Pengertian Laporan Keuangan untuk UMKM Beserta Fungsinya

AMPMORI.com – Pengertian laporan keuangan untuk UMKM beserta fungsinya. Apakah Anda seorang usaha kecil (UKM) atau perusahaan besar, memahami laporan keuangan sangat penting ketika menjalankan bisnis.

Mengapa laporan keuangan penting? Tentu saja, ini karena semua aktivitas bisnis bergantung pada modal atau posisi keuangan bisnis Anda. Singkatnya, bagaimana Anda mengelola laporan keuangan Anda menentukan hidup atau matinya bisnis Anda.

Sayangnya, tidak banyak usaha kecil yang memahami arti laporan keuangan dan menghargainya. Akibatnya, ratusan juta hingga jutaan pelaku usaha kecil terpaksa menutup atau menutup usahanya karena hanya menghasilkan laporan keuangan sederhana yang tidak akurat dan informal. Jadi apa sebenarnya laporan keuangan itu?

Memahami Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah laporan atau catatan yang berisi informasi tentang keuangan suatu usaha untuk periode tertentu (harian, bulanan atau tahunan) yang menggambarkan kinerja suatu perusahaan.

Laporan keuangan sendiri untuk setiap bisnis berbeda-beda. Contohnya adalah kebijakan untuk periode pelaporan keuangan yang ditetapkan oleh suatu perusahaan.

Tetapi dengan cara keseluruhan, tiap bisnis harus mempunyai komponen laporan keuangan semacam jumlah laporan pembelian, penjualan dan kredit atau biaya operasional.

Semua informasi yang terkandung dalam laporan keuangan juga harus dipertanggungjawabkan dan dinilai secara berkesinambungan. Hal ini disebabkan laporan keuangan akan dipakai buat memastikan arah ataupun strategi bisnis berikutnya.

Selain laporan keuangan yang dapat digunakan untuk menentukan strategi, laporan keuangan juga digunakan untuk keperluan seperti bahan pertanggungjawaban bisnis dan dokumen penting untuk aplikasi permodalan.

Fungsi Laporan Keuangan

Sebagai Data Evaluasi Bisnis

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dapat mengatur arah atau strategi dalam menghadapi persaingan. Dalam hal ini, laporan keuangan memegang peranan yang sangat penting. mengapa? Laporan keuangan memungkinkan para pemangku kepentingan bisnis untuk mengetahui masalah apa yang terjadi dalam bisnis mereka, sehingga mereka dapat dengan cepat menentukan solusi untuk masalah tersebut. Berdasarkan hal tersebut, laporan keuangan harus terus dievaluasi.

Jika sebuah bisnis dapat mengevaluasi laporan keuangannya secara optimal pada waktu yang tepat, bisnis dapat merasa sangat tenang dan terhindar dari masalah di masa depan.

Mengetahui Situasi Bisnis

Laporan keuangan bisnis memiliki komponen penting semacam penjualan, pembelian, kredit ataupun anggaran operasional. Dengan informasi ini, Anda dapat dengan cepat mendapatkan gambaran tentang situasi bisnis saat ini. Jika Anda masih belum menyiapkan laporan keuangan, menyimpan catatan manual, atau membuat laporan keuangan formal yang sederhana, akan sulit untuk mengenal bisnis Anda. Akibatnya, akan banyak hal yang tidak diinginkan yang akan terjadi di kemudian hari karena Anda tidak sempat menyiapkan solusi.

Data Tanggung Jawab Perusahaan

Anda tentu saja bertanggung jawab atas segala aktivitas bisnis yang Anda lakukan. Untuk semua entitas lain seperti investor, pemerintah atau pajak. Dengan memiliki laporan keuangan yang sangat detail, bisnis Anda bisa lebih kredibel dan didukung oleh instansi atau pemangku kepentingan.

Mendapatkan Modal Bisnis

Memiliki laporan keuangan yang detail dan lengkap merupakan salah satu syarat bagi usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mendapatkan modal usaha. bagaimana itu? Bayangkan seseorang ingin meminjam uang dari Anda, tetapi tidak tahu kapan orang itu akan dapat mengembalikan pinjamannya, apakah mereka akan mampu mengembalikan kemampuannya, atau apakah Anda akan kehilangan uang atas pinjaman tersebut. Tentu bila hal ini terjadi, sangat berisiko bagi lembaga keuangan untuk memberikan modal usaha. Maka, untuk mengatasi hal tersebut, laporan keuangan yang detail adalah solusinya.

Kesimpulan

Pada akhirnya, Anda perlu memahami arti laporan keuangan, yang merupakan dokumen yang menentukan hidup atau matinya suatu perusahaan. Semua informasi tentang kegiatan bisnis kami dapat ditemukan dalam laporan keuangan kami. Tentu saja, informasi ini dapat digunakan mulai dari memahami situasi bisnis hingga mengamankan dana bisnis.

Namun, hal itu tidak dapat dilakukan secara formal atau manual saat membuat laporan keuangan. Bagaimana Anda mempersiapkan laporan keuangan bisnis Anda menentukan seberapa baik, rinci dan akurat laporan keuangan bisnis Anda. Bila Kamu masih memakai cara lama, Kamu tidak akan dapat merasakan manfaat jelas dari laporan keuangan perusahaan.

Untuk pembahasan tentang Keuangan, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.