Menjadi Investor Aktif atau Pasif yang Lebih Menguntungkan

AMPMORI.comMenjadi investor aktif atau pasif yang lebih menguntungkan. Dalam dunia investasi, ada dua strategi yang sering digunakan oleh investor terpercaya.

Yang pertama adalah strategi investasi aktif dan yang kedua adalah strategi investasi pasif. Keduanya merupakan strategi investasi dengan karakteristik dan risikonya masing-masing.

Mengenali kedua hal ini penting bagi Anda yang tertarik berinvestasi. Jadi, ambil langkah untuk mengelola aset keuangan Anda tanpa disesatkan. Mari simak ulasan berikut untuk lebih memahami apa itu investasi aktif dan pasif, dan kapan harus menggunakan kedua strategi tersebut.

Perbedaan Investor Aktif dan Investor Pasif

Apa itu investor aktif?

Investor Aktif, atau Investasi Aktif, adalah strategi investasi yang membutuhkan tindakan investasi berulang. Ini berarti investor secara teratur membaca kinerja investasi mereka dan kemudian memiliki sikap yang baik untuk membeli dan menjual investasi mereka sesuai dengan analisis mereka.

Strategi ini harus membaca situasi dengan cermat. Untuk alasan ini, tren pasar, kondisi ekonomi dan politik, dan kinerja perusahaan (emiten) adalah semua faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan strategi investasi aktif.

Contoh yang baik adalah berinvestasi di saham. Investor saham yang andal secara aktif memantau situasi dan kemudian memutuskan kapan harus membeli saham dan kapan harus menjualnya.

Investasi aktif lebih mahal karena kegiatan seperti ini harus mengeluarkan biaya setiap kali terjadi transaksi. Juga, risiko kegagalan jauh lebih besar, bahkan jika itu menawarkan potensi pendapatan yang menguntungkan.

Semakin banyak investor aktif membaca peluang dengan benar, semakin menguntungkan mereka. Di sisi lain, jika Anda membuat keputusan yang salah tanpa hati-hati membaca data yang Anda hasilkan, Anda bisa kehilangan uang.

Apa itu investor pasif?

Tidak seperti investor aktif, strategi investasi pasif memungkinkan investor untuk mengikuti naik turunnya kinerja indeks pasar tanpa harus sering bereaksi.

Strategi ini cocok untuk Kamu yang mau berinvestasi buat jangka panjang, sehingga tidak butuh memantau kinerja investasinya tiap hari.

Bagi investor pasif, prinsip tidak tertipu oleh pergerakan pasar juga penting. Hal ini buat menghindari rayuan untuk bereaksi ataupun mengantisipasi bermacam perkembangan di pasar.

Strategi ini juga membutuhkan biaya yang lebih rendah daripada investasi aktif, karena tidak banyak biaya yang terlibat dalam aktivitas jual beli.

Investasi ini juga cocok bagi Anda yang ingin menghindari risiko karena tidak memerlukan banyak analisa dan manuver. Beberapa contoh jenis investasi yang cocok untuk strategi ini adalah investasi real estate, asuransi konsolidasi unit, atau deposito berjangka.

Mana yang lebih menguntungkan investor aktif atau pasif?

Setelah mengetahui dua strategi ini, Anda mungkin bertanya-tanya mana yang lebih menguntungkan. Jawabannya adalah Anda perlu melihat kembali kepribadian dan tujuan investasi Anda.

Kalau Kamu berencana menjadikan investasi sebagai sumber penghasilan penting Kamu, strategi investasi aktif merupakan pilihan yang pas buat Kamu.

Sebenarnya, strategi ini membutuhkan kejelian dan pengalaman untuk melakukannya, tetapi risiko tinggi ini dapat menghasilkan manfaat yang lebih besar.

Strategi investasi pasif sesuai buat Kamu yang tidak mau terlalu fokus pada kegiatan investasi. Menginvestasikan sejumlah kecil uang dalam produk investasi pilihan Anda akan memungkinkan Anda untuk tumbuh dari waktu ke waktu dan menuai hasil di usia tua.

Baik strategi investasi aktif maupun pasif menguntungkan selama dijalankan dengan hati-hati. Selain itu, pilihlah strategi yang sesuai dengan kepribadian dan kesiapan finansial Anda agar tidak mengganggu kebutuhan Anda sehari-hari.

Juga, sebagai investor, jangan malas dan jangan mudah terstimulasi oleh tren yang bersifat sementara. Tren investasi seringkali tidak dapat diprediksi dan mudah berubah arah dalam jangka pendek. Jika Anda tergoda untuk terus mengejar tren ini, Anda bisa membuat kesalahan dan kalah.

Buatlah rencana investasi dan kemudian jalankan dengan disiplin dan hati-hati. Dengan begitu, apa pun strategi yang Anda gunakan, pasti bisa memberi Anda keuntungan finansial yang akan menguntungkan Anda.

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.