Penyebab Ban Motor Sering Kempes atau Bocor Halus

AMPMORI.comPenyebab ban motor sering kempes atau bocor halus. Apakah Anda sering mengalami ban motor kempes atau bocor halus? Tentunya kondisi ban sepeda motor yang tiba-tiba bocor sehingga sering membuat bingung banyak orang.

Tentu saja, ban tiba-tiba kempes tanpa sebab yang jelas dan tidak diketahui. Hal ini menjadi kendala utama untuk melakukan perjalanan, terutama bagi orang-orang dengan aktivitas mobilitas tinggi.

Pada dasarnya penting untuk diketahui bahwa ban kempes secara tiba-tiba pada sepeda motor merupakan indikasi adanya kebocoran pada area ban sepeda motor itu sendiri.

Mengingat berbagai kemungkinan penyebab ban bocor secara tiba-tiba seperti ini, bukan tanpa alasan.

Tentu saja, Anda perlu memahami penyebab ban kempes secara tiba-tiba. Hal ini karena membiarkannya akan merusak permukaan roda ban dan pastinya akan menghambat perjalanan Anda.

Nah, sebagai catatan, ampmori berbagi informasi mengenai penyebab ban motor tiba-tiba kempes agar bisa mendeteksi masalah utama penyebab bocornya ban motor dengan lancar.

Penyebab Ban Motor Sering Kempes

Beberapa hal yang terjadi adalah kondisi ban bocor umumnya lunak adalah benda asing tajam yang menembus permukaan ban menciptakan rongga yang memungkinkan udara keluar di dalam ban. Lihat ulasan lengkapnya untuk lebih jelasnya.

Nipple/Seal Pentil Mulai Pecah

Faktor pertama yang sangat mungkin menyebabkan tusukan tiba-tiba adalah masalah puting.

Sebagai informasi dasar, di sini nipple adalah media yang digunakan untuk memompa ban. Ini dirancang untuk memungkinkan udara masuk lebih mudah saat mengembang ban.

Pada umumnya, untuk mencegah keluarnya udara yang masuk ke dalam ban, puting ban dilapisi dengan rubber seal atau karet.

Ban sepeda motor yang cepat kempes mungkin disebabkan oleh seal yang rapuh pada klep atau nipel. Dimana penyebabnya karena faktor usia.

Saat seal karet mulai putus, tentunya akan ada lubang yang memungkinkan angin mudah keluar.

Sebaiknya Anda memeriksa bagian ini terlebih dahulu sebelum mengganti ban Anda. Segel dapat diatasi agar tidak ada lagi udara yang keluar dari ban.

Ada Sumbatan di Velg dan Frame Ban

Selain itu, penyebab lain yang sangat logis terkait dengan kondisi ban sepeda motor yang cepat kempes atau bocor dengan lancar adalah adanya partikel kecil yang menempel pada roda dan rangka ban.

Partikel kecil ini bisa berupa pasir atau kerikil kecil yang masuk melalui lubang atau di antara roda dan ban.

Hal ini sering terjadi saat melintasi jalan berlumpur, yang otomatis menyebabkan ban motor Anda becek hingga ke roda.

Lumpur pasti mendapat sedikit grit yang berpotensi masuk ke celah antara roda dan rangka ban.

Guncangannya adalah kondisi ini akan menyumbat area antara rangka ban dan roda dan memungkinkan udara keluar melalui rongga.

Tidak berhenti di situ, dan potongan-potongan kerak pelek di bagian dalam menyumbat celah ini, sehingga sering terjadi kebocoran di area sambungan pelek ban.

Secara umum, kondisi kerak pelek ini sering terjadi pada ban tubeless karena pengaruh cairan anti bocor yang mengelupas permukaan pelek. Dengan demikian, hasil delaminasi adalah partikel penghambat antara rangka ban dan roda sepeda motor.

Permukaan Ban Tipis

Penyebab lain ban mudah kempes adalah permukaan ban biasanya mulai menipis.

Mengingat permukaan ban tipis atau botak ini, ada alasan mengapa ban sangat rentan bocor. Juga, jika Anda sering melewati medan berbatu.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa jika ban tipis, permukaan ban dapat retak dan menyebabkan ban pecah.

Oleh karena itu, ketika ban menjadi tipis dan mulai bocor, disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru.

Pada kondisi ini, saat tekanan ban tinggi, kemungkinan ban pecah atau meledak di tengah jalan sangat tinggi.

Kami merekomendasikan hanya mengganti ban tubeless yang telah melampaui ketahanan tusukan. Sehingga perjalanan Anda akan terasa lebih aman dan nyaman.

Padahal, secara tidak langsung akan membuat velg lebih awet.

Terlambat Memompa Ban

Siapa sangka? Jika Anda terlambat untuk sering memompa ban kempes, ban motor Anda akan cepat kehabisan udara di kemudian hari.

Kondisi ini sangat umum dan dialami oleh banyak pemilik mobil. Sebab, secara tidak langsung, lekukan terjadi pada permukaan ban ketika ban kempes harus menahan beban.

Nah, penyok atau lipatan pada ban ini berpotensi menyebabkan ban bocor. Jika Anda menusuk atau lebih buruk, penyok bisa robek dan membiarkan angin keluar dengan mudah.

Oleh karena itu, selalu merupakan ide yang baik untuk memeriksa tekanan udara Anda secara teratur, memompa ban Anda dan jangan menunggu sampai benar-benar habis untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Sering Membawa Beban Berat

Jika sepeda motor Anda sering digunakan untuk membawa beban berat, wajar jika Anda memberikan tekanan berlebih pada ban sepeda motor Anda.

Sebenarnya memuat beban yang berat bukanlah masalah asalkan bobot beban tersebut memenuhi prosedur atau standar yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Pasalnya, jika beban melebihi batas kapasitas maksimal, ada kemungkinan ban akan bocor dengan lancar akibat tekanan yang berlebihan.

Jadi ketika motor sering digunakan untuk membawa beban, tekanan di udara ban memaksa udara ban keluar. Apalagi jika medan yang Anda lalui berbatu. Jelas, itu akan sangat meningkatkan kemungkinan kebocoran lunak atau kondisi ban yang cepat kempes.

Melihat beberapa faktor penyebab di atas, tentunya banyak orang yang tidak menyadari bahwa penggunaan sepeda motor yang tidak tepat, seperti terlambat memompa atau membawa beban berat, berpotensi menimbulkan tekanan ban. Karena itu, ban cepat bocor.

Tidak hanya itu, terkadang memarkir sepeda motor di tempat terbuka dalam cuaca panas menyebabkan angin ban mengembang. Oleh karena itu, kemungkinan besar ban akan bocor.

Demikian artikel mengenai penyebab ban motor tiba-tiba kempes, yang mungkin bisa menjadi informasi atau referensi untuk anda semua. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber : https://www.semisena.com/tips/penyebab-ban-motor-sering-kempes

Untuk pembahasan tentang Automotive, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.