Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah yang Bisa Dilakukan

AMPMORI.com – Strategi pengembangan usaha kecil menengah yang bisa dilakukan. Perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Deputi Menteri Keuangan Kementerian UKM dan Koperasi, mengatakan 3,79 juta pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) saat ini menggunakan teknologi digital, menurut data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS). Oleh karena itu, peran usaha kecil dan menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional sudah sangat besar.

Data ini juga membuktikan bahwa masyarakat Indonesia telah menyadari bahwa memiliki usaha kecil pasti sangat menjanjikan di era ini, apalagi jika kita mengetahui strategi pengembangan usaha kecil.

Tidak mudah untuk mengembangkan bisnis secara signifikan, dan ada banyak aspek yang harus dipenuhi, jadi kami membagikan strategi pengembangan untuk mereka yang ingin mengembangkan bisnis kecil. Pembahasannya adalah sebagai berikut.

Berikut Cara Strategi Pengembangan Usaha Kecil dengan Mudah!

Baik Anda sedang memulai bisnis atau mengembangkan bisnis yang sudah ada, Anda tentu harus memiliki niat dan tips untuk membantu Anda berkembang, sehingga Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mendukung pengembangan bisnis Anda.

Baca Juga :  Investasi Tanpa Modal atau Modal Kecil untuk Pemula

Pilih Lokasi yang Tepat

Untuk UKM yang menggantungkan toko fisik, letak ialah salah satu aset berguna dalam pengembangan bisnis. Menentukan lokasi yang strategis (baik dekat dengan pelanggan atau dekat dengan sumber bahan baku) akan berdampak besar pada bisnis Anda.

Tentu saja, memilih lokasi yang dekat dengan pelanggan Anda akan meningkatkan eksposur atau kesadaran bisnis Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk berbisnis.

Bahkan, jika jenis bisnis Anda membutuhkan pasokan bahan baku yang berkelanjutan, kedekatan dengan lokasi bahan baku dapat menghemat uang, menurunkan harga jual, dan memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis Anda.

Pemanfaatan Media Sosial

Ya, tentunya di era digital seperti sekarang ini, peran media sosial sangat dahsyat tidak hanya untuk dijadikan sebagai media memasarkan usaha kecil, tetapi juga untuk melakukan aktivitas apapun.

Media sosial memungkinkan Anda melakukan promosi dengan biaya yang terukur. Artinya, Anda dapat menyesuaikan biaya sesuai dengan anggaran dan tahap perkembangan bisnis Anda.

Manfaat lain dari promosi menggunakan media sosial adalah reach atau jangkauan.Media sosial bisa menjangkau pasar yang lebih luas, baik di luar pulau ataupun di luar negeri.

Anda juga dapat mempromosikannya dengan berbagai cara, mulai dari membuat gambar yang menarik hingga memberikan informasi produk dengan menghadirkan artikel yang membantu pelanggan memahami produk yang Anda pasarkan secara lebih detail.

Baca Juga :  Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis Online

Berinovasi

Pelanggan biasanya mudah bosan dan cenderung menginginkan sesuatu yang baru, sehingga kita perlu melakukan inovasi bisnis untuk menarik mereka kembali agar pelanggan tersebut tidak ‘pergi’ ke tempat lain.

Ini sangat penting bagi perusahaan dengan banyak pesaing. Oleh karena itu, sangat penting untuk berinovasi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis ayam goreng untuk menyibukkan bisnis ayam Anda dengan pengunjung, selain melestarikan rasa yang sudah Anda miliki, Anda perlu menawarkan inovasi ayam baru seperti Ayam Gefrek, Ayam Saus Telur Asin, Ayam Krim, dll.

Selain mempertahankan pelanggan yang sudah ada, inovasi memungkinkan bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru di berbagai sektor.

Rencanakan Keuanganmu dengan Baik

Mengapa aspek ini diperlukan untuk pengembangan UKM? Karena banyak perusahaan yang bangkrut karena kesalahan dalam pengelolaan keuangan, kesalahan pengelolaan tersebut disebabkan oleh tidak adanya pemantau laba rugi.

Salah satu cara untuk mengelola keuangan Anda dengan lebih baik adalah dengan memiliki sistem pencatatan yang bersih dan laporan keuangan yang teratur.

Ada banyak perangkat lunak yang tersedia saat ini yang dapat membantu perekaman ini. Keuntungan lain dari pengorganisasian catatan dan laporan keuangan adalah dapat digunakan sebagai dokumen pendukung saat mengajukan pinjaman usaha.

Kenali Pesaing Lain

Bisnis biasanya memiliki puluhan atau ribuan orang yang memiliki produk yang sama yang mereka pasarkan. Itulah pesaing kita, dan penting untuk mengetahui apa kekuatan dan kelemahan mereka dibandingkan dengan kita.

Baca Juga :  Berikut Cara Membuat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Tentunya dengan memahami bisnis mereka, Anda dapat menentukan apa yang dapat Anda tingkatkan atau tekankan sebagai pembeda dari produk atau layanan pesaing Anda.

Persaingan telah menjadi hal yang lumrah dalam bisnis, dan tidak perlu dikatakan lagi bahwa sebuah bisnis perlu dibedakan dari para pesaingnya.

Penggunaan Pinjaman Usaha

Salah satu kendala sebagian besar usaha kecil untuk mengembangkan usahanya adalah keterbatasan modal kerja. Ketika usaha kecil menambah cabang ke lokasi baru, menambah peralatan produksi (mesin), atau membutuhkan dana bantuan sementara untuk proyek baru, modal tambahan jelas diperlukan.

Pembiayaan pinjaman usaha kecil dapat menjadi solusi untuk menambah modal tambahan dan lebih murah daripada menjual sebagian kepemilikan Anda kepada mitra (pembiayaan ekuitas). Pinjaman usaha biasanya dibiayai oleh bank, namun ada syarat yang biasanya sulit dipenuhi oleh usaha kecil, salah satunya membutuhkan agunan berupa aset tetap (tanah dan bangunan).

Untuk pembahasan tentang Bisnis, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *