Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Alami

AMPMORI.com – Cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker alami. Jerawat selalu menjadi masalah yang sangat rumit untuk dihadapi. Selain harus memilih produk perawatan yang tepat, jerawat terkadang meninggalkan bekas hitam yang sulit dihilangkan.

Bekas jerawat ini, juga disebut PIH atau hiperpigmentasi pasca inflamasi, disebabkan oleh peradangan atau reaksi inflamasi yang menghasilkan produksi melanin yang berlebihan. Bekas jerawat seperti ini biasanya berwarna coklat atau hitam.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Alami

Bekas jerawat hitam di pipi biasanya diobati dengan berbagai perawatan yang mengandung retinoid, chemical peeling, mikrodermabrasi, asam salisilat, AHA, BHA, dll. Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan menggunakan masker alami. Cara ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang tidak cocok menggunakan produk yang diolah secara kimia. Berikut masker alami yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Menggunakan Masker Lidah Buaya Asli

Menghilangkan bekas hitam di pipi dengan lidah buaya simpel serta nyaman dipakai pada seluruh tipe kulit. Kandungan acemannan dan antioksidan dalam lidah buaya dapat meredakan peradangan kulit, melembabkan, memberikan kesegaran, dan menenangkan kulit. Kandungan asam salisilatnya dapat membantu memudarkan bekas jerawat yang hitam dengan cara mengelupaskan melanin.

Baca Juga :  Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan dan Kesehatan

Cara menggunakan masker lidah buaya ini juga sangat sederhana. Kupas saja, pisahkan lendir dari ampasnya, dan oleskan ke kulit Anda seperti masker biasa. Tunggu hingga kering, setelah itu cuci dengan air bersih. Cara menghilangkan bekas jerawat seperti ini setiap hari.

Menggunakan Madu Alami Sebagai Masker Alami

Saat dikonsumsi, madu murni tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi yang dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat jerawat. Madu juga dapat menghidrasi, melembutkan dan memperbaiki jaringan yang rusak akibat peradangan.

Cukup oleskan madu murni ke bekas jerawat dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. trik menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi ini sungguh terjamin serta dapat dilakukan 3 kali dalam seminggu. Tapi madu harus murni. Itu benar! Hal ini karena madu tumbuhan biasanya dicampur dengan bahan lain yang dapat mengiritasi kulit.

Menggunakan Masker Cuka Sari Apel dan Madu

Selain madu murni, Anda juga bisa menambahkan cuka sari apel sebagai campuran masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Cuka sari apel mempunyai kandungan antibakteri dan mengandung asam sitrat, asam laktat dan asam suksinat yang berfungsi meregenerasi kulit dan memudarkan melanin. Karena itulah mencampurkan madu dan cuka sari apel sangat efektif menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Cara membuat masker alami ini juga sangat mudah. Larutkan 1 sendok makan cuka sari apel dalam 100 ml air, lalu tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk rata.

Baca Juga :  Resep Cireng yang Sangat Renyah untuk Cemilan Keluarga

Basahi kapas dengan campuran tersebut dan oleskan pada bekas jerawat. Biarkan 5 sampai 10 menit, kemudian basuh dengan air bersih. Untuk menghilangkan bekas jerawat seperti ini, kamu cukup melakukannya 2-3 kali dalam seminggu.

Menggunakan Bahan Alami yang Memiliki Vit C Contohnya Lemon & Jeruk Nipis

Vitamin C dalam produk perawatan kulit umumnya berguna untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Selain itu, bahan ini memiliki efek menekan produksi melanin yang menjadi penyebab timbulnya flek akibat jerawat. Anda bisa mendapatkan vitamin C secara alami dari air jeruk lemon dan jeruk nipis.

Cara penggunaan sangat sederhana. Anda hanya perlu mengkonsumsi 1 sendok makan air perasan lemon murni. Kemudian kurangi kekentalannya dengan 2 sendok makan air dan aduk rata.

Basahi kapas dengan campuran tersebut dan oleskan ke wajah Anda, ulangi beberapa kali di area bekas jerawat.Tunggu hingga kering, setelah itu cuci dengan air bersih. Jika Anda memiliki kulit sensitif, saya pikir akan lebih baik untuk mengujinya pada kulit di belakang telinga terlebih dahulu untuk menghindari peradangan!

Menggunakan Masker Kentang

Kentang jarang digunakan dalam perawatan kulit, tetapi siapa yang mengira bahwa sifat basanya dapat menghilangkan bekas jerawat? Kentang juga dapat memudarkan bekas luka dan pigmentasi pada kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi menggunakan kentang sangatlah mudah.

Anda hanya perlu menggiling kentang yang sudah dikupas dan memeras airnya. Basahi kapas dalam jus dan oleskan ke seluruh kulit wajah, ulangi beberapa kali pada bekas jerawat. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan kentang 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga :  5 Masker Rambut yang Direkomendasikan untuk Rambut Gatal dan Ketombe

Menggunakan Masker Bubuk Kunyit dan Jus Lemon

Selain digunakan dalam bumbu masakan dan jamu, kunyit dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Kandungan kurkumin kunyit dapat mengurangi akumulasi melanin akibat peradangan kulit. Antioksidan alami juga membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh infeksi jerawat.

Cara membuat masker dengan kunyit sangat mudah. Anda bisa mencampurkan 1-2 sendok makan bubuk kunyit atau menggunakan parutan kunyit. Tambahkan jus lemon untuk membuat pasta. Oleskan ke seluruh wajah menggunakan masker, tunggu 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Cara ini sangat aman dan bisa dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi secara alami ini tidak serta merta dan membutuhkan kesabaran. Tetapi metode ini amat nyaman serta dapat menolong menghilangkan bekas jerawat tidak hanya memakai produk perawatan buatan pabrik.

Anda juga perlu memahami kondisi kulit Anda saat menggunakan masker alami ini. Sebaiknya hentikan jika Anda merasakan sensasi terbakar seperti terbakar atau iritasi. Hal ini dikarenakan tidak semua bahan alami cocok untuk semua jenis kulit.

Untuk pembahasan tentang Lifestyle, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *