Yuk Pelajari Cara Berinvestasi dengan Mudah

AMPMORI.comYuk pelajari cara berinvestasi dengan mudah. Seorang investor pemula harus terlebih dahulu mempelajari saham sebelum mereka dapat menggunakan salah satu kendaraan investasi agresif ini sebagai kendaraan untuk mencapai tujuan keuangan mereka.

Ada banyak cara untuk belajar keuangan, salah satunya adalah belajar saham. Anda dapat mengikuti akun yang berguna di buku, artikel, dan media sosial, mendengarkan podcast, menonton YouTube, dan mengikuti kelas keuangan.

  • Padahal, apa yang Anda inginkan, bagaimana Anda belajar, dan prinsip-prinsip berinvestasi adalah sama, dan ini adalah hal pertama yang harus dipahami.
  • Keuntungan tinggi, risiko tinggi. Setiap investasi yang menjanjikan imbal hasil tinggi selalu membawa risiko yang berbanding lurus. Tidak pernah ada yang namanya “keuntungan besar tanpa risiko”. Jika seseorang membujuk Anda dengan janji menggiurkan ini, itu bisa menjadi investasi palsu, jadi berhati-hatilah.
  • Investasikan hanya pada alat yang benar-benar memahami cara kerjanya. Jika Anda memahami deposito, investasikan uang Anda dalam deposito. Setelah Anda mempelajari dan memahami cara kerja reksa dana, Anda dapat menyetor dana di sana. Hal yang sama berlaku untuk belajar saham. Untuk berinvestasi di saham, pertama-tama pahami cara kerja saham, mengapa perusahaan menjual saham, bagaimana saham dijual di bursa saham, cara kerja dividen, dan banyak lagi.
  • Investasikan dengan uang yang dialokasikan untuk investasi Anda, bukan untuk uang belanja harian Anda, uang sekolah anak Anda, dan kebutuhan lain yang sudah dialokasikan.

Mulai dari Nominal Kecil untuk Berinvestasi dengan Mudah

Hari ini kami menikmati manfaat dari kemudahan berinvestasi dalam berbagai instrumen tergantung pada tujuan dan kemampuan kami. Karena itu harus menjadi investasi yang bisa dilakukan siapa saja.

Tepatnya, jika Anda masih pemula, ada baiknya memulai dengan nominal kecil terlebih dahulu untuk mempelajari saham. Stok banyak terjual. 1 lot terdiri dari 100 lembar saham. Kita bisa membeli minimal 1 lot saham.

Misalnya harga saham WXYZ adalah Rp. Jika tertulis 100, Anda perlu membeli minimal Rp. Anda perlu menyiapkan dana 10.000. Sekarang, tergantung pada modal Anda, berapa banyak Anda ingin mulai berinvestasi?

Nah, mulailah dengan nominal kecil yang tidak mengganggu anggaran harian dan tugas lainnya. Dengan kata lain, ia menggunakan “uang dingin”. Jadi pekerjaan sehari-hari Anda tidak terganggu dan investasi Anda terus berlanjut.

Idealnya, pos investasi dan tabungan Anda adalah 10% dari total pendapatan Anda setiap bulan. Anda dapat membagi jumlah ini menjadi beberapa pos investasi dan tabungan sesuai kebutuhan.

Cari Aman

Jika Anda masih dalam tahap belajar saham, ada baiknya Anda mendalami terlebih dahulu saham-saham perusahaan besar yang sudah terpercaya di bidangnya. Istilahnya saham blue chip.

Apakah ini berarti pasti aman untuk berinvestasi di saham blue-chip? Tentu saja tidak. Kita perlu meninjau kembali poin pertama di atas. Setiap produk investasi selalu mengandung risiko.

Saham blue chip juga memiliki tingkat risiko yang tinggi. Pada prinsipnya, untuk mempelajari suatu saham, Anda harus terlebih dahulu “mengenal” orang dengan risiko paling kecil.

Anda bisa mendapatkannya dari saham perusahaan yang memiliki fondasi yang baik, terpercaya, terkenal, memiliki produk yang bagus, dan bisnisnya tumbuh setiap tahun. Anda bisa mulai dengan mempelajari keterampilan analitis dasar.

Nah, dari semua bekal tips belajar yang disebutkan, ada satu hal yang sangat penting untuk diingat. Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi pada produk yang agresif, terutama saham, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa Anda dalam kondisi keuangan yang baik.

Jadi, lakukan pemeriksaan keuangan terlebih dahulu, tetapkan tujuan keuangan Anda, dan kemudian buatlah rencana keuangan yang komprehensif agar Anda dapat berinvestasi dengan mudah.

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.