Persiapan Investasi Masa Pensiun Terbaik yang Harus Dilakukan

AMPMORI.comPersiapan investasi masa pensiun terbaik yang harus dilakukan. Jenis investasi yang Anda pilih dengan hati-hati menentukan apakah Anda siap untuk pensiun atau masa tua.

Pilihan jenis investasi yang tersedia harus dipertimbangkan dengan cermat untuk menghindari dampak negatif jangka panjang dalam hal hasil. Apa yang harus saya perhatikan dan apa pilihan investasi terbaik untuk masa pensiun?

Cara Menghitung Dana Pensiun untuk Persiapan Investasi Masa Pensiun

Sebagai aturan, tidak ada standar yang jelas untuk jumlah dana pensiun individu. Jika usia pensiun rata-rata di Indonesia adalah 55 hingga 60 tahun, Anda setidaknya harus memiliki sejumlah uang untuk 20 hingga 25 tahun ke depan. Ini berarti bahwa umur seseorang adalah lebih dari 75 tahun.

Anda dapat menghitung dana pensiun Anda dengan menghitung biaya operasional bulanan yang dibutuhkan. Misalnya, angka itu sekitar Rp 10 juta per bulan. Biayanya sekitar 120 juta won per tahun. Itu belum termasuk inflasi sekitar 5% per tahun atau tambahan inflasi hingga Rp 6 juta per tahun yang terus tumbuh.

Idealnya, Anda harus memiliki 200 kali biaya hidup Anda di masa pensiun. Ini karena banyak faktor yang harus diperhitungkan, seperti kesehatan yang buruk, kejadian tak terduga dari segi mental atau aspek keuangan.

Angka ini merupakan cara perkiraan untuk menghitung dana pensiun yang dibutuhkan. Variabel antara usia pensiun, harapan hidup, faktor inflasi, dan kebutuhan bulanan tentunya menghasilkan angka yang berbeda untuk setiap individu.

Baca Juga :  Mengenal Diversifikasi Portofolio dan Jenisnya

Persiapan Investasi Masa Pensiun Terbaik

Tentu saja, mengumpulkan dana pensiun akan cukup sulit jika Anda hanya mengandalkan tabungan yang ada. Juga, mengandalkan tabungan saja tidak akan secara efektif mempersiapkan Anda untuk masa pensiun.

Masih ada beberapa jenis investasi yang ideal untuk masa pensiun. Hal ini tentunya tergantung pada tingkat risiko dan return yang lebih menguntungkan dalam jangka panjang, antara lain:

1. Dana Pensiun

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang opsi dana pensiun mana yang tersedia dalam diskusi lengkap kami tentang dana pensiun.

Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) didirikan dan diselenggarakan oleh perusahaan pemberi kerja yang menyelenggarakan program pensiun manfaat pasti bagi seluruh karyawan.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang dibuat oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa buat masyarakat biasa, karyawannya, serta pekerja mandiri.

Kedua jenis dana pensiun ini hampir identik dalam hal investasi yang mereka kumpulkan sebagai dana pensiun pekerja. Baik DPPK maupun DPLK umumnya menentukan sejumlah uang tertentu yang harus disetorkan setiap bulan untuk masuk ke rekening dana pensiun. Ini akan terakumulasi dengan aman nanti.

Secara keseluruhan, investasi dana pensiun ini sangat mirip dengan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Dana pensiun DPPK dan DPLK dapat dikelola oleh pihak swasta melalui bank/perusahaan asuransi.

2. Berinvestasi Saham

Kecenderungan menabung dapat dijadikan salah satu kategori investasi terbaik buat menyambut masa pensiun yang damai makmur. Ada beberapa pendekatan dalam berinvestasi saham yang tidak harus agresif, aman, dan bisa menjadi jaminan yang sangat kokoh.

Baca Juga :  Resiko Investasi Obligasi yang Harus Diketahui Agar Tidak Merugi

Peluang berinvestasi saham juga sangat praktis dan mudah diakses oleh siapa saja secara digital terpercaya. Anda dapat memilih untuk menabung dalam jumlah tertentu untuk membeli saham unggulan untuk memastikan manfaat pensiun yang aman melalui investasi saham. Anda juga bisa memilih emiten yang performanya andal dan cenderung naik dari waktu ke waktu.

Strategi investasi ini idealnya jangka panjang dan tidak berdagang secara impulsif. Cara ini juga menggunakan konsistensi sebagai janji untuk mendapatkan dana pensiun yang menguntungkan.

Dengan salah satu investasi terbaik ini untuk mendanai masa pensiun Anda, Anda bahkan tidak perlu mengikuti pergerakan pasar modal. Bahkan jika diinginkan untuk mengikuti perkembangan dunia keuangan dan terus mendidik diri sendiri, Anda masih bisa menjadi investor pasif.

3. Berinvestasi di Reksa Dana

Diambil dari situs resmi Bursa Efek Indonesia, reksa dana didefinisikan selaku media yang dipakai oleh manajer investasi buat menghimpun dana dari komunitas investor buat selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek.

Bahkan, perusahaan manajemen investasi menjalankan pekerjaannya dengan dukungan para ahli manajemen investasi yang terdiri dari komite investasi dan tim manajemen investasi. Sistemnya sederhana.

Anda menginvestasikan uang Anda untuk membeli reksa dana, memilih jenis reksa dana yang Anda inginkan, dan manajer investasi mengelola investasi Anda.

Investasi ini akan menjadi solusi ideal bagi siapa saja yang tidak percaya diri dengan saham atau jenis investasi lainnya. Bukan tidak mungkin menghimpun dana pensiun secara efektif dalam jangka panjang dengan pilihan portofolio yang tepat dan peran manajer investasi bagi perusahaan yang andal.

4. Deposito Berjangka

Beberapa masyarakat Indonesia kayaknya sudah tidak asing lagi dengan investasi ini. Produk perbankan ini mensyaratkan simpanan pokok sesuai ketentuan. Keuntungan dari deposito adalah risikonya rendah karena LPS dijamin dan tidak ada risiko gagal bayar.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Investasi Properti yang Memberikan Hasil Menjanjikan

Pada tingkat bunga yang cukup tinggi, pendapatan bunga dapat digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan dana pensiun untuk mendukung mereka hingga hari tua.

5. Berinvestasi Aset Lainnya

Pada prinsipnya, investasi terbaik dalam dana pensiun harus memenuhi persyaratan jangka panjang, risiko rendah, dan lebih disukai memberikan pengembalian yang tinggi. Selain yang disebutkan di atas, ada juga jenis investasi lain dalam bentuk aset berwujud.

Aset untuk jual beli atau sewa disebut aset properti, aset emas yang cenderung aman, dan investasi pada bisnis untuk memberikan cash flow ekstra atau income. Kemudian ada juga investasi pada SBN dan obligasi yang didukung pemerintah.

Selain aspek finansial, faktor kesehatan juga penting diperhatikan untuk mempersiapkan masa pensiun yang nyaman. Pastikan Anda tidak kehabisan dana investasi yang telah Anda kumpulkan karena Anda harus membayar tagihan medis.

Asuransi kesehatan adalah salah satu investasi terpenting yang harus Anda rencanakan sejak dini. Hal ini untuk menghindari risiko menipisnya harta atau aset Anda karena Anda harus mengeluarkan biaya perawatan yang tidak murah.

itulah persiapan investasi masa pensiun terbaik yang harus dilakukan agar masa tua Anda sejahtera.

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *