Berikut Cara Investasi Emas Batangan untuk Pemula

AMPMORI.comBerikut cara investasi emas batangan untuk pemula? Tidak pernah ada kata terlambat, mulai saat ini dengan cara smart berikut. apakah kamu tahu?

Selama pandemi, harga emas global naik lebih dari 20% sepanjang tahun 2020. Terlepas dari kondisi pasar saham yang berfluktuasi, emas adalah aset yang terus berkembang hingga mencapai $1.800, atau rata-rata sekitar $1.770 per tahun.

Tentu saja, banyak investor yang kembali berinvestasi emas untuk mendapatkan keuntungan. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Di bawah ini Anda akan menemukan penjelasan semua poin penting tentang cara investasi emas batangan.

Apakah Menabung Emas Pasti Menguntungkan?

Berinvestasi emas erat kaitannya dengan istilah safe haven. Artinya, nilai aset emas akan terus bertahan meski dalam kondisi yang paling tidak terduga. Bedakan dengan istilah aset safe haven yang menjanjikan keuntungan ataupun nilai yang dijamin, semacam obligasi pemerintah.

Ketika Anda membeli obligasi, Anda sebenarnya meminjamkan uang kepada pemerintah dengan imbalan tingkat bunga tertentu. Oleh karena itu, aset obligasi adalah seperangkat pendapatan tetap dan nilainya relatif stabil.

Ini berbeda dengan bagaimana nilai investasi emas berfluktuasi. Emas biasanya naik selama waktu yang tidak pasti dan umumnya bertahan ketika investasi lain kehilangan uang. Meskipun selalu ada kemungkinan investasi emas akan kembali ke level stabil dari level normal.

Berinvestasi emas dalam bentuk safe haven menjadikan emas salah satu aset paling berharga di dunia. Selama krisis keuangan global dan pandemi di awal tahun 2008, harga emas relatif stabil sepanjang tahun.

Jadi, jika Anda mencari aset atau komoditas yang stabil dan tahan lama, emas bisa menjadi pilihan investasi yang tepat dan merupakan peluang besar untuk menghasilkan keuntungan. Kami juga memiliki aset fisik dalam bentuk emas batangan sebagai opsi yang aman.

8 Cara Berinvestasi Emas Batangan untuk Pemula

Tertarik untuk mengikuti Metode Investasi Emas? Mulailah perjalanan investasi emas Anda hari ini dengan 8 tips ini.

1. Transaksi Langsung di Toko Emas

Cara termudah untuk berinvestasi emas adalah dengan membeli emas di pusat perdagangan emas di kota Anda. Setelah dana Anda cukup, kunjungi toko terpercaya atau mintalah rekomendasi rekan yang membeli dari toko tertentu.

Membeli emas batangan secara langsung memiliki keuntungan sebagai berikut:

  • Ada banyak pilihan dan variasi harga
  • Layanan untuk konsultasi lebih lanjut
  • Lebih puas dengan pilihan Anda sendiri
  • Dapatkan nota resmi dari toko

2. Pilih Emas Batangan, Bukan Perhiasan

Jika Anda ingin berinvestasi emas dengan membeli langsung dari toko, berikan preferensi untuk memilih emas batangan dan bukan emas perhiasan. Biasanya ada biaya desain atau fabrikasi yang cukup tinggi di kisaran 10-15%. Harga beli emas permata otomatis menjadi lebih tinggi.

Ini kecuali jika Anda menginginkan cara untuk menyimpan emas sekaligus untuk mendukung penampilan Anda. Penting juga untuk diingat bahwa biaya desain/pembuatan tidak dihitung saat menjual kembali.

3. Pembelian Melalui Pegadaian

Program tabungan emas yang ditawarkan oleh Pegadaian milik negara Indonesia dapat digunakan sebagai cara yang aman untuk menyimpan emas. Tabungan Emas tersedia di seluruh Pegadaian termasuk Layanan Digital Pegadaian dan Agen Pegadaian.

Sistem ini untuk mentransfer ke akun Anda dan menyimpan dari 0.1g. Pesanan pencetakan emas tersedia setelah dana terkumpul hingga 1g.

Keuntungan dari metode investasi emas ini antara lain:

  • Penjualan yang kompetitif dan buyback kembali
  • Garansi emas 24 karat
  • Biaya pengelolaan dan administrasi rendah
  • Pengelolaan secara profesional dan transparan

4. Coba Layanan Emas Online

Pegadaian juga mempunyai sistem Pegadaian Digital serta Pegadaian Syariah Digital, sehingga Kamu tidak butuh repot mengunjungi toko. Membeli emas secara online dari penyedia terpercaya dan berinvestasi emas harus jelas.

Beberapa marketplace terpercaya juga telah bermitra dengan perusahaan Pegadaian atau Antam sebagai cara untuk berinvestasi emas yang mudah diakses oleh masyarakat umum melalui aplikasi online. Antara lain merupakan Tokopedia, Bukalapak, Orori serta Tamasia.

5. Beli Emas Sistem Arisan

Ada cara lain untuk berinvestasi emas yang bisa dilakukan oleh sistem arisan. Konsep keuntungan moneter cukup menyenangkan, yang tidak lagi baru, karena ada unsur persahabatan sekaligus menghasilkan uang.

Sistem pertemuan sosial emas dapat dimainkan dengan teman-teman yang Anda janjikan untuk diikuti sepenuhnya. Kemudian, sesuai undian pada saat giliran, dana dikumpulkan untuk membeli emas batangan.

6. Tahu Cara Menyimpan Emas dengan Baik.

Cara berinvestasi emas yang baik tidak terlepas dari menjaganya agar tetap aman. Kepemilikan emas harus dipertahankan baik di tempat tertentu di rumah atau di brankas bank. Yang terpenting dalam menyimpan emas adalah keamanannya, tidak rusak, dan tidak salah tempat.

7. Memantau Pergerakan Harga Emas

Bagi yang ingin aktif berinvestasi emas disarankan untuk selalu memperhatikan pergerakan harga emas agar mengetahui waktu yang tepat untuk menjual dan mendapatkan keuntungan. Ketika harga jual memenuhi spread keuntungan yang diinginkan, Anda bisa langsung menjual dan mendapatkan laba atas investasi Anda.

8. Fokus Pada Masa Depan

Ini adalah salah satu cara paling populer untuk berinvestasi, tetapi dalam jangka panjang, berinvestasi dalam emas lebih tepat. Terutama dalam kasus emas batangan, investasi emas lebih dari 5 tahun. Jika Anda ingin berinvestasi emas dalam waktu singkat, investasi emas online lebih praktis dan bisa diperjualbelikan lebih cepat.

Hindari 3 Kesalahan Terbesar Menabung Emas

Setelah Anda mengetahui cara terbaik untuk berinvestasi emas, hindari juga tiga kesalahan dalam cara investasi emas batangan.

  • Anda telah menetapkan tujuan investasi Anda secara tidak benar. Berinvestasi dalam emas batangan umumnya direkomendasikan untuk jangka panjang.
  • Tidak memperhatikan kemurnian emas menyebabkan membeli emas palsu/imitasi. Kami menyarankan Anda memilih emas batangan dengan kualitas yang dapat dibuktikan dengan sertifikat yang lengkap.
  • Gegabah dalam membeli, seperti halnya investasi apa pun, investor emas disarankan untuk memantau pergerakan harga pasar, menunggu saat yang tepat, dan membandingkan dengan penyedia terbaik di pasar sebelum membeli.

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.