Pengertian dan Perbedaan Giro dan Tabungan yang Mudah Dipahami

AMPMORI.Com – Pengertian dan perbedaan giro dan tabungan yang mudah dipahami. Kata “Giro” atau “Cek” sepertinya sudah tidak asing lagi di dengar. Anda mungkin juga telah mempelajarinya ketika Anda masih sekolah atau kuliah. Tapi apa sebenarnya Giro itu?

Apa perbedaan antara rekening giro, bilyet giro, cek dan deposito berjangka? Jangan khawatir. Tidak perlu menghafal. Silakan baca artikel ini terlebih dahulu untuk pemahaman yang lebih baik.

Apa Saja Perbedaan Giro, Cek dan Tabungan?

Rekening Giro

Yang sering orang sebut Giro bukanlah bilyet giro, melainkan rekening giro. Oleh karena itu, rekening giro adalah jenis rekening bank yang dimiliki oleh individu atau perusahaan yang memungkinkan Anda untuk menarik dana dengan cek atau bilyet giro.

Jadi Anda tidak perlu mentransfer atau menarik uang tunai dulu, cukup gunakan cek atau bilyet Anda. Secara hukum, semua badan hukum dan lembaga berhak untuk membuka rekening giro.

Perbedaan Cek dan Bilyet Giro

Ada dua jenis penarikan pada rekening giro yaitu cek dan bilyet giro. Keduanya adalah jenis surat berharga yang digunakan sebagai transaksi pembayaran serta dapat dicairkan oleh Bank.

Cek adalah sekuritas yang dapat diuangkan setiap saat oleh bank sedangkan Bilyet Giro adalah sekuritas atau surat berharga yang dapat dicairkan secara nontunai dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, dana yang Anda belanjakan secara otomatis ditransfer ke rekening Anda.

Rekening Tabungan

Rekening tabungan adalah jenis rekening bank yang memungkinkan Anda untuk menarik dana melalui kartu ATM atau mobile banking. Secara umum, jenis akun ini lebih berguna untuk transfer sehari-hari seperti mendapatkan gaji dan membayar tagihan bulanan Anda.

Anda juga dapat menarik dana dalam bentuk tunai atau buku (transfer ke rekening lain) formulir. Dana ini dapat ditarik kapan saja.

Apa saja perbedaan antara Rekening Giro dan Rekening Tabungan?

Keduanya adalah jenis rekening, tetapi rekening giro dan tabungan berbeda. Berikut adalah pembedanya:

Tanggal penerbitan dan Efektifnya

Rekening tabungan tidak memiliki tanggal penerbitan dan masih berlaku. Ini berarti Anda dapat menarik dana Anda kapan saja.

Di sisi lain, baik bilyet giro maupun cek memiliki tanggal penerbitan. Namun, Anda dapat mencairkan cek kapan saja. Di sisi lain, Bilyet Giro memiliki tanggal kedaluwarsa dan tanggal kedaluwarsa, sehingga hanya dapat dibayarkan dalam jangka waktu tertentu. Anda tidak dapat menguangkan jika batas waktu telah berlalu.

Rekening Koran

Rekening Koran adalah catatan transaksi keuangan. Dalam hal tabungan umum, sebagian orang memiliki rekening giro dalam bentuk tabungan dan sebagian lagi tidak.

Demikian pula, rekening giro dapat dibuat dengan bilyet giro. Namun, cek seperti pengganti uang tunai. Ini berarti Anda tidak memiliki rekening giro.

Tarik dana

Anda dapat menarik deposito berjangka langsung dari bank atau mesin ATM Anda. Namun, jumlah penarikan dibatasi hingga puluhan juta. Jika Anda adalah pelanggan prioritas, Anda dapat menarik jumlah yang lebih tinggi, tetapi itu masih terbatas.

Di sisi lain, rekening giro menggunakan penarikan tunai seperti cek dan billet. Tidak ada batasan penarikan. Anda dapat menulis nilai pada cek dan bilyet giro. Oleh karena itu, rekening giro cenderung digunakan untuk transaksi perusahaan besar.

Itulah beberapa perbedaan antara giro dan tabungan, jadi anda dapat memilih untuk menabung di tabungan yang tepat.

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.