untuk bisnis Anda.

Membuat Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan harus memiliki struktur organisasi dengan sistem atau tim yang menjalankan perusahaan.

Bisa juga dilakukan antara pemilik atau antara pemilik dan karyawan.

Jika perusahaan Anda sudah memiliki sistem manajemen dan organisasi yang baik, sebutkan nama pemilik perusahaan, nama pengelola dan sistem pemasaran, SDM dan lain-lain.

Ini mungkin tidak tampak seperti banyak, tetapi penting ketika membuat proposal bisnis. Karena itu menunjukkan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang serius.

Menuliskan Produk Bisnis

Tentu saja, setiap perusahaan memiliki produk untuk dijual. Produk bisa berupa barang atau jasa di sini.

Saat membuat produk bisnis, pastikan untuk menyatakan jenis produk, pembuatan produk, dan keunggulan produk.

Produk bisa berupa barang atau jasa, dan proses pembuatannya serta apa kelebihan produk Anda dibandingkan dengan yang lain.

Investor ingin mengetahui tentang ini serta akan lebih memilih untuk memodali bisnis mereka sendiri yang mempunyai kelebihan dibanding yang lain.

Membuat Target Pasar

Tip untuk proposal bisnis Anda selanjutnya adalah membuat target pasar. Target pasar menjadi poin penting saat membuat proposal bisnis.

Di sini, investor dapat menemukan target pasar untuk bisnis mereka. Siapa target pasar Anda?

Dalam hal pekerjaan, dapat dibagi berdasarkan usia, wilayah atau kota. Bisa juga dari kelas ekonomi seperti kelas menengah ke bawah atau kelas menengah.

Ini akan menjadi nilai tambah untuk penawaran Anda, karena mengetahui siapa yang ditargetkan bisnis Anda dan menunjukkan bahwa Anda memiliki “pasar”.

Membuat Bab Promosi dan Pemasaran

Berikut ini kami uraikan secara detail strategi pemasaran bisnis dan bagaimana promosi yang dilakukan agar investor dapat dengan mudah menganalisa keuntungan yang akan mereka dapatkan nantinya.

Menyiapkan Laporan Keuangan

Hal penting selanjutnya yang perlu anda ingat saat membuat proposal bisnis yaitu laporan keuangan yang detail serta transparan.

Dari sinilah Anda perlu mengalokasikan dana yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Kemudian buatlah metode penghitungan pendapatan yang bisa dicapai nantinya.

Akhirnya, kami membuat sistem perhitungan untuk hasilnya. Hal ini memudahkan investor untuk mengetahui berapa banyak uang yang harus mereka keluarkan dan berapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Bagian Penutup

Akhiri dengan pilihan kata yang tepat. Anda mungkin perlu kata terakhir untuk meyakinkan investor agar memberi Anda uang. dan jangan lupa untuk berterima kasih kepada calon investor karena telah membaca proposal Anda.

Sertakan Lampiran

Pada bagian ini anda dapat melampirkan Surat Izin Usaha, Sertifikat  Usaha, Kepemilikan Usaha dan yang terakhir Surat Perjanjian.

 Tampilan Proposal yang Menarik

Selain faktor di atas, hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah tentang pengemasan proposal.

Saat ini banyak investor yang malas membuka proposal dalam bentuk kertas atau lembar kerja biasa.

Buatlah kemasan Anda menarik dan unik sehingga investor luar akan tertarik saat membacanya.

Saya bisa membayangkan jika ada setumpuk proposal di meja investor. Tentu saja dia tidak akan membuka semuanya.

Tidak hanya kemasannya yang unik, janganlah lupa untuk membuat ide isi yang sederhana supaya gampang dibaca serta dimengerti.

Faktanya, film-film sedang dibuat akhir-akhir ini agar investor dapat duduk dan menonton film dengan proposal, daripada harus membaca setiap halaman untuk menarik investor membaca atau membaca proposal.

Menggabungkannya dengan efek dan suara tertentu pasti akan membuat penawaran lebih menarik. Namun, penawaran resmi dalam bentuk lembaran tetap disertakan.

Nah, itulah cara-cara membuat proposal bisnis yang dapat diajukan investor untuk dilihat nanti.

Mencari investor memang tidak mudah, namun jika ditanggapi dengan serius pasti akan menemukan investor yang bersedia memberikan modal usaha.

Untuk pembahasan tentang Bisnis, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.