Masalah Suara Berdecit Pada Ban Belakang Mobil

AMPMORI.comMasalah suara berdecit pada ban belakang mobil. Suara cit cit dari ban belakang mobil adalah sinyal yang dapat didengar dari kendaraan dengan komponen eksternal atau internal yang rusak atau bermasalah.

Misalnya, suara derit ban belakang mobil setiap kali Anda memutar setir atau mengemudi di jalan yang lurus.

Suara mencicit dari ban belakang mobil dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Tekanan ban rendah, mulai dari kampas rem yang kotor hingga kompon ban terlalu lembek.

Apa Penyebab Suara Berdecit Pada Ban Belakang Mobil

Ada banyak penyebab suara mencicit. Untuk menghilangkan noise, Anda harus terlebih dahulu memahami masalahnya. Kursi mobil pasti tidak ada. Suara mencicit membuat perjalanan tidak nyaman. Berikut adalah beberapa alasan.

1. Kampas Rem Kotor

Bunyi mencicit dari ban belakang mobil sering kali disebabkan oleh kampas rem yang kotor. Desain rem cakram mobil jenis ini terbuka, sehingga segala macam kotoran dari luar bisa masuk ke dalam kampas rem. Akibatnya, area ini menjadi kotor oleh debu dan kerak.

Baca Juga :  Harus Teliti! Inilah Ciri Mobil Matic Bermasalah

Jika kampas rem kotor, Anda akan mendengar suara mencicit dan “mencicit” saat rem diinjak.

Pembersihan diperlukan untuk menghilangkan debu dan meminimalkan gesekan antara kotoran pada kampas rem dan cakram rem yang berputar.

Kampas rem mobil yang aus juga harus menjadi masalah saat dibersihkan dan memerlukan pemeriksaan rutin. Hal ini dapat mencegah mobil menarik rem dan, jika diabaikan, dapat menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

2. Sudut Ban Tidak Seimbang

Sudut ban mobil seperti chamber, caster dan toe-in/toe-out diatur dengan benar saat kendaraan berada di pabrik.

Namun, faktor penggunaan pada akhirnya dapat menggeser sudut ini, mengubah sudut rotasi mobil. Jika sudut putaran diubah, Anda akan melihat suara mencicit dari ban belakang mobil karena gesekan antara ban yang lebih besar dan aspal dari biasanya.

Baca Juga :  Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik

Keausan ban satu sisi biasanya disebabkan oleh sudut ban yang tidak seimbang. Untuk itu, selalu periksa tekanan angin ban dan perhatikan ukuran ban saat mengganti.

3. Per Daun Kering

Pegas daun adalah pegas berbentuk piring panjang seperti daun pandan. Mata air ini terletak di atas ban dan memiliki kekuatan yang luar biasa.

Tidak heran jika pegas daun hanya dapat ditemukan pada kendaraan besar seperti truk dan kendaraan niaga. Namun, beberapa dari mereka masih digunakan pada mobil dari kurang dari tahun 1990.

Secara umum, semakin berat kendaraan, semakin banyak per daun. Jika kendaraan Anda adalah salah satu kendaraan yang disebutkan di atas, suara derit dari ban belakang kendaraan Anda mungkin disebabkan oleh kurangnya pelumasan pegas daun kering.

4. Tekanan Angin Ban Kurang

Sebelum memikirkan lebih jauh apa penyebab bunyi cit-cit dari ban belakang mobil Anda, sebaiknya periksa dulu tekanan udara di dalam mobil Anda.

Penyebab masalah mencicit mungkin karena tekanan ban yang tidak memadai, yang menyebabkan gesekan antara permukaan ban dan aspal meningkat. Biasanya, tekanan ban yang ideal untuk ban mobil berada pada kisaran 29-33 PSI untuk sedan dan 34-36 PSI untuk mobil penumpang atau mobil keluarga. Jika Anda mendengar suara mencicit, pertama-tama sesuaikan tekanan ban ke standar.

Baca Juga :  Penyebab Aki Mobil Soak atau Cepat Tekor, Pahami dan Kenali Beberapa Faktornya

5. Compound Ban Terlalu Lunak

Masalah mencicit dari ban belakang mobil bisa disebabkan oleh kompon ban yang terlalu lunak. Faktanya, kompon ban lunak adalah yang dibutuhkan mobil Anda. Ini karena traksi di aspal lebih baik.

Namun, permukaan halus ini lebih cepat terkikis dan berisiko menimbulkan gesekan besar antara ban dan aspal. Oleh karena itu, model ban komposit hanya disarankan untuk digunakan di jalan basah.

Untuk pembahasan tentang Automotive, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *