Cara Mematikan Lampu ABS Mobil Ketika Tetap Menyala

AMPMORI.comCara mematikan lampu ABS mobil ketika tetap menyala. Kemajuan teknologi di dunia otomotif berdampak positif dari segi fitur keselamatan.

Hampir semua mobil yang ada saat ini memiliki rem ABS. ABS adalah singkatan dari Anti-lock Brake System. Jika mobil Anda memiliki rem ABS, ada lampu indikator khusus di panel indikator.

Namun, ternyata ada masalah yang bisa terjadi saat lampu ABS menyala. Bagaimana cara mematikan lampu ABS mobil?

Teknologi ABS sangat berguna untuk mencegah sistem pengereman terkunci saat melakukan pengereman keras. Tentu saja, jika ban terkunci, mobil bisa kehilangan kendali. Rem ABS menghindari risiko ini.

Saat rem ABS diaktifkan, lampu indikator khusus pada panel layar akan menyala. Namun, jika lampu ABS masih menyala, mungkin ada masalah lain. Cara mematikan lampu ABS, lihat petunjuk di bawah ini.

Baca Juga :  Penyebab Aki Mobil Soak atau Cepat Tekor, Pahami dan Kenali Beberapa Faktornya

Penyebab Lampu ABS Mobil Menyala

Ada beberapa alasan mengapa lampu ABS tetap menyala :

  • Minyak rem mobil berkurang atau rendah
  • Ada masalah dengan unit kontrol
  • Periksa bagian bohlam standar
  • Masalah speed sensor
  • Masalah kabel dalam sistem mesin
  • Kerusakan atau kegagalan dalam pemompaan
  • Kerusakan solenoid

Melihat daftar di atas, Anda dapat melihat bahwa ada beberapa penyebab masalah ini. Wajar jika indikator menyala saat sistem sedang berjalan.

Jika lampu tetap menyala meskipun pedal rem tidak ditekan, atau jika lampu tetap menyala saat mobil baru distarter, ada masalah lain.

3 Cara Mematikan Lampu ABS Mobil 

Sekarang Anda perlu tahu cara mematikan lampu ABS mobil yang bergerak terus menerus. Sebenarnya masalah di atas bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Baca Juga :  Jenis Sistem Pendingin Sepeda Motor dan Cara Kerjanya

1. Periksa Sensor Lampu ABS

Pertama, Anda dapat memeriksa bagian sensor lampu sistem ABS. Dimana sensor ABSnya? Ini sebenarnya di roda mobil. Anda dapat memeriksa kabel di dekat roda depan. Apakah permukaan kabel rusak.

Masalahnya adalah sensor mendeteksi ketika bantalan rem menipis. Oleh karena itu, level minyak rem secara otomatis turun. Inilah sebabnya mengapa lampu ABS menyala.

2. Bersihkan Throttle Body

Cara kedua adalah membersihkan throttle body. Anda dapat membuka selang saluran udara ke bagian mesin mobil Anda. Oleskan semprotan pembersih yang sudah habis terjual di toko onderdil mobil. Ingatlah bahwa penyedot debu yang digunakan khusus untuk bisnis otomotif, bukan pembersih rumah tangga atau apa pun.

Baca Juga :  Cara Memeriksa Polis Asuransi Mobil TLO dan All Risk

Kejutan pertama yang Anda rasakan setelah menyemprotkan semprotan pembersih adalah mesin batuk. Tapi kasus ini tidak akan bertahan lama. Jika mesin normal, aliran udara di throttle body akan bersih.

3. Bawa ke Bengkel Resmi

Bagaimana jika masih menyala? Hal terakhir yang bisa Kamu jalani buat mengatasi permasalahan ini merupakan dengan membawa mobil Kamu ke bengkel resmi.Tentu saja, ini bukan bengkel sembarangan.

Untuk pembahasan tentang Automotive, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *