Dalam Manajemen Keuangan Bisnis Kecil Hal Ini yang Harus Diperhatikan

AMPMORI.com – Dalam manajemen keuangan bisnis kecil hal ini yang harus diperhatikan. Tentu saja, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk Indonesia yang terjun ke dunia usaha, maka bermunculan pula pengusaha-pengusaha baru khususnya usaha kecil.

Namun sayangnya, orang-orang tahu bahwa dunia bisnis dapat menangani masalah keuangan sendirian, meskipun pencatatan membutuhkan banyak waktu dan pemikiran. Hadirnya teknologi saat ini membuat perekaman menjadi lebih mudah.

Banyak orang berpikir bahwa masalah dalam lingkup manajemen keuangan ini tidak diperhitungkan karena bisnis Anda masih kecil. Jika kita ingin menjadi perusahaan besar, kita harus memiliki pola pikir untuk mengembangkan bisnis. Untuk tujuan ini, mari kita lihat ruang lingkup manajemen keuangan bisnis kecil.

Perencanaan

Merencanakan keuangan Anda seperti merencanakan masa depan Anda. Tentunya dengan perencanaan yang matang, kegagalan di masa depan bisa diminimalisir. Rencana tersebut pada dasarnya adalah untuk mengalokasikan dana untuk mengembangkan atau menambah produk atau layanan baru dengan arus kas positif dan untuk menangani alokasi biaya yang tidak terduga.

Anggaran

Setelah Anda memiliki rencana, langkah selanjutnya adalah membuat anggaran berdasarkan kebutuhan dan produktivitas bisnis Anda. Anggaran ini harus disisihkan bersamaan dengan dana darurat, terutama untuk kejadian tak terduga seperti pandemi saat ini.

Manajemen Resiko

Selalu ada risiko dalam segala hal yang kita lakukan, dan ada risiko dalam berbisnis. Mulai dari risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko operasional dan risiko operasional. Hal ini tentunya menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan agar dapat mengelola keuangan kita dengan lebih baik.

Prosedur

Agar bisnis dapat berjalan dengan lancar, prosedur yang tepat juga harus ditetapkan untuk pengelolaan dan pelaksanaan yang baik. Tentang siapa yang akan memulai anggaran dan rencana bisnis kami. Proses ini juga harus dilakukan secara tertulis.

Anda akan lebih mudah mengatur keuangan dari penjelasan di atas. Namun jangan lupa untuk menyimpan catatan keuangan yang komprehensif untuk memudahkan strategi bisnis Anda.

Itulah hal yang harus diperhatikan dalam manajemen keuangan bisnis kecil.

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.