Metode Singkat dan Contoh Laporan Penjualan yang Tepat

AMPMORI.com – Metode singkat dan contoh laporan penjualan yang tepat. Semua transaksi, besar atau kecil, harus dicatat dengan benar. Terutama dalam hal penjualan. Setiap item yang berisi informasi tentang penjualan ini akan diisi dalam laporan penjualan. Apa itu laporan penjualan dan bagaimana cara membuat laporan penjualan misalnya? Simak ulasannya di bawah ini!

Mengenai Laporan Penjualan

Sebelum membuat laporan penjualan yang sebenarnya, ada baiknya untuk mengetahui apa itu laporan penjualan. Apalagi bagi mereka yang baru terjun ke dunia bisnis. Tujuannya adalah memahami laporan penjualan Anda akan membuat pengelolaan bisnis Anda lebih mudah.

Secara umum, laporan penjualan didefinisikan sebagai disiapkan dengan cara ini untuk analisis dan data kinerja penjualan dari berbagai informasi penjualan. Laporan penjualan ini sangat penting ketika membuat keputusan dalam hal harga, pemasaran dan penjualan.

Baca Juga :  Pahami Standar Akuntansi Keuangan Umum Utama di Indonesia

Oleh karena itu, laporan penjualan ini dapat digunakan untuk mengevaluasi apakah penjualan mengalami peningkatan atau penurunan selama periode tertentu. Membuat laporan penjualan ini tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang akan dibahas di bagian selanjutnya.

Urutan Cara Membuat Laporan Penjualan

Melanjutkan poin sebelumnya, ada beberapa poin penting yang harus dipahami di sini saat Anda membuat laporan penjualan. Salah satunya adalah catatan asal laporan penjualan itu sendiri. Selanjutnya adalah analisis penjualan seperti analisis penjualan, penetapan harga dan pemasaran produk.

Kemudian lagi, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah harga, pemesanan, pencatatan dan pengiriman penawaran terkait. Jangan lupa untuk mencatat pengembalian barang yang dikembalikan. Kemudian, Anda juga harus mencatat klaim pembayaran dan kwitansi pembayaran Anda.

Contoh Laporan Penjualan

Seperti disebutkan di atas mengenai laporan penjualan, laporan masih dibagi menjadi beberapa jenis laporan penjualan. Misalnya laporan rangkuman penjualan, laporan penjualan per konsumen, penjualan oleh salesman, bahkan laporan penjualan secara rinci. Berikut ini adalah laporan dan contoh yang perlu diingat saat menyiapkan laporan penjualan di masa mendatang.

Baca Juga :  Pengertian Jaminan Pensiun serta Tujuan dan Manfaatnya

Laporan Rangkuman Penjualan

Laporan penjualan pertama adalah model ringkasan. Isi laporan penjualan jenis ini meliputi informasi dan transaksi penjualan baik tunai maupun non tunai. Misalnya, ringkasan penjualan akan terlihat seperti ini:

Laporan Penjualan per Konsumen

Laporan penjualan selanjutnya yang dapat Anda buat di Business Report adalah laporan Penjualan oleh Konsumen atau Customer. Laporan penjualan biasanya mencakup transaksi penjualan untuk setiap konsumen atau pelanggan. Keuntungan dari laporan penjualan ini adalah Anda dapat melihat tenaga penjual yang sedang menjual produk kepada pelanggan. Ini juga tentang total penjualan setiap pelanggan.

Laporan Penjualan oleh Salesman

Seperti namanya, laporan penjualan tenaga penjual ini berisi informasi terkait penjualan. Secara khusus, apa yang dilakukan seorang penjual atau penjual kepada konsumen atau pelanggan. Anda dapat mengetahui dari pelanggan ini apa nilai transaksi dan produk apa yang mereka beli.

Baca Juga :  Jenis Tabungan di Bank yang Mungkin Sudah atau Ingin Anda Miliki

Laporan Penjualan Secara Rinci

Laporan penjualan akhir adalah laporan penjualan dalam format detail. Tidak seperti laporan penjualan sebelumnya, jenis ini berisi informasi rinci tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan penjualan. Beberapa elemen penting yang harus dicantumkan dalam laporan ini antara lain nomor referensi, data tentang barang dan jasa, siapa penjualnya, dan nama pelanggannya.

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *