Melakukan Investasi yang Tepat untuk Membeli Rumah Impian

AMPMORI.comMelakukan investasi yang tepat untuk membeli rumah impian. Setiap orang memiliki rumah ideal yang mereka impikan. Ada juga alternatif rumah yang ideal untuk dipilih karena fasilitas yang lebih lengkap saat ini ditawarkan oleh banyak pengembang real estat.

Tak perlu dikatakan lagi, membeli rumah adalah investasi yang menggiurkan mengingat harga rumah akan terus naik setiap tahun.

Tapi, tentu saja, membeli rumah bukanlah tugas yang mudah. Bahkan, harga real estat yang terus meningkat juga mengharuskan Anda untuk mengembangkan strategi Anda sendiri, sehingga Anda dapat segera membeli rumah impian Anda.

Jenis Investasi yang Tepat untuk Membeli Rumah Impian

Menabung adalah salah satu langkah bijaksana yang harus Anda ambil untuk memiliki rumah impian. Namun, akan lebih efektif jika Anda mengalokasikan sebagian dari pendapatan Anda untuk investasi. Jadi uang Anda bisa bertambah dan Anda bisa menambah modal untuk membeli rumah.

Berikut beberapa strategi investasi yang perlu Anda ketahui untuk segera membeli rumah impian Anda

1. Investasi Emas

Emas saat ini menjadi salah satu jenis investasi yang populer di Indonesia. Ini mungkin karena emas merupakan aset yang likuid dan dapat dengan mudah dijual kapan saja. Selain itu, sejauh ini pergerakan harga emas relatif stabil. Bahkan cenderung terus meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga :  Berbagai Manfaat Berinvestasi yang Harus Anda Ketahui

Jenis investasi ini cocok jika Anda berencana membeli rumah dalam waktu 4-6 tahun ke depan. Walaupun sering dianggap sebagai jenis investasi dengan resiko minimun, berinvestasi emas cukup merepotkan buat uang dengan jumlah besar.

2. Deposito

Jika Anda lebih tertarik dengan jenis investasi jangka pendek ini, Anda bisa membuka deposito di bank yang Anda percaya. Prosedur pembukaan deposito tidak jauh berbeda dengan pembukaan rekening tabungan di bank. Namun, setoran awal minimum yang diperlukan cukup besar, sekitar Rp 5.000.000.

Deposito berjangka memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada deposito berjangka. Dengan kata lain, semakin lama atau lebih banyak uang yang Anda setorkan, semakin banyak bunga yang Anda peroleh dari hasil setoran.

Kelemahan dari deposito adalah Anda dapat menarik uang hanya untuk jangka waktu yang disepakati. Jika Anda memilih untuk menarik dana deposit Anda sebelum batas waktu yang ditentukan, Anda akan menghadapi sejumlah penalti yang tentunya cukup merugikan.

3. Saham

Jenis investasi jangka pendek lainnya yang saat ini digunakan orang adalah membeli saham. Saham ialah fakta penyertaan ataupun kepemilikan seorang dalam sesuatu perusahaan.

Bila Kamu mempunyai saham, Kamu sudah bisa dibilang sebagai salah satu owner perusahaan, tergantung besar kecilnya saham Kamu.

Saham itu sendiri dalam bentuk lembaran kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan, yang menyatakan bahwa pemilik kertas dengan nama dalam surat itu adalah pemilik perusahaan menurut kontrak. Jika perusahaan sehat, nilai saham yang dimilikinya naik dan bisa dijual dengan keuntungan yang cukup besar.

Baca Juga :  6 Jenis Investasi Bagi Pemula yang Harus Dicoba

Meskipun investasi ini cukup berisiko, namun dapat menghasilkan pengembalian yang cukup besar jika dilakukan dengan hati-hati. Dengan kata lain, kesuksesan meningkatkan peluang Anda untuk membeli rumah.

4. Reksa Dana

Reksa dana adalah salah satu cara termudah dan paling menjanjikan untuk berinvestasi. Nantinya, Anda akan membayar sejumlah uang ke agen khusus. Uang tersebut nantinya akan dipecah oleh pengelola aset menjadi beberapa kendaraan investasi seperti saham, obligasi atau deposito.

Lembaga yang mengelola uang Anda akan menggabungkan uang Anda dengan investor lain, sehingga Anda tidak perlu memulai investasi dengan uang dalam jumlah besar. Anda bisa mulai berinvestasi di reksa dana hanya dengan 100.000 rupiah hari ini.

Selain itu, reksa dana dikelola oleh manajer investasi kolektif yang ahli dan ahli di bidang investasi, sehingga Anda dapat berinvestasi tanpa pengalaman sebelumnya.

5. Asuransi Unit Link

Asuransi unitlink merupakan salah satu jenis asuransi hybrid. Premi yang Anda setorkan ke perusahaan asuransi Anda tidak hanya akan digunakan oleh perusahaan untuk melindungi Anda, tetapi sebagian akan diubah menjadi beberapa opsi investasi yang mungkin menguntungkan Anda. Singkatnya, Anda mendapatkan dua kali lipat manfaat pada saat yang sama.

Perlu diketahui kalau kesehatan juga ialah investasi yang sangat berharga. Tanpa kesehatan, proses kerja bisa terganggu serta pendapatan bisa terpengaruh.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Investasi Properti yang Memberikan Hasil Menjanjikan

Akan sangat membantu untuk memiliki asuransi jiwa yang dapat menjamin Anda tidak perlu menggunakan tabungan Anda jika terjadi hal buruk.

Apalagi pada akhirnya, Anda juga bisa mendapatkan pengembalian investasi yang dikelola oleh asuransi Anda. Tentu saja, asuransi UnitLink merupakan strategi investasi yang layak dipertimbangkan jika Anda berencana membeli rumah dalam jangka panjang.

Itu salah satu strategi investasi yang tepat untuk segera mewujudkan keinginan membeli rumah. Tentunya dengan terus menabung seiring dengan pengembalian investasi Anda, Anda akan lebih cepat siap untuk memiliki rumah impian yang sesuai secara finansial untuk Anda dan keluarga.

Pastinya tahap awal yang butuh Kamu lakukan ialah mempelajari secara detail plan investasi yang akan Kamu pilih. Ketahui apa kelebihan dan kekurangan Anda, dan sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda saat ini.

Meski menjanjikan, setiap investasi tetap membawa risikonya masing-masing. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan Anda agar mendapatkan hasil.

Jadi, apakah Anda sudah melakukan investasi yang tepat untuk membeli rumah impian Anda?

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *