Komponen Motor Harus Dirawat Secara Teratur, Kamu Bisa Lakukan Sendiri

AMPMORI.comKomponen motor harus dirawat secara teratur, kamu bisa lakukan sendiri. Tentunya memiliki sepeda motor akan menuntut Anda untuk merawatnya nanti dalam berbagai tahapan untuk memastikan performa sepeda motor Anda dalam kondisi terbaiknya.

Merawat motor bukan hanya soal menjaga kebersihan bodi, tapi juga soal menjaga performa tiap komponen.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa segmen dari sekian banyak komponen motor yang paling penting dan harus selalu diperhatikan.

Tak heran jika beberapa komponen ini dianggap paling berperan penting dalam mempengaruhi performa atau performa sebuah motor secara signifikan.

Dilihat dari hal tersebut, sudah selayaknya pemilik kendaraan roda dua memahami apa saja komponen-komponennya dan bagaimana melakukan langkah-langkah perawatan yang sederhana.

Hal ini dikarenakan motor mudah rusak jika diabaikan. Lebih buruk lagi, kami bahkan tidak tahu apa yang menyebabkan kerusakan.

Nah, pada artikel kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai tiga bagian motor yang perlu dirawat.

Berikut 3 Komponen Motor Harus Dirawat

Di antara sekian banyak komponen sepeda motor, tentunya beberapa bagian dari sepeda motor tentunya membutuhkan perawatan yang intensif.

1. Baterai Sepeda Motor

Sudah jelas dan tidak dapat disangkal bahwa aki sepeda motor merupakan sumber sistem kelistrikan sepeda motor yang tidak dapat dilepas.

Selain itu, hampir 90% dari keseluruhan kinerja sistem adalah motor atau skuter otomatis yang dikendalikan oleh sistem kelistrikan melalui baterai.

Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat merawat aki sepeda motor khususnya pada sepeda motor matic. Beberapa aspek menjaga kinerja aki sepeda motor Anda dapat dicapai dalam beberapa langkah sederhana. diantara mereka :

Hindari Menggunakan Aksesori Lampu yang Berlebihan

Menggunakan lampu sebagai aksesori dapat merusak aki sepeda motor Anda. Jadi, jika Anda ingin menambahkan aksesori pencahayaan, lebih baik menggunakan baterai dengan daya yang lebih besar. Tentunya sesuai standar pabrik.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Starter Elektrik

Misalnya, disaat mesin dingin di pagi hari, disarankan buat menghidupkan mesin dengan tuas starter. Saat menggunakan starter elektrik, aki motor justru bermasalah, sehingga sering boros karena motor masih dingin.

Periksa Selalu Keyprok

Kiprok berperan sebagai regulator yang mensuplai listrik ke baterai, terutama pada saat fase charging. Jika Anda mengalami tanda-tanda seperti lampu motor yang redup atau tidak stabil, kemungkinan salah satu penyebabnya adalah pada kiprok Anda yang mulai rusak dan perlu segera diganti.

Ganti Baterai Secara Teratur

Baterai sepeda motor memiliki umur. Ganti aki sepeda motor bila sudah waktunya atau aki mulai menunjukkan tanda-tanda daya rendah. Terutama untuk sepeda motor yang menggunakan baterai.

2. Rem Sepeda Motor

Komponen lain yang sangat menginginkan perhatian serta perawatan merupakan sistem pengereman sepeda motor kamu.

Hal ini dikarenakan rem sepeda motor sendiri memiliki peran dan fungsi yang penting untuk menunjang keselamatan pengguna saat berkendara.

Itu harus ada untuk mengontrol kecepatan motor saat memasok gas dengan kecepatan tinggi tanpa alasan. Jadi rem benar-benar bisa mengurangi kecepatan motor.

Oleh karena itu, langkah-langkah perawatan berikut harus dilakukan untuk memastikan rem dalam kondisi baik.

Periksa dan Ganti Minyak Rem Secara Teratur

Langkah pertama untuk merawat rem sepeda motor Anda adalah dengan selalu memeriksa dan mengganti minyak rem Anda secara rutin.

Mengingat minyak rem memiliki kemampuan untuk memaksimalkan kinerja rem cakram, perlu diketahui bahwa minyak rem memegang peranan yang sangat penting. Performa rem cakram sangat bergantung pada piston master rem.

Pastikan Kaliper Bersih

Beberapa sepeda motor yang biasanya menggunakan rem cakram umumnya lebih rentan terhadap kotoran atau kotoran.

Tentu saja, mengingat rem cakram, itu sangat terbuka. Karena itu, sangat mungkin menimbulkan risiko menempel pada kanvas rem atau piston.

Di sisi lain, kaliper rem praktis tidak rusak. Namun, jika pemasangannya salah, posisinya tidak akurat dan hanya bergetar.

Secara umum, grip disc disc akan cepat aus jika dipasang dengan tidak benar. Ada alasan yang diberikan bahwa bagian tertentu dari kaliper akan terus bergesekan dengan disk.

Jadi pastikan kaliper rem bersih dan pada posisi yang benar.

3. Ban Sepeda Motor

Aspek lain yang merupakan komponen penting yang harus dijaga pada sepeda motor adalah ban sepeda motor. Mengingat, ban sepeda motor memiliki fungsi pelindung velg atau velg.

Di jalan, ban yang tidak dirawat dapat dengan mudah aus dan meledak kapan saja.

Untuk itu diperlukan perawatan rutin untuk menjaga performa atau keawetan ban sepeda motor itu sendiri.

Periksa Tekanan Ban Secara Teratur

Salah satu perawatan ban sepeda motor adalah dengan melakukan pengecekan tekanan angin ban secara rutin. Pastikan tekanan ban memenuhi standar atau prosedur pabrikan. Sehingga Anda akan merasa nyaman saat motor berjalan dan tekanan pada ban akan seimbang.

Gunakan Nitrogen

Nitrogen direkomendasikan sebagai pengisi untuk menjaga tekanan ban lebih kencang dan lebih fleksibel. Nitrogen dinilai mampu memberikan tekanan yang seragam pada ban dan tidak semudah mengembang seperti udara biasa.

Menghindari Membawa Beban Berlebihan

Di satu sisi, tidak dapat dipungkiri bahwa beban berlebih pada sepeda motor sangat rentan terhadap kram lebih lanjut pada ban sepeda motor. Ini meningkatkan kemungkinan ban bocor atau bocor. Apalagi ban tipis. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda memuat sesuai dengan kapasitas Anda atau batas maksimum yang dapat Anda bawa.

Hindari Memarkir Sepeda Motor di Bawah Sinar Matahari Langsung

Kemudian cara lain yang sangat efektif untuk memastikan keawetan ban sepeda motor Anda adalah dengan sebisa mungkin menghindari parkir sepeda motor Anda di bawah sinar matahari langsung.

Matahari yang terik membuat ban sepeda motor menjadi panas, menyebabkan ban cepat mengembang dan akhirnya mengempis secara tiba-tiba.

Setelah mengenali tiga komponen terpenting sepeda motor yang perlu dirawat, Anda tentu bisa memahami apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat ketiga komponen terpenting tersebut.

Sementara itu, selain ketiga komponen di atas, Anda juga perlu mengelola beberapa komponen lainnya. Divisi mekanik, misalnya, terdiri dari busi dan rangkaiannya serta bagian bodi motor yang memerlukan perhatian khusus.

Namun tentunya ketiga komponen di atas merupakan aspek terpenting penunjang performa motor. Saya berharap ketiga komponen motor harus dirawat di atas dapat membantu Anda dalam menjalani tahap perawatan kendaraan roda dua Anda.

Untuk pembahasan tentang Automotive, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.