Kelebihan dan Kekurangan Ketika Ingin Berolahraga di Rumah

AMPMORI.com – Kelebihan dan kekurangan ketika ingin berolahraga di rumah. Seberapa sering Anda berolahraga dalam seminggu? Mungkin Anda sudah mencoba berolahraga secara teratur untuk sementara waktu, tetapi belum melakukannya. Misalnya, Anda mungkin bingung untuk olahraga di rumah atau di gym dan sulit menemukan waktu luang.

Bahkan, ini termasuk memilih tempat olahraga sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai referensi, merupakan standar untuk melihat pro dan kontra dari olahraga di rumah atau di gym dan memutuskan mana yang sesuai.

Kelebihan dan kekurangan Berolahraga di Rumah

Olahraga di rumah mungkin lebih cocok untuk sebagian orang, seperti orang dewasa yang lebih tua dengan masalah kesehatan tertentu. Sebuah studi dalam Journal of Geriatric Physical Therapy menemukan bahwa program latihan di rumah, termasuk yoga, tai chi, atau latihan keseimbangan, efektif dalam membantu orang pulih dari radang sendi (osteoarthritis).

Sebelum memutuskan jenis olahraga apa yang akan dilakukan, perhatikan dulu keuntungan dan kerugian melakukannya di rumah di bawah ini.

Kelebihan Berolahraga di Rumah

  • Biaya rendah. Perbedaan terbesar antara olahraga di rumah dan berolahraga di gym adalah biayanya. Tentu saja, jika Anda memilih untuk olahraga di rumah, Anda tidak perlu merogoh kocek. Anda bisa memilih olahraga aerobik yang tidak membutuhkan banyak peralatan, seperti jogging, lari, push-up, atau sit-up.
  • Lebih nyaman. Kebanyakan orang bisa merasa tidak nyaman saat harus berolahraga bersama atau di keramaian. Tetapi jika Anda olahraga di rumah, Anda tidak perlu khawatir tentang pakaian olahraga apa yang akan dikenakan, apa pun gaya olahraga Anda atau berapa lama Anda berolahraga. Ini adalah ruang pribadi, sehingga Anda dapat menghabiskannya dengan nyaman tanpa merasa terbebani.
  • Berbagai pilihan. Tidak perlu bingung tentang olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah. Banyak sekali olahraga yang bisa dilakukan, seperti bersepeda, lari, dan jalan kaki di luar ruangan (outdoor). Padahal, aerobik bisa dilakukan di dalam ruangan (indoor). Rutinitas, seperti berkebun, dapat mencakup aktivitas fisik yang juga memiliki manfaat olahraga.
  • Anda dapat menggabungkan berbagai jenis olahraga. Jika Anda ingin melatih otot jantung dan kaki secara bersamaan, Anda dapat menggabungkan beberapa latihan atau jenis latihan sekaligus. Beberapa aplikasi olahraga di ponsel cerdas Anda dapat membantu menampilkan gerakan yang mencakup kardio untuk kardio atau latihan kekuatan untuk kaki Anda. Juga, beberapa gerakan ini bebas untuk digabungkan tanpa dibatasi oleh waktu.

Kekurangan Olahraga di Rumah

  • Sulit berkonsentrasi dan memberi terlalu banyak alasan. Jika Anda memutuskan untuk olahraga di rumah, luruskan niat Anda terlebih dahulu. Terlalu banyak orang mengalami kesulitan fokus atau tidak bisa berolahraga karena terlalu banyak alasan untuk menghindari olahraga teratur.
  • Tidak ada instruksi pelatih pribadi. Seorang pelatih profesional atau pribadi mungkin sangat diperlukan jika Anda melakukan program latihan untuk tujuan tertentu, seperti menurunkan berat badan atau menambah massa otot. Ini agak sulit dilakukan di rumah.
  • Tempat dan fasilitas olahraga terbatas. Bermain olahraga di rumah tidak membutuhkan banyak ruang atau tempat. Namun, jika Anda ingin menggunakan peralatan olahraga seperti treadmill atau peralatan olahraga lainnya, Anda membutuhkan ruang yang cukup besar untuk menyimpannya. Selain itu, Anda perlu menyiapkan dana yang cukup banyak untuk memiliki peralatan olahraga.

Jika Anda memiliki banyak waktu luang untuk berolahraga tetapi memiliki anggaran terbatas, olahraga di rumah adalah solusinya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Ketika Ingin Berolahraga di Gym

Untuk pembahasan tentang Olahraga, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.