Cara Membuat Pembukuan Transaksi Keuangan Bisnis dengan Cepat

AMPMORI.com – Cara membuat pembukuan transaksi keuangan bisnis dengan cepat. Pembukuan/pencatatan transaksi keuangan adalah salah satu dari banyak hal yang harus dilakukan oleh pebisnis.

Mengapa? Karena dengan mencatat transaksi keuangan secara rutin, Anda bisa membuat laporan keuangan perkembangan usaha kecil Anda.

Akan tetapi, masih sangat banyak usaha kecil serta menengah( UMKM) yang tidak menganggap serius dengan pencatatan transaksi keuangannya.

Selain itu, usaha kecil dan menengah (UKM) semakin malas menanggapi pembukuan perusahaan yang sulit dan rumit. Lagi pula, pembukuan bisnis yang buruk juga tidak dapat dihindari untuk membuat laporan keuangan yang bersih dan tidak efektif.

Sebenarnya, jika Anda adalah pemilik usaha kecil dengan volume perdagangan harian yang banyak, ada cara yang lebih mudah untuk mencatat. Lantas, apa pentingnya pencatatan transaksi keuangan? Bagaimana cara membuat pembukuan bisnis dengan cepat? Simak artikel selanjutnya!

Manfaat Pembukuan Transaksi Keuangan

Pencatatan transaksi keuangan tidak sia-sia. Kegiatan ini memungkinkan usaha kecil untuk:

  1. Memberikan informasi tentang perubahan laba atau rugi bisnis dan posisi keuangan yang dihasilkan dari aktivitas penjualan dan pembelian.
  2. Buat laporan keuangan untuk mengetahui sumber keuangan usaha, biaya operasional, dan modal usaha.
  3. Sumber informasi bagi pelaku usaha dapat menentukan strategi untuk lebih mengembangkan usaha kecil di masa yang akan datang.
  4. Sebagai bukti kepada instansi permodalan untuk mengajukan dan memperoleh modal usaha yang lebih banyak.

Cara Cepat Mencatat Transaksi Keuangan dengan Aplikasi Moodah

Beberapa usaha kecil sudah melakukan pembukuan bisnis sederhana. Secara manual di atas kertas, ada risiko pembukuan bisnis ini akan batal karena kehilangan catatan. Untuk mengatasinya dengan lebih cepat dan tepat, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan bisnis seperti Moodah.

1. Unduh Secara Gratis dan Buka Aplikasi Moodah

Moodah adalah aplikasi akuntansi keuangan usaha kecil yang dapat digunakan selamanya, gratis, seperti Warung Bisnis. Moodah memungkinkan Anda untuk mencatat semua jenis transaksi keuangan dan mencatat hutang untuk menghasilkan laporan keuangan otomatis.

Baca Juga :  Cara Design Kartu dan Logo dengan Menggunakan Aplikasi Canva

Pertama-tama, Anda dapat mengunduh Moodah di sini. Jika sudah, buka aplikasi Moodah dan klik “Tambah Transaksi” seperti gambar di bawah ini.

2. Pilih Jenis dan Kategori Transaksi

Selanjutnya, pilih jenis transaksi yang ingin Anda catat. Apakah itu pendapatan atau beban? Kemudian pilih produk yang Anda perdagangkan:

Moodah juga menawarkan berbagai kategori pendapatan dan pengeluaran. Pastikan kategori yang Anda masukkan sudah benar!

3. Isi Detail yang Diperlukan

Paid/Unpaid: Anda bisa mengecek apakah transaksi sudah dibayar atau belum. Dalam kasus non-pembayaran, nomor kontak atau nomor tujuan harus disediakan.

  • Tanggal Transaksi: Anda harus memasukkan waktu transaksi ini terjadi. Anda juga dapat menghitung mundur atau mencatat transaksi yang terjadi pada hari sebelumnya.
  • Catatan: Jika Anda memiliki catatan, seperti “Terkirim Senin”, masukkan.
  • Foto: Jika Anda memiliki foto, masukkan bukti dalam format foto (misalnya foto produk yang siap dikirim).
  • Due Date: Jangan lupa untuk memasukkan tanggal jatuh tempo penagihan utang jika transaksi belum lunas. Jika Anda menyentuh Tanggal
  • Jatuh Tempo, Anda akan diberitahu tentang hutang jatuh tempo.
Baca Juga :  Pahami Contoh Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

4. Simpan dan Laporan Keuangan Siap

Jika sudah terisi semua tinggal klik “Simpan”. Laporan keuangan dibuat secara otomatis mulai dari laporan arus kas, laba rugi, neraca, dan penjualan. Anda juga dapat mengunduh semua laporan ini dan membagikannya melalui Whatsapp.

bagaimana? Dapatkah saya mencatat pembukuan transaksi keuangan dengan mudah? Mulailah rajin melakukan pembukuan bisnis bersama dan rasakan semua keuntungan bisnis Anda sekarang juga!

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *