Penyebab Motor Matic Mogok Mendadak dan Cara Mencegahnya

AMPMORI.comPenyebab motor matic mogok mendadak dan cara mencegahnya.  Motor matic saat ini menjadi kendaraan yang paling disukai masyarakat Indonesia untuk menunjang kebutuhan transportasinya.

Praktis dan efisien menjadi faktor utama yang membuat banyak konsumen memilih kendaraan untuk memilih sepeda motor matic. Selain itu, motor matic mendukung semua fungsi yang berfungsi sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.

Maka tidak heran jika situasi pasar sepeda motor transmisi otomatis di pasar mobil Indonesia selama ini terus berlanjut.

Namun, Anda harus selalu menyiapkan sepeda motor matic Anda dan berhati-hati untuk memastikan bahwa Anda nyaman mengendarainya di mana saja, kapan saja.

Hal ini karena beberapa bagian berpotensi rusak jika tidak ditangani. Seperti motor matic yang tiba-tiba mogok tanpa sebab.

Bahkan, dalam beberapa kasus, motor tidak bisa dihidupkan sama sekali. Tentu saja, ini adalah masalah yang perlu diperbaiki.

Nah, sebagai bahan pertimbangan dan pengetahuan lebih lanjut, ada beberapa penyebab yang menyebabkan motor matic mendadak mati. Sekarang, mari kita lihat ulasan lengkapnya.

Penyebab Motor Matic Mogok Mendadak

Jika ada akibat, tentu ada penyebabnya. Nah, penyebab motor matic tiba-tiba mati atau tidak menyala biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah:

Mesin Terlalu Panas

Salah satu penyebab kematian mendadak motor matic yang paling mungkin adalah mesin terlalu panas (overheating).

Biasanya, motor tidak berhenti atau terus digunakan tanpa henti selama lebih dari 24 jam, yang mengakibatkan kondisi seperti panas berlebih.

Baca Juga :  Komponen Transmisi Mobil Manual yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Maka tak heran jika kondisi tersebut memicu sistem pembakaran atau gesekan antara piston dan liner terlalu panas.

Akibatnya, suhu mesin naik dengan cepat, menyebabkan piston dan liner boring menjadi tersumbat.

Solusi untuk mencegahnya adalah dengan membiarkan motor beristirahat selama beberapa menit atau jam jika perjalanan jauh. Untuk mengembalikan kinerja liner piston yang mengalami kenaikan suhu akibat operasi paksa.

Namun jika kondisi motor rusak terus berlanjut, sebaiknya segera bawa motor Anda ke bengkel untuk pemeriksaan lebih mendalam.

Tangki Bahan Bakar Masuk Air

Tentu saja, masalah lain yang menyebabkan kegagalan motor adalah adanya air di tangki bahan bakar.

Hal seperti ini jarang terjadi, namun bisa terjadi pada sepeda motor matic. Jadi, Anda harus memastikan bahwa tangki benar-benar mendapatkan air.

Pasalnya, ketika kandungan air di dalam tangki bercampur dengan bahan bakar, otomatis mengganggu proses pembakaran di ruang bakar bensin tentunya.

Hal ini menyebabkan motor gagal atau menimbulkan gejala ringan pada motor seperti berderit saat dikendarai.

Tentu saja, bengkel harus memeriksa apakah tangki bahan bakar benar-benar penuh dengan air.

Disarankan juga untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi seperti Pertamax. Semakin tinggi oktan, semakin baik.

Maka pembakaran akan lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan akan lebih rendah. Karena itu, motor tidak mudah rusak.

Setelan Klep Salah

Di sisi lain, pemasangan atau penyetelan katup yang tidak tepat dapat berpotensi menyebabkan gejala kegagalan motor otomatis.

Tentu saja valve yang tidak dipasang sesuai dengan standar prosedur pabrikasi akan membuat mesin tidak optimal. Ini meningkatkan suhu mesin.

Baca Juga :  Cara Menjaga Rantai Motor Agar tidak Mudah Kendor dan Karatan

Pemasangan katup yang tidak tepat biasanya disebabkan oleh servis di bengkel informal. Oleh karena itu pemasangannya juga kurang hati-hati dan posisi valve tidak benar atau sesuai prosedur.

Jadi, jika Anda mendapati motor mobil Anda rusak, Anda bisa memeriksakan klep pada sepeda motor Anda di bengkel resmi. Ada alasannya, mengingat sangat mungkin dan klep yang tidak terpasang dengan benar bisa menjadi pemicu kondisi motor matic yang sering gagal.

Kualitas dan Volume Oli Berkurang

Kemudian penyebab lain yang bisa menyebabkan kondisi motor matic mati mendadak bisa jadi karena penurunan kualitas atau volume oli.

Di sini, kualitas kandungan oli berkaitan dengan kinerja pemeliharaan semua komponen di kompartemen mesin motor.

Tidak dapat dipungkiri bahwa selain sebagai pelumas, tentunya oli juga berperan sebagai penstabil suhu mesin pada saat dijalankan/starting.

Kualitas oli yang buruk pasti akan mempengaruhi suhu mesin dan hasil pelumasan yang tidak terkontrol.

Berkurangnya level oli juga dapat menyebabkan kegagalan motor otomatis. Hal ini dikarenakan volume oli yang dibutuhkan tidak mencukupi.

Oleh karena itu, Anda harus selalu memilih oli mesin sepeda motor otomatis bermutu tinggi yang memenuhi spesifikasi motor Anda.

Kemudian, ketika jumlah oli berkurang, naikkan volume hingga batas indikator oli.

Radiator Tidak Berfungsi

Tentunya suhu mesin motor yang panas membutuhkan pendinginan yang cepat agar tidak overheat.

Karena kita tahu bahwa kondisi mesin motor yang terlalu panas bisa menyebabkan mesin mati mendadak.

Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan radiator yang merupakan salah satu bagian penting yang berperan dalam menjaga suhu mesin di dalam mesin.

Baca Juga :  All New Yamaha R15 Sudah Dilengkapi Fitur Konektivitas

Bukan karena suatu alasan. Karena sektor radiator menjadi sangat penting, apalagi jika mesin motor tiba-tiba mati.

Di dalam radiator terdapat coolant sebagai pendingin. Dengan kata lain, untuk memastikan motor mobil Anda dalam kondisi prima dan mesin Anda tidak rusak, Anda harus memeriksa bagian pendingin pada radiator sepeda motor Anda.

Karena itu, wajar jika Ana sang pemilik mobil selalu mengecek kondisi radiator motor untuk mengontrolnya. Termasuk kapasitas pendingin tangki pendingin.

Di sini penting untuk selalu mengecek kondisi radiator pada sepeda motor matic, kecuali beberapa komponen yang telah disebutkan sebelumnya.

Salah satunya, sudah jelas dan pasti bahwa kondisi motor yang sering rusak tidak akan jauh berbeda dengan masalah yang ada di mesin dan ruang bakar.

Oleh karena itu, beberapa penyebab di atas selalu berkaitan dengan sistem operasi mesin kendaraan matic.

Tidak berhenti sampai di situ saja, namun kondisi motor matic yang sering mogok juga bisa menjadi pertanda sudah saatnya mematikan mesin. Terutama motor matic tua.

Nah, bersama dengan informasi berbagai penyebab sepeda motor matic mogok mendadak di atas, saya berharap dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda semua.

Untuk pembahasan tentang Automotive, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *