Pengertian serta Jenis-Jenis Bunga Anuitas yang Harus Diketahui

AMPMOORI.com – Pengertian serta jenis-jenis bunga anuitas yang harus diketahui. Banyak dari Anda mungkin masih asing dengan istilah anuitas.

Orang lebih terbiasa menyebutnya dengan sebutan cicilan yang terdengar biasa di telinga. Kedua istilah tersebut sebenarnya sama. Nah, berikut ini kita bahas bunga anuitas lengkap.

Pengertian Bunga Anuitas

Istilah yang satu ini adalah serangkaian pembayaran atau penerimaan dalam jumlah tertentu dalam jangka waktu tertentu, dengan setiap pembayaran menjadi jumlah uang yang tetap. Ini biasanya berlaku sampai kematian.

Contohnya termasuk kontrak asuransi atau jaminan investasi.

Dua poin penting dapat ditarik dari pemahaman ini, yang merupakan inti dari istilah yang satu ini. Yang pertama adalah poin penting untuk jumlah yang sama setiap kali Anda membayar. Yang kedua adalah pembayaran yang harus dibayar selama jangka waktu tertentu.

Anda akan melihat bahwa jumlah yang harus Anda bayarkan pada poin pertama selalu sama dan tidak bertambah atau berkurang di setiap pembayaran. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengelola keuangan Anda saat tanggal pembayaran anuitas Anda semakin dekat.

Poin kedua, di sisi lain, mengacu pada pembayaran selama periode waktu tertentu. Dalam hal ini, ada dua jenis utama: anuitas spesifik dan anuitas bersyarat. Untuk jenis tertentu, kami berhenti membayar ketika jangka waktu berakhir atau berhenti.

Untuk tipe bersyarat, Anda membayar sesuai dengan keadaan tertentu. apakah berlanjut atau tidak. Ini biasanya ditemukan dalam anuitas seumur hidup yang berlangsung selama penerima masih hidup. Jenis keadaan darurat ini biasanya lebih bergantung pada risiko yang akan Anda hadapi bersama.

Baca Juga :  Pengertian Laporan Arus Kas serta Cara Kerja Arus Kas Itu Sendiri

Jenis-Jenis Bunga Anuitas

Selanjutnya adalah ada berbagai jenis yang membedakan istilah yang satu ini. Hal ini penting untuk Anda ketahui agar Anda dapat memutuskan tipe mana yang sesuai dengan rencana Anda.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mempertimbangkan tidak hanya nilai sekarang tetapi juga nilai masa depan.

Jenis-jenis yang perlu Anda ketahui adalah:

Jenis Jatuh Tempo

Jenis anuitas ini merupakan jenis anuitas yang harus dibayar pada setiap awal periode. Jadi Anda melakukan pembayaran pertama saat periode pertama dimulai, pembayaran kedua di awal periode, dan seterusnya.

Bahkan pada pembayaran terakhir, jika pembayaran dilakukan pada awal periode terakhir, pembayaran total selesai.

Misalnya, jika Anda membayar di awal Januari, Anda akan membayar dari awal Januari hingga akhir Januari.

Jika tanggal jatuh tempo pembayaran adalah Desember, pembayaran harus dilakukan pada awal Desember, bukan pada awal Desember.

Jenis Langsung

Ada juga jenis lain yaitu jenis anuitas langsung. Pada tipe ini, Anda menggunakan metode pembayaran dalam jangka waktu tertentu atau menerima cicilan secara berkala.

Karena ini adalah pembayaran langsung, Anda harus membayar langsung tanpa penundaan seperti pembayaran produk. Ini adalah tipe paling dasar yang menggunakan satu kontribusi pada satu waktu.

Ini berlaku untuk jenis ini karena akan mengubah Anda menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan dan terjamin setidaknya selama 5 tahun atau paling lama seumur hidup. Penarikan sendiri dimungkinkan dari 1 tahun.

Jenis Sederhana

Kemudian untuk jenis selanjutnya ini kebalikan dari jenis sebelumnya. Tergantung pada jenis jatuh tempo, anuitas sederhana atau reguler ini harus dibayar pada atau pada akhir setiap periode jika pembayaran jatuh tempo pada awal bulan.

Baca Juga :  Jenis Laporan Keuangan untuk UKM Beserta Contohnya

Contohnya adalah pembayaran obligasi. Biasanya, obligasi dibayarkan setiap enam bulan. Jadi Anda tidak perlu membayar di awal setiap periode, Anda hanya membayar di akhir setiap periode.

Dalam hal ini, jika pembayaran dilakukan pada akhir Januari, pembayaran akan dilakukan dari awal Januari hingga akhir Januari. Anda kemudian dapat membayar untuk periode terakhir secara langsung di akhir bulan periode terakhir. Berbeda dengan jenis jatuh tempo yang harus Anda bayarkan di awal bulan pada periode terakhir.

Jenis Tertunda

Jika Anda menggunakan jenis anuitas yang ditangguhkan, Anda dapat menundanya untuk jangka waktu tertentu dan mulai melakukan pembayaran.

Jenis ini adalah penerimaan atau pembayaran angsuran yang terjadi setelah beberapa jangka waktu yang disepakati oleh kedua belah pihak, tanpa awal dan akhir.

Misalnya, pada bulan Januari, Anda setuju untuk membayar dua bulan setelah itu. Dengan kata lain, Anda harus membayar mulai bulan Maret. Oleh karena itu, jumlah yang dibayarkan pada bulan Maret adalah pembayaran untuk Januari yang ditangguhkan dalam kontrak sebelumnya.

Kekurangan & Kelebihan dari Bunga Anuitas

Rasanya tidak lengkap jika Anda tidak mengerti apa kelebihan dan kekurangannya. Jadi, berikut adalah beberapa pro dan kontra penting yang harus Anda ketahui.

Kekurangan

Pada sisi negatifnya, bunga anuitas ini memiliki beberapa kelemahan yang harus Anda perhatikan. Yang pertama adalah kerugian dalam hal perhitungan yang sedikit lebih kompleks.

Jika Anda menggunakan perhitungan manual untuk menghitung bunga ini, Anda akan menemukan bahwa itu lebih sulit karena rumusnya lebih kompleks.

Alangkah baiknya jika melakukan perhitungan dengan bantuan software untuk mendapatkan hasil yang valid dan akurat.

Juga, kelemahan yang terakhir adalah Anda membayar banyak bunga pada awalnya dan semakin sedikit di akhir.

Baca Juga :  Manfaat serta Cara Membuat Laporan Keuangan

Jadi ketika Anda melakukan pembayaran pertama, uang yang Anda bayarkan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah membayar pokok dan bagian kedua adalah membayar bunga.

Sekarang, ketika Anda melakukan pembayaran anuitas pertama Anda, ini adalah jumlah bunga terbesar, dan akan terus menurun selama bulan berikutnya karena sisa pokok terus berkurang.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pembayaran pokok terkecil dari pembayaran pertama ini dan akan terus bertambah selama bulan berikutnya.

Kelebihan

Kelebihan pertama dari anuitas ini berkaitan dengan cicilan bulanan atau biaya tetap. Dengan tarif tetap ini, Anda dapat memperkirakan apakah Anda akan mampu membayar jumlah tersebut setiap bulan.

Ini juga berarti bahwa cicilan tidak akan mempengaruhi arus kas Anda di kemudian hari.

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa merasakan besaran bunga yang diperhitungkan dengan jelas. Dalam angsuran ini, tingkat bunga adalah persentase dari sisa pokok yang tidak Anda bayar.

Dengan penjelasan yang jelas tentang cara menghitung bunga, Anda dapat mengetahui dan memperkirakan bunga bulanan Anda dengan menghitung sendiri apakah bunga sesuai atau tidak setiap bulannya.

Akhirnya, bunga anuitas ini menghilangkan kebutuhan untuk menghitung sisa pokok pinjaman setiap kali dibayarkan. Peminjam akan merasa lebih nyaman karena sudah mengetahui rincian sisa pokok yang belum dibayarkan.

Hal ini berbeda dengan pinjaman dengan bunga efektif di mana Anda harus terus menghitung sisa pokok yang belum dibayar.

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *