Jenis Sistem Pendingin Sepeda Motor dan Cara Kerjanya

PENDINGINAMPMORI.com – Jenis sistem pendingin sepeda motor dan cara kerjanya. Sistem pendingin sepeda motor bertanggung jawab untuk menjaga temperatur atau temperatur mesin.

Hal ini dikarenakan proses pembakaran yang menghasilkan tenaga pada mesin sepeda motor melepaskan panas yang harus ditekan.

Setiap mesin dibangun dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti daya tahan, keamanan, keramahan lingkungan dan ekonomi. Sistem pendingin adalah salah satu aspek keamanan dan ekonomi yang paling penting.

Jika temperatur yang dihasilkan mesin terlalu tinggi, performa akan menurun dan beberapa komponen akan rusak. Untuk mencegah hal ini, sistem pendingin adalah solusi terbaik untuk mesin motor yang berfungsi penuh.

Selain mengurangi panas mesin, fungsi lain dari sistem pendingin antara lain menjaga suhu mesin, mempercepat pencapaian suhu operasi mesin, dan mendistribusikan panas secara merata.

Berikut 4 Macam Sistem Pendingin Sepeda Motor dan Cara Kerjanya

1. Sistem Pendingin Menggunakan Udara Alami

Sistem pendingin ini digunakan untuk sepeda motor di bawah 125cc. Kapasitas mesin yang lebih rendah dapat didinginkan menggunakan udara alami menggunakan sirip pendingin pada mesin motor.

Sistem bekerja saat motor berjalan, sehingga mesin tidak menutup untuk memungkinkan aliran udara bekerja.

Cara kerjanya adalah saat motor berjalan, udara melewati setiap celah fin di mesin. Dari sana, panas yang mengalir ke dalam silinder mesin bergerak ke bagian dalam dan luar dinding silinder dan kemudian keluar ke udara.

Keuntungan dari sistem pendingin udara alami ini adalah sangat bagus untuk cuaca dingin atau panas. Kekurangannya tidak ada aliran udara, sehingga motor cepat panas saat kondisi jalan padat.

2. Sistem Pendingin dengan Udara Kipas

Tidak semacam pendingin mesin motor udara alami yang tidak beroperasi disaat macet, pendingin kipas malah beroperasi lebih baik. Pasalnya, komponen pendingin mengandalkan kipas yang terus berputar meski jalan terhalang.

Kipas menciptakan aliran udara dari luar ke mesin dan proses pendinginan bekerja. Pemasangan kipas terletak di poros engkol mesin dan terletak di bawah jok berlapis kain.

Hal ini menghasilkan pendinginan yang lebih efektif karena udara terkompresi mengalir menuju silinder dan kepala silinder. Sistem ini banyak digunakan jenis motor matic.

3. Sistem Pendingin dengan Air

Pendingin sepeda motor ini menggunakan air yang sering dipakai sepeda motor berkapasitas 150cc ke atas. Pasalnya, proses pendinginannya akurat dan cepat mengingat motor lebih mudah panas.

Cara kerjanya tidak jauh bertentangan dengan sistem pendingin mobil, bedanya motor tidak mempunyai kipas pendingin. Lokasi radiator mudah terkena angin, sehingga tidak memerlukan kipas pendingin.

Proses pendinginan dimulai ketika cairan pendingin memasuki kompartemen mesin. Cairan tersebut bekerja untuk menyerap panas dari area mesin dan thermostat terbuka. Selanjutnya, cairan masuk ke radiator, dan saluran di kompartemen mesin diganti dengan cairan pendingin baru.

Proses ini berulang-ulang saat kendaraan berjalan. Sistem ini memiliki beberapa komponen penting seperti radiator, pompa air, termostat dan selang. Bagian radiator bertanggung jawab untuk menyerap panas mesin dan kemudian mendinginkan air panas.

4. Sistem Pendingin dengan Oli

Jenis pendinginan yang terakhir menggunakan sistem pendingin oli atau oli. Ada dua jenis fitur oli. Yang pertama melumasi mesin, yang kedua menyerap panas.

Oli terlihat seperti radiator, tetapi bersirkulasi melalui komponen pendingin oli yang lebih kecil. Saluran oil cooler ini mengelilingi mesin mirip dengan saluran coolant.

Pendingin oli kemudian menyerap panas dari mesin. Saluran ini mempunyai sirip yang mendinginkan oli disaat terkena udara dari depan disaat motor berjalan.

Kinerja dari sistem ini adalah untuk menjaga temperatur mesin sekaligus menjaga agar mesin tetap terlumasi. Jadi jika motor Anda menggunakan sistem pendingin ini, tidak ada kata terlambat untuk mengganti oli.

Untuk pembahasan tentang Automotive, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.